Berita Wisata

Delapan Cara Liburan Akhir Tahun yang Aman, Nyaman, dan Hemat Budget

Jakarta (ANTARA) – Akhir tahun merupakan salah satu waktu yang paling dinantikan bepergian. Musim liburan membutuhkan persiapan yang lebih matang, baik dari segi alokasi anggaran, logistik, kesehatan pribadi maupun rencana perjalanan.

Ini mempertimbangkan waktu akhir tahun musim ramai dan tujuan tujuan cenderung lebih sibuk dibandingkan musim sepi.

Bagi yang mempersiapkan bepergian Menjelang akhir tahun, berikut delapan tips yang bisa Anda lakukan agar waktu liburan tetap aman, nyaman, dan terjangkau, berdasarkan keterangan resmi Pegipegi, Senin.

Baca Juga: Tren Wisata Akhir Tahun dan Tips Liburan Jelang 2023

Tentukan rutenya
Ini adalah aspek penting yang harus Anda lakukan saat Anda mau bepergian di akhir tahun. Pastikan kapan dan berapa lama Anda bepergian.

Bagi Anda yang sudah bekerja, Anda perlu mengajukan permohonan cuti yang harus diajukan ke perusahaan. Selain itu, dengan menentukan rute, Anda memiliki perkiraan waktu persiapan perjalanan yang jelas, mulai dari anggaran, reservasi akomodasi dan tiket transportasi, organisasi rencana perjalanan untuk menyimpan perlengkapan perjalanan dan persediaan.

Jaga kesehatanmu
Berlibur dalam kondisi yang tidak sesuai akan membuat pengalaman bepergian Anda tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum dan selama perjalanan.

Menjaga kebiasaan konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi; istirahat yang cukup; dan melakukan latihan ringan, seperti joging. Dengan menjaga kesehatan, stamina tetap terjaga dan waktu liburan pun bisa mengalir lebih lancar.

Siapkan anggaran liburan

bepergian menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melepas penat dari rutinitas. Namun, Anda harus memastikan momen liburan tidak berakhir buruk karena anggaran yang dikeluarkan justru menguras tabungan Anda.

Bagi anggaran sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan di beberapa item anggaran, seperti transportasi, akomodasi, makanan, tiket masuk ke tempat wisata, atau perjalanan untuk membeli oleh-oleh.

Pilih destinasi liburan
Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dari internet, media sosial, dan sumber lain untuk menentukan tujuan liburan Anda. Pastikan kota atau negara tujuan yang Anda kunjungi memiliki biaya hidup sesuai dengan alokasi anggaran yang telah ditentukan.

Anda juga dapat mengalami berbagai tempat wisata di tempat tujuan Anda. Untuk menghemat budget, ada sejumlah destinasi unggulan dengan tiket masuk terjangkau bahkan gratis.

Jangan lupa untuk menggali informasi akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata yang dipilih, berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan, hingga harga tiket masuk tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Pesan akomodasi dan tiket transportasi Anda jauh-jauh hari
Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang perayaan akhir tahun lebih mahal dari waktu normal.

Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat ini musim ramai yang 15 persen lebih mahal dibandingkan musim sepi. Sedangkan untuk tiket transportasi liburan akhir tahun seperti pesawat diperkirakan naik sekitar 10-20%.

Periode November hingga awal Desember adalah waktu terbaik bagi Anda untuk memesan akomodasi dan tiket transportasi agar lebih terjangkau. Dengan memesan lebih awal, Anda dapat menghemat 15-35% untuk akomodasi dan 10-20% untuk tiket transportasi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button