Berita Wisata

Gua Mesas, destinasi wisata alam yang istimewa di desa Muara Satu

LANGIT7.ID, Jakarta – Gua Mesas adalah salah satu wisata alam yang sering disebut oleh penduduk setempat sebagai Gua Danau atau Gua Sungai. Sebutan tersebut diberikan karena goa ini dinilai memiliki sejumlah ciri yang berbeda dengan goa-goa lain di Indonesia.

Menurut situs resmi Dinas Pariwisata Kaltara, Senin (28/11/2022), goa ini terletak di Desa Mara Satu, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Sahabat Surga7 dapat melihat hamparan permukaan bebatuan yang mencengkeram erat dan melihat sejumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk secara alami.

Baca Juga: Melihat Keindahan Pulau Maitara dengan Tempat Wisata Ikonik

Tidak hanya itu, di dalam area goa juga terdapat tanah halus yang dapat digunakan sebagai bedak atau bedak dinding yang dapat dioleskan pada kulit dan wajah. Bagi masyarakat sekitar, tanah di goa ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bedak dingin yang sering digunakan untuk kegiatan outdoor di rumah.

Selain itu, hal menakjubkan yang akan Anda dapatkan di tempat wisata ini adalah adanya sungai kecil yang berada tepat di bawah Gua Mesas. Airnya yang jernih dan sejuk bisa menambah keseruan berwisata ke gua ini.

Sahabat Langit7 juga bisa melakukan aktivitas tracking di area goa. Namun, jika ingin melakukan aktivitas ini, Sahabat Langit7 disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup pada aktivitas ini. diikuti. Gua Mesas dapat ditempuh kurang lebih 2 jam dari Pelabuhan Speed ​​Kayan II, menggunakan kendaraan.

Selain itu, Gua Mesas juga dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pelabuhan Speed​​​​Peso/Kayan III dengan menggunakan speedboat, lalu, diikuti di area gua sekitar 5 jam. Sahabat Langit7 juga bisa merasakan serunya menginap di homestay yang tersedia dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 250.000 per orang.

Baca juga: Daya Tarik Pantai Ako, Wisata Tepi Laut dengan Rindangnya Hutan Pinus

Selain itu biaya sewa mobil sekitar Rp 800.000, untuk sewa speedboat Rp 450.000, untuk sewa speedboat per orang Rp 90.000. Saat berkunjung ke goa ini, Sahabat Langit7 diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret-coret dinding goa, dan selalu berhati-hati saat menuju goa karena jalanan cukup licin dan berlumut.

(lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button