Berita Wisata

Harga Tiket, Lokasi, Atraksi

Kebun Buah Mangunan merupakan objek wisata alam yang memiliki keistimewaan tersendiri yaitu banyaknya perkebunan buah. Kepopuleran tempat ini juga terlihat dari panoramanya yang megah, dihiasi kabut tebal yang memberikan kesan negeri di atas awan. Gugusan perbukitan hijau terlihat sejauh mata memandang, menyejukkan dan memanjakan wisatawan. Pesona alam Yogyakarta di ketinggian ini cocok untuk rekomendasi liburan akhir pekan.

Selain itu, banyaknya infrastruktur resor yang tersedia akan membuat aktivitas Anda semakin menyenangkan. Terutama jika Anda melakukannya dengan teman, keluarga atau pasangan. Jika ingin mengunjunginya, simak dulu informasi berikut ini sebagai referensi ya.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Paling Seru di Yogyakarta untuk Liburan

Biaya masuk Kebun Buah Mangunan

Berlibur ke tempat yang menenangkan jiwa dan pikiran dengan makan melihat yang memanjakan mata, tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang. Seperti saat Anda berlibur di Kebun Buah Mangunan, tarif masuknya Rp 7.000 per orang. Harganya naik tipis saat akhir pekan tiba, yaitu Rp 8.000 per orang. Masih terjangkau kan?

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan tambahan biaya parkir sebesar Rp 2000 per motor. Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat harus membayar pajak sebesar Rp5.000. Harga tiket masuk dan biaya parkir bersifat relatif dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai aturan pengelola wisata. Hubungi 081904115762 untuk informasi terkini.

Fasilitas dan jam buka

Menetapkan harga masuk yang terjangkau bukan berarti tempat ini minim fasilitas. Ada banyak fasilitas penunjang untuk memudahkan aktivitas liburan wisatawan di Kebun Buah Mangunan. Diantaranya terdapat tempat parkir yang cukup luas, warung makan, toilet, taman, taman bermain anak dan ruang pertemuan. Berbagai tempat menarik seperti kebun buah dan sayur serta hutan pinus juga ada lho.

Jangan khawatir ketinggalan gaya saat berlibur di sini, Anda bisa menjajal berbagai fasilitas permainan yang tersedia. Sebagai Terbang kembali, daerah keluar, rubah terbangsampai tempat perkemahan. Bagi Anda yang ingin bermalam di sana, namun tidak ingin tidur di tenda, ada penginapan yang bisa Anda sewa.

Jam buka objek wisata Kebun Buah Mangunan adalah mulai pukul 05:00 hingga 18:00 setiap harinya. Jam buka terlalu dini tanpa alasan. Mengingat tempat ini memang menjadi salah satu spot sunrise terbaik dengan pemandangan yang epic. Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk menikmati alam, apalagi saat musim hujan tiba, saat kabut yang menggantung menebar pesonanya.

Lokasi dan akses jalan

Kebun Buah Mangunan terletak di Jl. Imogiri-Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta 55783. Menurut sikidang.com, lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Tempatnya berada di kawasan Pegunungan Seribu, tak heran udara di sana begitu sejuk.

Akses jalan menuju lokasi menanjak dan cukup terjal, namun jalan beraspal. Bagi Anda yang membawa kendaraan kecil bisa memarkirkan kendaraan hingga ke kawasan wisata. Namun, jika Anda membawa kendaraan besar, biasanya Anda hanya bisa parkir di lokasi yang berjarak 600 meter dari pos pengamatan.

Pesona Kebun Buah Mangunan

Kebun Mangunan tidak sesederhana namanya. Tempat ini memiliki areal penanaman berbagai jenis buah dan sayuran. Namun, keindahan alamnya lah yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah. Sebuah potret gugusan gunung yang terbentang dengan kabut putih yang menempel dalam panorama yang menakjubkan.

Inilah kenapa tempat ini sering dijuluki “negeri di atas awan”. Suasananya yang damai dengan sentuhan hembusan angin yang membuat wisatawan betah dan betah berlama-lama disini. Apalagi di pagi dan sore hari, mereka berduyun-duyun menikmati warna jingga saat itu Matahari terbit dan matahari terbenam. Itu adalah tempatnya sembuh yang harus Anda coba!

Area Kebun Buah Mangunan juga cukup luas lho. Berjalan di sekitar area sambil mengagumi keindahan hasil karya Sang Pencipta bisa menjadi pengalaman berharga. Tidak jauh dari area utama terdapat hutan pinus yang bisa menjadi perhentian Anda selanjutnya. Eksotisme pepohonan tinggi yang mendominasi udara segar Yogyakarta menjadi daya tarik yang menawan.

Tentunya Anda juga bisa melihat perkebunan buah dan sayur di sana. Ada berbagai jenis buah-buahan yang biasa ditanam di ladangnya. Seperti durian, salak, jambu biji, jeruk, mangga dan masih banyak lagi. Namun, buah ini tentunya hanya tumbuh pada musimnya saja, ya.

Tempat foto yang bagus

Kebun Buah Mangunan bisa menjadi rekomendasi tempat berburu untuk fotografer. Bagaimana tidak, panorama alam begitu cocok untuk diabadikan lewat lensa kamera. Memang tempat ini sering menjadi pilihan para calon pengantin untuk melakukan pemotretan. sebelum pernikahan. Tur ini juga menawarkan beberapa spot foto kekinian untuk dicoba wisatawan.

Pastikan berkunjung saat musim hujan jika ingin melihat potret “negeri di atas awan” Kebun Buah Mangunan. Untuk mendapatkan panorama terbaik, Anda harus datang pada pagi dan sore hari. Pada siang hari, matahari bisa terik meski angin cukup kencang. Jika Anda hanya ingin berfoto dalam suasana yang lebih damai, datanglah saat itu hari dalam seminggu, Ya! (Ris/Djavatoday)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button