Berita Wisata

Pantai Damas Trenggalek, masuk gratis dengan pemandangan yang tak kalah ada

Sabtu 26 November 2022 – 09:33 WIB

Jawa Timur – Pesisir selatan Jawa Timur menampilkan pantai-pantai yang membentang dari ujung barat hingga timur. Di Kabupaten Trenggalek terdapat Pantai Damas, untuk masuk pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Meski begitu, hamparan pantai dengan gundukan tanah seperti perbukitan tidak kehilangan eksistensinya.

Akses ke lokasi cukup mudah. Dari Trenggalek Square ke Pantai Damaskus, jaraknya 1 jam 20 menit atau 48 KM. Meski jalur menuju pantai berkelok-kelok, jalan beraspal cukup aman untuk kendaraan roda 2 dan 4.

Sesampainya di wilayah kecamatan Watulimo, tepatnya di Jurug Bang Bend, Anda bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Di luar pantai terbentang pepohonan hijau yang membelah hutan, sesampainya di SMPN 1 Kecamatan Watulimo lurus saja sampai pertigaan, jika ke kiri menuju ke Pantai Prigi, Pantai Mutiara dan Pantai Karanggongso. Anda bisa belok kanan menuju Pantai Damas.

Sampai pintu masuk desa Karanggandu. Jarak pantai hanya sekitar 3 km, tanjakan dan turunan cukup terjal. Jadi pastikan rem kendaraan aman sebelum berangkat.

Fasilitas gazebo yang cukup luas, bisa memudahkan pengunjung bersantai di bawah naungan, bahkan bersantai. Jika Anda ingin melihat pemandangan dengan perahu nelayan, Anda bisa pergi ke kiri dari pintu masuk. Beberapa perahu berbaris di pantai.

Jika ingin menikmati hamparan pasir dan pemandangan pohon kelapa, Anda bisa menuju ke kanan pintu masuk. Lurus sekitar 700 meter kita akan menemukan hamparan pasir yang memanjang. Meski jarak dari bibir pantai ke laut tidak begitu jauh, namun pantai yang bersih dan rindang ini sangat memanjakan mata dan suasana.

Bagi keluarga yang membawa banyak anggota, bisa menggelar tikar di pinggir pantai. Pengunjung juga dilarang bermain air di pantai. Karena gelombang lautnya cukup sedang. Untuk bermain anak, harus mendapat pengawasan orang tua.

Termasuk perlunya kewaspadaan saat musim hujan bagi pengunjung yang menuju ke arah Pantai Damaskus. Memang, pasca banjir beberapa waktu lalu, beberapa titik akses hingga bahu jalan terkena longsor. Seperti halnya ada dua titik di jalan yang runtuh, meski tidak berbahaya, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada.