Berita Wisata

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tubaba

Bawang Tulang Barat, IDN Times – Tanah budaya Lampung bisa disematkan pada salah satu kabupaten dengan sejuta atraksi dan monumen budaya. Ya, Tulang Bawang Barat (Tubaba)

Tubaba memiliki beberapa destinasi wisata budaya yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara seperti Megou Pak, Islamic Center, Tugu Rato Nago dan Cakat Raya.

Namun ternyata ada tempat wisata lain yang tidak hanya mengenalkan Anda pada budaya Lampung dan Tubaba saja, tetapi juga karya seni, keindahan alam dan spot foto yang instagramable yaitu Taman Budaya Uluan Nughik.

Ingin tahu tiket masuk, itinerary dan isinya? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Tiket masuk gratis

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Uluan Nughik terinspirasi dari “Kota Kehidupan” yang sudah ada jauh sebelum Tubaba lahir. Kota ini begitu mandiri dan maju namun masyarakatnya tetap hidup rukun dan menjaga alam. Uluan artinya “di atas” dan Nughik artinya “kehidupan” atau bisa diartikan awal kehidupan.

Pemerintah Kabupaten Tubaba bahkan telah menetapkan Taman Budaya Uluan Nughik sebagai Zona Bunian, kawasan yang dapat menjaga lingkungan alamnya dengan baik.

Untuk datang ke sini tidak perlu tiket masuk atau gratis. Jadi anda cukup menyiapkan uang untuk parkir kendaraan yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Lokasi Uluan Nughik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/kakak_zack)

Dengan luas sekitar 1.800 hektar, Taman Budaya Uluan Nughik terletak di Desa Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Anda bisa menemukan lokasinya di Google Maps dengan kata kunci: Uluan Nughik.

Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan pusat Kabupaten Tubaba. Hanya berjarak 3 kilometer atau 5 menit dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tubaba kemudian tempat wisata lainnya seperti Tubaba Islamic Center hanya berjarak 2 km atau 4 menit.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Sanggar Patung dan Keramik Tanoh Nughik di Tubaba

3. Kompleks Budaya dan Sekolah Seni Tubaba

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratSekolah Seni Tubaba. (Instagram/sugiyantariani)

Jangan heran jika Anda menemukan banyak karya seni seperti instalasi, gerabah/keramik atau batu-batuan bergaya megalitik ditemukan di beberapa tempat.

Karena Taman Budaya Uluan Nughik awalnya didirikan sebagai pusat budaya seni di Tubaba. Itu juga tempat belajar siswa Sekolah Seni Tubaba.

4. Fasilitas yang tersedia

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/richo_wildan_saputra)

Untuk fasilitas tentunya sangat memadai. Sudah ada toilet, tempat duduk, mushola dan tempat sampah. Jadi jangan buang sampah sembarang tempat! Selain itu juga banyak terdapat rumah adat daerah seperti Lampung Sesat, Rumah Balikan, Rumah Badik dan Rumah Baca.

Lalu ada juga mini cafe yang menjual banyak makanan khas daerah mulai dari makanan ringan hingga makanan berat seperti lapis legit, enjak-enjak, bisrok, sekubal, nasi bakar, bumbu ikan, pangsit daging bakar dan lainnya. Untuk makanan dan minuman, banderolnya mulai dari Rp 5.000.

5. Rumah Badik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/ezedqyoko)

Rumah Badik atau Nuwo Badik dibangun pada tahun 2020 oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Batik-batik ini merupakan karya seniman dari Tubaba School of Art. Jadi tidak setiap hari!

Baca Juga: City Branding Menuju Tubaba Raih Good Design Indonesia Award

6. Gerbang Utama Nuwo Badik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/baytinrjnnh_)

Ini adalah gerbang utama Nuwo Badik. Gapura yang cukup besar ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Pintu ini menggunakan potongan kayu dan sepanjang dinding lantai dasarnya terbuat dari struktur batu.

7. Pemasangan Tiara Tubaba

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Ini juga salah satu fasilitas yang banyak disukai pengunjung untuk berfoto selfie. Instalasi bambu ini terinspirasi dari siger dan diikutsertakan dalam International Bamboo Festival 2020.

8.Nuwo Tubaba Lampung

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/apoenk_poernomo)

  • Kalau ini salah satu rumah adat Lampung di Uluan Nughik. Selain rumah ini, masih banyak juga rumah adat Lampung lainnya dengan versi yang berbeda-beda.

9. Pemikir

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/senitubaba sekolah)

Namanya juga kompleks sekolah seni, tentu banyak karya seninya. Salah satunya adalah patung Sang Pemikir. Patung ini pertama kali dibuat oleh Auguste Rodin, tapi yang ada di sini adalah buatan seniman Tubaba!

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Trilogi Festival Seni Tubaba

10. Tembikar

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Gerabah pada foto ini merupakan hasil karya peserta Workshop Festival Seni Tubaba tahun 2021. Tentunya workshop ini tidak berlangsung setiap saat, namun pembuatan dan hasil gerabah dapat dilihat di Pabrik Keramik Tanoh Nughik Sanggar di Rumah Uluan Nughik Baduy.

11. Temukan foto favorit Anda

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/atasyafebii_)

Jalur sempit yang hanya cocok untuk satu orang ini juga menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung. Sangat estetis!

12. Temukan Arah Foto

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/uluanughik)

Lingkungan khas rumah adat Lampung beserta jalanan berbatu dan penunjuk arah memang layak dijadikan spot foto yang instagramable. Eits, tapi jangan salah, ini bukan rambu-rambu fasilitas atau wahana yang ada di Uluan Nughik, tapi lho Lampung jauh dari tempat yang tertera di rambu tersebut.

13. Pemasangan batu megalitik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/_eyeyen.yn)

Di sini Anda juga akan menemukan banyak batu berdiri sebagai peninggalan dari zaman megalitikum. Tapi itu hanya instalasi ya, bukan prasasti atau artefak asli.

14. Sungai Uluan Nughik

Potret Taman Budaya Uluan Nughik, tempat wisata di Tulangbawang BaratTaman Budaya Uluan Nughik. (Instagram/potret_uwaw)

Sungai ini mengalir di sepanjang wilayah Taman Budaya Uluan Nughik. Meski air sungainya tidak jernih, namun sungai ini cukup bersih dan jauh dari sampah. Banyak anak-anak bermain di sungai.

Inilah tempat wisata Uluan Nughik di Tubaba. Anda tertarik berlibur ke sini?

Baca Juga: Mengenal Teater Klatak Tubaba yang Dipentaskan oleh Anak-anak

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button