Berita Wisata

STB mempromosikan edu-tourism dan menghadirkan Unimas di pameran perjalanan Sarawak

PONTIANAK – Sarawak Tourism Board (STB) mulai mempromosikan wisata pendidikan (edu-tourism) kepada masyarakat di luar wilayah Sarawak Malaysia, termasuk Kalimantan Barat (Kalbar). Terbukti dengan kehadiran Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) di Sarawak Travel Fair yang digelar di Ayani Mega Mall, 25-27 November 2022.

Direktur Sarawak Tourism Board (STB) Barbara Benjamin Atan mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal. Sarawak Travel Show sendiri sebenarnya masih diadakan setiap tahunnya di kota Pontianak, namun karena pandemi, acara tersebut ditiadakan selama dua tahun.

Tahun ini, sebagai bagian dari pemulihan pandemi, selain fokus mempromosikan wisata medis, pihaknya juga mulai menawarkan edu-tourism. Khususnya bagi penduduk wilayah Pulau Kalimantan.

“Sekarang kami juga mencoba membuka wisata pendidikan (edu-tourism). Mengenai wisata biasa, (objek) pada umumnya, kami mempromosikan tempat-tempat menarik di Sarawak, baik wisata alam, petualangan, makanan, dan festival,” katanya.

Menurutnya, tour operator dan travel agent juga terus mempromosikan tempat-tempat wisata Sarawak. Bahkan, di Sarawak Travel Fair, rombongannya mengajak atau bekerjasama dengan Asosiasi Biro Perjalanan dan Perjalanan di Indonesia (ASITA) Kalimantan Barat.

“Jadi ada promosi bipartisan. Ini kesempatan bagi ASITA Kalbar untuk bergabung bersama kami, juga bagi Dinas Pariwisata (Kalbar),” tutupnya.

Seperti diketahui, selama tiga hari penyelenggaraannya, 16 stand pameran menghidupkan Sarawak Travel Fair di lantai 1, Ayani Mega Mall. Mulai dari stand STB sendiri, kemudian dari Konsulat Malaysia di Pontianak dan dari Unimas. Termasuk dari Kalbar ada Dekranasda dan Disporapar Kalbar, serta ASITA Kalbar.

Kemudian beberapa rumah sakit di Sarawak seperti Borneo Medical Center, Rumah Sakit Spesialis KPJ Kuching, Pusat Medis Spesialis Normah dan Timberland Medical Center. Ada juga beberapa ekskursi dan trip serta tempat wisata yaitu Great Leap Tours Travel Sdn Bhd, Innosar Holiday Sdn Bhd, Khaimal Borneo Travel & Tours Sdn Bhd, Al Fateh Worldwide Travel & Tours Sdn Bhd, Pullman Kuching & Pullman Miri Waterfront, Penview Hotel Kuching dan Damai Beach Resort. (batang)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button