Berita Wisata

Wisata Danau Menjer Wonosobo heboh, bisa berperahu keliling danau

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO – Menemukan destinasi wisata di Kabupaten Wonosobo mungkin tidak sulit. Apalagi banyak destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam Wonosobo yang memukau.

Salah satunya adalah Telaga Menjer, wisata air yang patut dicoba selama berwisata ke Wonosobo.

Lokasinya berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Dapat dicapai dari pusat kota dalam waktu sekitar 30 menit.

Menurut Purwantoro Joko Susilo, selaku penanggung jawab pariwisata Telaga Menjer, fungsi utama telaga ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

“Fungsi utama danau ini adalah pembangkit listrik tenaga air yang menghasilkan listrik hingga 26,6 megawatt untuk kepentingan nasional, yaitu pasokan listrik Jawa dan Bali,” katanya.

Sebelum dijadikan objek wisata, danau ini dipenuhi eceng gondok dan sampah sehingga sangat terbengkalai.

Hingga masyarakat setempat mulai membersihkan danau secara bersama-sama agar juga bisa dimanfaatkan dari sisi keindahan.

“Dulu kami menerjunkan 700 anak muda, bekerja sama dengan komunitas konservasi, TNI, Polri, untuk membersihkan danau selama 3 bulan,” ujarnya.

Hingga tahun 2015, Telaga Menjer resmi dibuka sebagai objek wisata dengan berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjung.

Dengan luas 70 hektar dan kedalaman 55 meter, Telaga Menjer merupakan danau asli yang menurut sejarah terbentuk akibat letusan Gunung Pakuwaja.

Tempat parkirnya cukup luas dan tidak terlalu jauh dari pintu masuk Telaga Menjer. Saat pertama kali masuk Anda akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang mengelilingi danau.

Warna air danau yang hijau muda menambah kesejukan mata saat memandangnya.

Pengunjung bisa memilih spot foto yang tersedia dengan background danau dan pegunungan yang memukau.
Belum puas berhenti di situ, pengunjung juga bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu.

Perahu bisa berhenti di titik-titik menarik jika pengunjung ingin berfoto di sana.
Bagi yang suka memancing, wajib mencoba sensasi memancing di kawasan Telaga Menjer. Karena selain menjadi pembangkit listrik tenaga air, danau ini juga menjadi sarana budidaya ikan.

Tidak ada salahnya ke Telaga Menjer, kuliner yang ada di sekitar wisata ini wajib anda coba, seperti tempe kemul yang menjadi kuliner andalan di Wonosobo.

Udara pegunungan yang dingin menyejukkan. Jika masih merasa nyaman dengan udara yang dingin, pengunjung juga bisa mencoba wisata lain yang masih dekat dengan Telaga Menjer. Seperti Bukit Cinta, Bukit Alam Seroja, Kahyangan Skyline dan Perkebunan Teh Panama.

Sedikit saran, jika ingin mengunjungi wisata ini sebaiknya berangkat pada pagi hari, karena menjelang sore kabut sering turun sehingga mengurangi view pegunungan yang ditampilkan.

Danau Menjer buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00. Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000. (ima)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button