Tempat Wisata

Pulau Kemaro, pulau unik legendaris di Sungai Musi

Pulau Kemaro, sebuah delta kecil yang unik di Sungai Musi, Palembang. Pulau yang penuh legenda ini menawarkan pengalaman wisata sejarah dan religi yang menarik yang bisa Anda jelajahi untuk petualangan liburan yang tak terlupakan.

Biaya Tur: Mulai dari Rp50.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan; map: Cek lokasi

sedang berlibur atau akhir pekan tiba siapa neraka Siapa yang tidak ingin berwisata sejenak untuk bersantai? Sekarang, Buat kamu yang ingin liburan, coba jelajahi kawasan Palembang. Palembang merupakan bagian dari pulau Sumatera bagian selatan. Terkenal dengan kekayaannya yang beragam, Palembang juga memiliki spot-spot terkenal yang menjadi ikon kota ini.

Pulau Kemaro merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Alasan kenapa Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau ini tak lain adalah hal-hal menarik yang bisa ditemukan di pulau ini. Pulau ini menawarkan wisata religi atau religi serta wisata sejarah.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang agama Buddha dan Islam, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Kemaro. Pulau ini disebut Kemaro karena kekeringannya, meski berada di tengah Sungai Musi. Pulau ini juga terkenal dengan kekeringannya, makanya disebut Kemaro.

Pemandangan Pulau Kemaro

Tempat wisata di pulau KemaroKredit foto: Kiat Instagram untuk belajar fotografi

Mengapa Pulau Kemaro direkomendasikan untuk liburan ini? Tentu saja, pertanyaan seperti itu muncul di benak Anda. Tidak? Sekarang, Pulau ini tentu saja direkomendasikan untuk Anda karena memiliki pesona tersendiri yang membuatnya semakin berharga di mata wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib diketahui di pulau ini.

1. Bangunan pagoda

Daya tarik yang paling menonjol dari pulau ini adalah sebuah bangunan yang disebut pagoda. Pagoda adalah tempat suci bagi umat Buddha. Meskipun pagoda hanya ada di Myanmar pada awalnya, pagoda dapat ditemukan di kawasan pulau ini. Klenteng di kawasan ini juga memiliki seni arsitektur yang cukup menawan.

Klenteng ini dibangun dengan susunan 9 lantai dan menjulang tinggi. Dinding pagoda menceritakan legenda pulau ini. Selain klenteng, ada juga tempat ibadah berupa Kelenteng Hok Tjing Rio. Kuil ini juga dikenal masyarakat sebagai Kuil Kuan Im. Klenteng ini terletak di tengah Pulau Kemaro.

Sekarang, Bagian atas klenteng juga digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha. Oleh karena itu, klenteng ini selalu ramai dikunjungi pengunjung saat Tahun Baru Imlek dan hari raya umat Buddha lainnya.

Jika di samping klenteng ini ada tempat peribadatan, maka di depan klenteng ini juga terdapat makam Tan Bu An dan Siti Fatimah. Tan Bu An dan Siti Fatimah adalah tokoh utama dalam legenda pulau ini. Tentunya bagi wisatawan yang menyukai sejarah, tempat ini bisa menjadi wisata yang akan mencerahkan Anda dengan berbagai bangunan bersejarah di sekitarnya.

2. Desa Air

Daya tarik pulau ini selain bangunan klentengnya adalah adanya desa air. Kampung air di pulau ini baru saja dilepas atau dibangun. Sekarang, Pelopor pembangunan water village ini adalah Bank Indonesia dengan program CSR-nya. Meskipun desa air ini masih dalam pengembangan, namun semakin baik.

Disebut Kampung Air karena ada kampung di atas sungai. Untuk memikat hati para wisatawan, rumah-rumah penduduk desa ini juga dicat dengan warna-warna cerah, yang membuat desa ini semakin menarik. Ada juga menara merah di desa ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Kemaro

Alamat pulau KemaroSumber gambar: Kata Sandi Google Maps nopriyanto

Wisatawan yang berwisata ke Pulau Kemaro pasti mengetahui lokasi pulau ini. Pulau ini terletak di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaannya tidak terlalu jauh dengan jarak sekitar 6 km dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin.

Untuk mencapai pulau ini, wisatawan dapat mengambil jalur air, yaitu melalui Dermaga Benteng Kuto Besak. Karena pulau ini terletak di tengah Sungai Musi, wisatawan perlu menyewa perahu untuk menuju pulau ini. Eits, Anda tidak perlu khawatir karena perahu ini mengantar wisatawan bolak-balik.

Biaya sewa perahu ini tidak terlalu mahal dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 70.000. Dengan perkiraan waktu yang dihabiskan untuk mencapai tujuan yaitu sekitar 30 menit.

Saat berlibur, wisatawan pasti sudah siap dengan keuangan yang dibutuhkan selama liburan. Jika wisatawan memutuskan untuk berwisata ke Pulau Kemaro, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

Alias ​​untuk masuk ke pulau ini gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Anda hanya perlu membayar sewa perahu. Sangat murah dan ramah Tidak?

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kemaro

Aktivitas di Pulau KemaroKredit foto: Google Maps Tjiunggu Tjermin

Tentunya jika Anda memutuskan untuk berlibur di satu tempat, ada aktivitas menarik yang dilakukan di tempat ini. Begitu juga dengan keberadaan pulau Kemaro yang tentunya menawarkan beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Kegiatan ini meliputi:

1. Perayaan Cap Go Meh

Merayakan Cap Go Meh di tempat ini sudah bukan kata asing lagi. Karena tempat ini memiliki pagoda yang merupakan pusat spiritual agama Buddha. Banyak orang berduyun-duyun ke tempat ini saat perayaan tiba karena masyarakat menganggap tempat ini suci.

Perayaan Cap Go Meh biasanya ditandai dengan hadirnya berbagai lampion dan lilin di sepanjang Sungai Musi. Perayaan Cap Go Meh biasanya dilakukan dengan berdoa bersama dan pelepasan burung sebagai tempat bersilaturahmi.

2. Ziarah ke Pagoda

Klenteng merupakan ikon pulau ini dan keberadaannya yang dianggap keramat oleh masyarakat, tidak pernah membuat tempat ini sepi dari pengunjung. Para pengunjung adalah peziarah yang akan berdoa di klenteng ini. Mayoritas peziarah berasal dari berbagai daerah dan masih memiliki keturunan Tionghoa.

3. Kunjungi Delta

Selain bangunan pagoda yang menarik, keberadaan delta di pulau ini pun tak kalah menarik. Apalagi dengan Pohon Cinta Abadi yang berada di delta ini. Berbagai mitos beredar tentang keberadaan pohon ini. Banyak yang mengatakan jika Anda mengukir nama Anda dan pasangan Anda di atasnya, itu akan hidup sampai ke altar selamanya.

4. Jalan-jalan dan ambil foto

Poin terpenting dari mengunjungi banyak tempat adalah jalan-jalan. Jalan-jalan ini menjadi kegiatan yang menarik di pulau ini. Wisatawan bisa menjelajahi Pulau Kemaro sambil mencari spot foto yang cocok untuk selfie bareng mitra Anda tentu saja instagramable.

5. Jalan bersejarah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pulau ini memiliki pagoda dengan berbagai tempat religi yang menarik untuk dikunjungi. Kunjungan ini dapat memberikan wawasan kepada wisatawan dan tentunya juga dapat menjadi sarana wisata berbasis edukasi.

Akomodasi hemat terdekat dari Lokasi Pulau Kemaro

Isi BBM di Pulau KemaroKredit Foto: Google Maps yola dwi rosdiana

1. 101 Palembang Rajawali

Rekomendasi akomodasi pertama adalah The 101 Palembang Rajawali yang berjarak sekitar 5,96 km dari pulau ini. Dengan jarak yang relatif dekat, Anda bisa menyewa kamar hanya dengan Rp 2.000.000 per malam.

Dengan harga yang cukup Menakjubkan Kemudian anda yang menyewa penginapan ini juga akan mendapatkan fasilitas dengan pelayanan yang sebanding. Fasilitas meliputi tempat parkir yang luas, WiFi yang cepat, restoran, ruang pelayanan dan juga layanan kebersihan. Kebersihan hotel ini tidak pernah mengecewakan.

Makanannya juga enak. Untuk memesan kamar hotel ini bisa anda lakukan melalui on line tetap offline.

2. Hotel Excelton

Akomodasi kedua yang direkomendasikan untuk Anda adalah Excelton Hotel. Hotel ini layak mendapat peringkat bintang lima. Jaraknya sekitar 9,62 km dari pulau ini. Agak jauh, tapi harga yang ditawarkan lumayan. Artinya untuk satu kamar per malam hanya dikenakan biaya Rp 738.000. Sangat murah, Tidak?

Berbicara mengenai fasilitas hotel ini, antara lain WiFi, restoran, layanan kamar, layanan kebersihan, dan juga kolam renang. Jadi bagi anda yang ingin bermalam dan berenang di pagi hari maka tempat ini cocok untuk anda.

3. Wyndham Opi Hotel Palembang

Rekomendasi terakhir itu adalah Wyndham Opi Hotel Palembang yang sudah memiliki bintang lima. Dan memiliki jarak 6,97 km dari pulau ini. Tidak terlalu jauh, Tidak? Biaya sewa hotel ini adalah Rp 689.350 per kamar per malam.

Fasilitas hotel juga tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya yaitu parkir, wifi, restoran, Layanan kamar, layanan kebersihan. fasilitas yang sangat lengkap, Ke kanan.

Fasilitas wisata di pulau Kemaro

Fasilitas di Pulau KemaroKredit foto: Instagram Donny Septianto

Setelah mempelajari seluk beluk Pulau Kemaro, selanjutnya apa? neraka Apa saja fasilitas yang ditawarkan pulau ini? Sekarang, Di antara berbagai fasilitas tersebut adalah perahu. Perahu di pulau ini sangat berguna untuk mengantar wisatawan ke tempat tujuan. Oleh karena itu, masyarakat setempat berinisiatif untuk menyewa perahu dengan harga yang ramah kantong.

Di sebelah perahu tentunya ada dermaga sebagai titik awal keberangkatan sebelum menaiki perahu. Seperti yang sudah disebutkan, tentang keberadaan dermaga yang tentunya sangat dibutuhkan oleh wisatawan. Dermaga yang tersedia sekarang secara teratur dioperasikan. Hal ini tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar.

Fasilitas selanjutnya adalah aksesibilitas berupa jalan yang sudah mulai diperbaiki. Dengan demikian, jika berada di jalan yang baik, wisatawan yang berwisata di Pulau Kemaro akan merasa tidak terganggu.

Jika Anda puas menjelajahi pulau ini, maka jangan tinggalkan oleh-oleh. Sebelum pulang, jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh atau oleh-oleh untuk orang tersayang. Tentunya berbagai souvenir dan oleh-oleh lokal juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Itulah beberapa informasi tentang Pulau Kemaro yang dapat disajikan untuk Anda. Jangan lupa segera rencanakan wisata ke pulau ini. Tentu saja, wisata ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Jadi, Ajak teman, keluarga, kerabat atau teman dekat Anda untuk berlibur di pulau ini. Kehadiran Anda pasti diharapkan dan akan sangat berarti!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button