Berita Wisata

Desa Wisata Wonomulyo, Magetan

Magetan dikenal memiliki banyak tempat wisata alam primadona. Mulai dari mengunjungi Telaga Sarangan hingga wisata pendakian di Gunung Lawu. Namun, ternyata tak banyak yang tahu bahwa Magetan juga memiliki kompleks desa wisata yang kerap dihadirkan sebagai Indonesia Selandia Baru. Desa wisata tersebut berada di Wonomulyo.

Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, simak informasi mengenai Desa Wisata Wonomulyo Magetan berikut ini!

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Desa Wisata Wonomulyo, Magetan, rasakan pesona Selandia Baru IndonesiaDesa Wisata Wonomulyo (instagram.com/inimagetan)

Desa wisata ini sebenarnya terletak di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Wonomulyo sendiri sebenarnya adalah dusun, bukan desa. Namun karena tempat wisata yang banyak terdapat di Dusun Wonomulyo ini, masyarakat sering menyebutnya Desa Wisata Wonomulyo.

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja di desa wisata ini. Namun disarankan untuk datang hanya larut malam. Wisatawan juga bebas saat memasuki kawasan Dusun Wonomulyo. Namun, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata seperti air terjun, Anda akan dikenakan biaya masuk.

Baca juga: 5 Pesona Taman Magetan, Jalan Keluar Main Air

2. Menuju Desa Wisata Wonomulyo

Desa Wisata Wonomulyo, Magetan, rasakan pesona Selandia Baru IndonesiaDesa Wisata Wonomulyo (instagram.com/visiteastjava)

Desa wisata Wonomulyo berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Magetan. Untuk sampai ke sana, dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit. Dari Alun-alun Magetan, wisatawan bisa mengikuti rambu Jalan Raya Sarangan. Setelah Jalan Raya Sarangan, Anda bisa menuju ke arah kecamatan Plaosan. Kemudian masuk ke kecamatan Poncol dan terus lurus hingga menemukan desa Genilangit. Bagi yang belum pernah ke Magetan, bisa juga menggunakan aplikasi penunjuk lokasi.

Meski Desa Wisata Wonomulyo berada di dataran tinggi, namun akses menuju lokasi cukup mudah. Sepanjang jalan menuju lokasi sudah diaspal, sehingga bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

3. Ada beberapa sirkuit di desa yang sama

Desa Wisata Wonomulyo, Magetan, rasakan pesona Selandia Baru IndonesiaDesa Wisata Wonomulyo (instagram.com/everydaywonomulyo)

Daya tarik desa wisata ini adalah adanya berbagai destinasi wisata dalam satu kawasan yang sama. Namun yang terkenal dan menjadi primadona adalah panorama lembah Wonomulyo yang mirip dengan lembah di New Zealand.

Lembah ini menawarkan panorama pegunungan hijau yang sangat sejuk dipandang mata. Di lembah juga terdapat pemukiman yang tertata rapi. Dilihat dari atas atau dari jauh, desa ini sangat indah.

Apalagi desa wisata ini juga memiliki destinasi wisata lainnya. Seperti Air Terjun Tirto Sari, Air Terjun Tirto Jowo, Air Terjun Lembah Genilangit, Air Terjun Ponngan, Bukit Wonomulyo dan Gua Nggolangu. Itu banyak, ya! Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi semuanya?

4. Tempat terbaik untuk penyembuhan pribadi

Desa Wisata Wonomulyo, Magetan, rasakan pesona Selandia Baru IndonesiaDesa Wisata Wonomulyo (instagram.com/everydaywonomulyo)

Desa wisata Wonomulyo umumnya dijadikan sebagai tempat wisata penyembuhan pribadi. Pasalnya, suasana desa ini selalu asri dan jarang dikunjungi wisatawan. Jadi Anda bisa mengunjungi desa ini juga secukupnya liburan pribadi.

Untuk memulai kunjungan, wisatawan biasanya memulai dengan berkeliling desa yang terletak di lembah hijau. Kemudian, lanjutkan menjelajahi berbagai destinasi wisata mulai dari air terjun hingga goa alam. Tak hanya itu, beberapa wisatawan juga tetap bermalam di kawasan desa wisata ini, dengan tenda dan ditemani panduan pribadi.

Suasana asri dan udara segar menjadikan Desa Wisata Wonomulyo pilihan terbaik bagi wisatawan sembuh. Panorama indah dalam citra Selandia Baru ini juga menjadi daya tarik. Wisatawan juga kerap berfoto dengan latar belakang Lembah Wonomulyo. Penggemar foto tematik alam harus datang ke sini!

5. Tips Mengunjungi Desa Wisata Wonomulyo

Desa Wisata Wonomulyo, Magetan, rasakan pesona Selandia Baru IndonesiaDesa Wisata Wonomulyo (instagram.com/everydaywonomulyo)

Agar kunjungan ke Alun-alun Magetan semakin berkesan, ada baiknya Anda memahami dan menerapkan tips berikut ini:

  • Pastikan tubuh dalam kondisi prima, karena desa wisata ini cukup jauh dari pusat kota Magetan.
  • Bawa baju hangat, jaket dan selimut jika ingin bermalam. Karena desa wisata ini berada di dataran tinggi. Suhunya dingin, terutama di malam hari.
  • Bawa uang secukupnya, kalau bisa lebih untuk dana darurat.
  • Bawalah obat-obatan dan perlengkapan pribadi yang diperlukan.
  • Bawalah jas hujan, karena cuaca bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Jangan pergi terlalu malam ketika Anda berada di tujuan wisata.
  • Amankan barang-barang pribadi.
  • Menjaga kebersihan area wisata.

Wonomulyo berhasil menjadi salah satu desa wisata Magetan, berkat kerjasama yang baik yang telah terjalin antara pemerintah dan masyarakat. Jadi dengan mengunjunginya kita juga memperkuat salah satu sektor wisata Magetan. Jangan lupa berkunjung, ya.

Baca juga: Tempat Magetan: Info dan Rute

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button