Berita Wisata

Teluk Nanga Lok NTT Raih Juara 1 API Award 2022 Kategori Hidden Paradise

BORONG, KOMPAS.com – Teluk Nanga Lok atau biasa dikenal Bukit Cinta di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), meraih juara pertama Indonesian Charm Award (API) 2022 untuk kategori Hidden Paradise di Indonesia.

Prestasi tersebut diumumkan pada malam puncak API Prize 2022 di Banda Aceh, Aceh pada Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Teluk Nanga Lok di NTT Masuk Top 10 Indonesian Charm Awards 2022

“Teluk Nanga Lok meraih juara pertama setelah bersaing dengan sembilan nominasi lainnya dari berbagai destinasi di Indonesia,” kata Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin yang dihubungi. . Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Teluk Nanga Lok memiliki suara terbanyak dengan 26,09% berdasarkan hasil Pilih sejak Rabu (6/1/2022) hingga Senin (31/10/2022) melalui sejumlah kanal, yakni Instagram, YouTube, dan Facebook.

Baca Juga: Teluk Nanga Lok NTT, Pecahan Pesona Alam Indah Flores

Jehamin menjelaskan tiga tempat wisata yang masuk tiga besar untuk kategori ini adalah Teluk Nanga Lok, Air Terjun Terujak dan Danau Ulak Lia.

Juara III Danau Ulak Lia (di) Kabupaten Musi Banyuasin dengan perolehan suara 20,25%. Juara II Air Terjun Terujak (di) Kabupaten Aceh Timur dengan perolehan suara Pilih 23,25% suara dan Teluk Nanga Lo dengan 26,09% suara,” jelasnya.

Pencapaian ini, kata dia, tidak lepas dari upaya semua pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat Manggarai Timur yang gencar mencoblos.

Baca Juga: Raih Prestasi di ADWI 2022, Warga Desa Umauta NTT Raih Penghargaan

Sebagai catatan, tahun 2022 merupakan tahun kedua Kabupaten Manggarai Timur mengikuti event ini. Sebelumnya di tahun 2021 ini ada tari vera yang dipertandingkan di ajang serupa namun gagal masuk tiga besar.

Selain Teluk Nanga Lok, terdapat pula berbagai tempat wisata lainnya di pesisir utara Kabupaten Manggarai Timur. Beberapa di antaranya adalah Pantai Watu Payung, Pantai Pota, Danau Rana Tonjong, Pantai Laing Lewe, Pantai Nanga Lirang, Pantai Teluk Ninge, dan Pantai SUT.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button