Berita Wisata

Jendela alam, wisata edukasi yang seru dan mendidik di Lembang

Antv – Tempat wisata edukasi menjadi pilihan pilihan orang tua untuk liburan bersama anak. Di antara sekian banyak wisata edukasi yang ada di Indonesia, Jendela Alam adalah salah satunya.

Bukan tanpa alasan wisata edukasi menjadi pilihan utama para orang tua saat menghabiskan waktu bersama anak.

Di tempat wisata edukasi, anak-anak akan bersenang-senang sambil belajar. Hal ini tentu sangat berguna untuk mengisi waktu selama liburan.

Indonesia sendiri memiliki sejumlah tempat wisata edukasi. Tempat-tempat tersebut memanfaatkan kekayaan alam serta fauna tanah air sehingga menjadi tempat yang tidak membosankan.

Jendela Alam merupakan tempat wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga.

img_title

Jendela alami. (Foto: Icha Khairisa)

Di Jendela Alam pengunjung bisa menemukan berbagai aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan oleh anak-anak, dewasa atau bahkan bersama-sama.

Tentu akan menjadi momen yang menyenangkan untuk dikenang. Anda tidak hanya akan bermain sambil belajar, tetapi pengunjung juga dapat membentuk kenangan berharga bersama keluarga Anda.

Lantas seperti apa tempat wisata edukatif yang dimaksud dengan Nature’s Window? Berikut artikel yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Aktivitas di Nature’s Window

img_title

Jendela alami. (Foto: Blog Pemesanan)

Meski merupakan tempat wisata edukasi, Jendela Alam menawarkan banyak pilihan aktivitas yang terbagi dalam beberapa kelompok, apa saja?

jendela pendidikan

Di etalase edukasi, pengunjung akan menjumpai berbagai makhluk hidup, mulai dari tumbuhan hingga hewan.

Pengunjung tidak hanya akan diperkenalkan dengan jenis tumbuhan dan hewan tersebut, tetapi juga bagaimana cara membudidayakannya dan berinteraksi dengannya.

Kegiatan jendela pendidikan dibagi menjadi lima kegiatan, antara lain:

Kunjungan Sahabat Alam

Dalam Wisata Alam Sahabat, pengunjung akan mengunjungi kawasan ini bersama pemandu. Pemandu wisata akan memberikan informasi tentang artefak yang ada di sana.

Hal-hal yang dapat ditemukan di sirkuit Friends of Nature adalah area hidroponik, area tanaman obat, rumah kaca tomat ceri, dan rumah jamur tiram.

Tak hanya itu, ANTV lovers. Di Friends of Nature Trail Anda juga bisa melihat dan mengunjungi rumah kuda dan kambing etawa.

Selain itu, mereka juga memiliki peternakan berbagai jenis hewan, seperti ayam arab, kelinci, rusa tutul, dan rumah reptil! Kegiatan yang menarik, bukan?

Berkebun konvensional

Kegiatan ini tidak kalah serunya dengan Sahabat Wisata Alam. Alasannya karena pengunjung akan belajar cara bertani dengan cara konvensional!

Dalam kegiatan ini pengunjung akan mendapatkan bibit dan bahan tanam. Dipandu oleh seorang animator, pengunjung akan belajar secara mendalam cara menanam tanaman dan cara merawatnya.

Panen tomat ceri

Anak-anak mungkin akrab dengan tomat. Tapi bagaimana dengan tomat ceri?

Dalam kegiatan ini pengunjung akan diperkenalkan dengan tomat ceri. Fasilitator akan memberikan informasi tentang buah ini, mulai dari kandungan nutrisinya hingga cara menanamnya.

Yang tak kalah asyiknya, anak-anak bisa memetik dan bahkan membawa tomat ceri sebanyak yang mereka mau!

Panen telur

img_title

Jendela alami. (Foto: Libur.co)

Jika sebelumnya anak-anak belajar tentang tomat ceri, sekarang mereka akan mendapat pendidikan tentang telur.

Telur tentu bukan lagi makanan yang asing bagi anak-anak. Makanan ini biasa ditemukan di menu sehari-hari.

Dalam kegiatan ini pengunjung khususnya anak-anak akan dikenalkan dengan asal usul telur. Anak-anak juga akan mendapatkan pendidikan yang menarik tentang ayam.

Tak hanya itu, ANTV lovers. Daya tarik dari kegiatan ini adalah anak-anak akan diberikan wadah dan diperbolehkan mengambil telur langsung dari peternakan. Bahkan, telur bisa dibawa pulang!

Berburu harta karun

Kegiatan di Jendela Pendidikan diakhiri dengan kegiatan seru, yaitu berburu harta karun!

Dalam kegiatan ini, pengunjung akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mendapatkan peta dan kompas buatan sendiri.

Setiap kelompok harus bekerja sama untuk menemukan harta karun tersebut. Caranya adalah dengan menjawab pertanyaan yang telah diajukan.

Kegiatan ini dijamin seru dan bermanfaat. Selain menyenangkan, kerja sama tim, pemetaan, dan kemampuan pemecahan masalah anak akan dilatih dan diasah.

jendela permainan

img_title

Jendela alami. (Foto: Instagram @jendelaalambandung)

Seperti namanya, jendela permainan penuh dengan aktivitas permainan yang menyenangkan dan mengasyikkan!

Jendela Permainan menawarkan berbagai aktivitas, apa saja itu?

permainan yang menyenangkan

Permainan lucu akan menjadi kegiatan yang super menyenangkan setelah anak belajar di bagian Jendela Pendidikan.

Di Fun Games, anak-anak akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memainkan permainan seru, seperti balap empat langkah, tongkat air terapung, tarik tambang, transfer bola, dan lainnya.

Ini pasti akan menghibur anak-anak. Selain itu tentunya dalam game ini skill kerjasama mereka juga akan terasah.

berkuda

Jendela Permainan berisi kuda poni yang bisa ditunggangi anak-anak.

Tentunya kegiatan ini didampingi oleh pemandu, agar anak-anak dapat menunggangi kuda poni dan berkeliling dengan aman di area khusus berkuda.

Waterboom mini

Daya tarik lain dari Mini Ala Window adalah waterboom mini yang dikandungnya. Anak-anak bisa berenang dan bermain di waterboom mini ini. Setelah belajar dan bermain, anak-anak pasti akan bersenang-senang di kolam ini.

perang air

Meski namanya perang air, permainan ini tidak dimainkan di kolam renang.

Pertarungan air terjadi di lapangan di sana. Anak-anak akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan saling menjegal dengan air yang tersedia. Menyenangkan, bukan?

Untuk ikan

img_title

Jendela alami. (Foto: Hargatiket.net)

Bayangkan betapa seru dan semaraknya ketika anak-anak mencoba menangkap ikan yang berenang bebas di air. Meski terdengar sulit, game ini dijamin seru dan memicu semangat dan keceriaan anak.

Dalam permainan ini, anak-anak harus menangkap ikan di sungai buatan. Selain menyenangkan, permainan ini juga akan melatih kemampuan motorik anak.

Peternakan bebek

Dalam permainan ini, anak-anak akan dibawa ke lapangan dan harus menggiring bebek dari satu kandang ke kandang lainnya. Mungkin terdengar mudah, tapi faktanya tidak seperti itu.

Bebek-bebek ini kabur ke arah lain, sehingga anak-anak harus menggiring mereka kembali ke kelompoknya untuk masuk ke kandang ayam. Aktivitas yang unik dan seru bukan?

jendela bengkel

Kegiatan Window Workshop menyenangkan dan mendidik. Bengkel di area ini meliputi:

  • Workshop Bedah Anatomi Hewan
  • Bengkel telur
  • Bengkel biogas
  • Workshop pembuatan kompos
  • Bengkel Takakura

jendela artistik

Di Jendela Seni, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seni yang menyenangkan dan kreatif, seperti kerajinan organik, kemudian menghias layang-layang dan tanah liat.

Instalasi jendela alami

img_title

Jendela alami. (Foto: Tempat Wisata di Bandung)

Fasilitas di Jendela Alam cukup lengkap. Jendela Alam memiliki area bermain dan kolam renang untuk anak-anak, mushola, toilet, aula dan tempat parkir yang memadai.

Harga Tiket Masuk Window of Nature

img_title

Jendela alami. (Foto: Bandung)

Harga tiket masuk Nature’s Window pada weekday dan weekend berbeda. Namun, kedua biaya ini relatif murah.

Pada hari kerja (Senin sampai Jumat) biaya masuknya adalah Rp 15.000, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur adalah Rp 20.000.

Pengunjung akan kembali dikenakan biaya untuk menikmati beberapa wahana lainnya. Namun harganya masih cukup terjangkau yaitu Rp 20-60.000.

Jam Buka dan Lokasi Jendela Alam

img_title

Jendela alami. (Foto: NativeIndonesia.com)

Jendela Alam buka setiap hari, namun jam buka berbeda pada hari kerja dan akhir pekan.

Pada hari kerja (Senin hingga Jumat), Jendela Alam buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan pada akhir pekan buka satu jam lebih awal, yakni mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Jendela Alam terletak di kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri, km. 4.5, Cihideung, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button