Berita Wisata

Sumatera Selatan menggenjot pariwisata melalui sport tourism

Bisnis.comPALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya meningkatkan sektor pariwisata melalui sport tourism atau event wisata olahraga.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan ada sejumlah daerah yang layak dijadikan titik lokasi wisata olahraga. Bahkan, lanjutnya, dalam waktu dekat Pemprov Sumsel akan menyelenggarakan lomba Sriwijaya Dempo di Kota Pagaralam.

“Event sport tourism ini merupakan upaya kami mengangkat destinasi wisata di Sumsel,” ujarnya saat mengikuti BSB Fun Run, Minggu (27/11/2022).

Ia mengatakan, Pemprov Sumsel sudah memiliki sejumlah buku harian tahunan yang rutin disimpan. Salah satunya Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang digelar di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan selama 3 tahun terakhir.

Menurut gubernur, peningkatan sektor pariwisata memerlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk di dalamnya adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu Bank Sumsel Babel.

Sementara itu, Senior Director Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan sebagai bank pembangunan daerah (BPD), pihaknya berkomitmen mendukung pembangunan di berbagai sektor termasuk pariwisata.

“Di Yogyakarta, kami punya konsep [sport tourism] kenapa tidak, misalnya lewat agenda [marathon],” dia berkata.

Menurut Syamsudin, Sumsel memiliki banyak kawasan wisata yang bisa menjadi hotspot wisata olahraga, antara lain Kota Pagaralam dan Lubuklinggau.

Sedangkan Pagaralam merupakan kawasan pegunungan tempat Gunung Dempo berada, yang menjadi ikon wisata alam di kota tersebut. Kota Palembang juga dinilai layak menjadi tempat wisata olahraga karena memiliki kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC).

“Selain itu, Bank Sumsel Babel sudah berpengalaman dalam berkontribusi dalam agenda olahraga,” kata Syamsudin.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Konten premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih mendalam Login / Daftar

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button