Berita Wisata

8 tempat wisata di Indonesia ini memang sangat indah, tapi “pantangan” bagi sepasang kekasih karena bisa putus cinta

Tanah Lot di Bali merupakan tempat wisata yang memiliki mitos beresiko jika dikunjungi oleh pasangan. Foto: Net

BERITA SABANGMERAUKE – Tempat wisata menawarkan berbagai pemandangan indah sebagai sarana melepas penat. Mengunjungi wisata alam dan budaya juga memberikan kesan akan ciptaan Tuhan yang luar biasa bagi manusia.

Namun, ada juga mitos yang berkembang di masyarakat tentang sejumlah objek wisata yang bisa memutuskan ikatan cinta pasangan. Cinta pun meredup hingga akhirnya sepasang kekasih putus saat mengunjungi tempat wisata tertentu.

Namun, hal tersebut hanyalah mitos belaka meskipun sebagian orang mempercayainya. Padahal, objek wisata terkenal ini sangat indah dan sayang jika pasangan saja tidak mengunjunginya.

Berikut daftar 8 tempat wisata di Indonesia yang memiliki mitos yang bisa patah jika pasangan mengunjunginya:

1. Alun-alun Selatan, Yogyakarta

Pohon beringin di Alun-alun Kidul Yogyakarta yang terkenal dengan tradisi Masangin ini juga sarat dengan mitos. Siapapun dengan mata tertutup dapat berjalan melewati dua pohon beringin ini, sehingga orang tersebut akan memiliki hati yang suci.

Hanya cukup sulit dilakukan di sini. Konon mitos ini berawal dari tantangan mewariskan pohon beringin kepada putri Sri Sultan Hamengku Buwono I yang ingin menikah dengan laki-laki. Karena tidak menyukai laki-laki tersebut, putri sultan kemudian mengeluarkan tantangan untuk melewati pohon beringin tersebut, agar laki-laki tersebut tidak melamar sang putri.

2. Kebun Raya Jembatan Merah Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tujuan wisata populer yang memiliki banyak peminat. Meski begitu, destinasi wisata ini juga diyakini bisa menimbulkan keretakan hubungan.

Konon, jika sepasang kekasih melintasi jembatan merah di Kebun Raya Bogor, mereka akan langsung berpisah. Sebaliknya, jika seorang bujangan melewati jembatan ini, dia akan memiliki pasangan.

3. Candi Gedong Songo, Semarang

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dinamakan Gedong Songo karena terdapat 9 candi di kawasan tersebut.

Konon jika Anda berada di kawasan candi ini, jangan coba-coba menggoda pasangan Anda. Karena jika berbasa-basi, diyakini hubungan asmara akan putus di tengah jalan.

4. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini terkenal dengan kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang mengandung mitos. Bagi pasangan yang belum menikah yang datang ke sini, hubungan akan kandas di tengah jalan.

Awal dari mitos yang beredar ini adalah pada zaman dahulu banyak pasangan yang hendak menikah berdoa dan memberikan persembahan kepada patung Roro Jonggrang. Namun, ada pasangan yang gagal menikah setelah berdoa di sana.

Oleh karena itu, ada anggapan mitos yang selama ini diyakini pasangan yang belum menikah bisa putus jika nekat mengunjungi candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini.

5. Batu Raden, Jawa Tengah

Batu Raden adalah tempat wisata yang terletak di Banyumas, Jawa Tengah. Kawasan yang terletak di lereng selatan Gunung Slamet ini dikenal sebagai kawasan wisata yang menarik karena udaranya yang sejuk dan segar menjadi daya tarik utamanya.

Di balik semua itu, konon jika mengunjunginya bersama pasangan bisa menyebabkan putus cinta. Nama tempat ini berasal dari anak bupati (Raden) dan anak abdi (Batur) yang diketahui berkerabat namun tidak disetujui, sehingga dinamakan Baturaden.

Mitos yang beredar mengatakan bahwa kebanyakan pasangan yang pergi ke sana akhirnya putus.

6.Tanah Lot,Bali

Tanah Lot merupakan pantai yang menjadi tujuan wisata populer. Karena ada sebuah pulau dengan pura yang dijaga oleh seekor ular suci.

Konon ular ini bisa mengabulkan doa orang yang pergi ke sana. Namun bagi pecinta, masyarakat setempat tidak dianjurkan untuk memasuki pura dan bertemu dengan ular suci karena akan menimbulkan keretakan.

7. Air Terjun Coban Rondo, Malang

Coban Rondo adalah sebuah air terjun yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Ternyata destinasi cantik ini punya mitos bahwa mengunjungi pacar pada akhirnya akan putus.

Berawal dari kisah Dewi Anjani yang ditinggal suaminya yang sangat terkenal di Coban Rondo. Hal inilah yang menyebabkan adanya mitos putus cinta saat datang ke tempat wisata ini bersama pacar.

8. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai yang terkenal ini akan menjadi wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Selain dilarang memakai baju berwarna hijau di pantai ini, ternyata para pecinta juga dilarang mengunjungi pantai yang indah dan luas ini.

Rupanya kekasih yang bermain di pantai ini akan segera berpisah setelah mengunjunginya. Mitos ini tidak berhenti di Parangtritis, mitos ini konon berlaku di sepanjang pantai selatan laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button