Berita Wisata

Berikut profil Desa Conto Wonogiri, peraih predikat wisata terbaik di Jawa Tengah – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tempat Wisata Soko Langit, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. (Khusus untuk Pokdarwis)

Solopos.com, WONOGIRI — Desa Conto di Wonogiri yang merupakan desa wisata terbaik di Jawa Tengah ini memiliki profil yang khas. Desa ini mendapat anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa berupa keindahan alam.

Desa Conto terletak di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. Desa ini baru saja menyabet gelar Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah (Jawa Tengah) 2022 untuk kategori Sapta Pesona dan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan & Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Gapura Gajah, Desa Wisata Kambanglimus, Kabupaten Magelang pada Sabtu (26/ 11/2022) . Conto Village berhasil mengungguli 27 desa wisata lainnya di Jawa Tengah pada kategori ini.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat Gantung Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Profil Desa Conto Wonogiri memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang mumpuni untuk membangun dan mengembangkan desa wisata. Obyek wisata alam desa wisata Conto antara lain kolam renang Soko Langit, Goa Resi, kebun sayur, hutan pinus dan bumi perkemahan.

Koordinator Desa Wisata Conto, Asef Indrianto mengatakan, pengembangan Desa Wisata Conto tidak terfokus pada pembangunan, melainkan memaksimalkan potensi yang ada di desa, termasuk potensi sumber daya manusia (SDM).

“Kami sudah punya melihat bagus. Jadi tidak perlu pengembangan terus menerus. Yang kami maksimalkan adalah kegiatan masyarakat untuk ditawarkan sebagai kegiatan wisata,” ujarnya. Solopos.comMinggu (27/11/2022).

Kepala Desa Conto (Kades) Rudi Cahyono mengatakan predikat yang diterima desanya merupakan langkah awal untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas. Desa Conto yang memiliki profil khas kaya akan keindahan alam di Wonogiri ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2020.

Selama dua tahun pertama setelah dibuka, jelasnya, aktivitas wisata di Desa Conto justru tidak sehat akibat pandemi Covid-19. Kemudian, pariwisata akan mulai meningkat mulai tahun 2022.

“Pada tahun 2022 [Pendapatan Asli Desa] PAD dari kegiatan wisata ini sudah mencapai hampir 150 juta rupiah,” kata Rudi.

Dilansir dari wikipedia, profil desa Conto, Kabupaten Wonogiri memiliki lima dusun. Setiap Dalisemar, Kempul, Ngelo, Nglarangan, Sumber. Desa ini akan terus berkomitmen untuk berkembang sebagai desa wisata ke depannya. Desa ini terletak di lereng selatan lereng Gunung Lawu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button