Berita Wisata

Gubernur Ansar Ingin PLBN Natuna Jadi Pintu Masuk Pariwisata – ANTARA News Kepulauan Riau

Tanjungpinang (ANTARA) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menginginkan Pos Perbatasan Negara (PLBN) di Serasan, Kabupaten Natuna menjadi jalur akses atau masuknya pariwisata asing, khususnya dari Malaysia, ke kawasan tersebut.

Menurutnya, sangat disayangkan jika PLBN Natuna dibangun oleh pemerintah pusat dengan total anggaran Rp 133,1 miliar hanya digunakan untuk arus perdagangan barang saja, karena nilai ekonomi dari kegiatan tersebut masih relatif kecil.

“Kami akan mendorongnya menjadi pintu gerbang pariwisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD,” kata Gubernur Ansar kepada Tanjungpinang, Selasa.

Ansar mengatakan akan segera membawa hal tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sekaligus meminta difasilitasi untuk berbicara dengan pemerintah Malaysia terkait penerapan PLBN Natuna sebagai entry point pariwisata. daerah. .

Ini juga mendorong pemerintah pusat untuk menyelesaikan Bea cukai (bea dan cukai), imigrasi (imigrasi), karantina (karantina), dan pelabuhan utama (syahbandar) di PLBN Natuna.

“Ke depan, warga negara bagian Sarawak, Malaysia dapat mengunjungi dan menikmati keindahan wisata alam Natuna, begitu juga sebaliknya, karena jarak kedua wilayah tersebut cukup dekat,” kata Ansar.

Ansar melanjutkan, PLBN Natuna yang dibangun sejak tahun 2020 ini kini sudah rampung 100% dan diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi pada akhir tahun 2022.

Menurut Ansar, pengembangan PLBN di Natuna tidak hanya menjadi pintu gerbang, tetapi juga cikal bakal tiang pertumbuhan ekonomi daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

PLBN Natuna membangun berbagai fasilitas, antara lain gudang kargo, gudang transit, mess, dan tempat tinggal karyawan. Kemudian juga kantor administrasi, menara air, tempat cuci mobil, 4 rumah dinas, pos jaga, pembangkit listrik, area pengelolaan sampah, stasiun pompa air dan bangunan pendukung lainnya.

Total nilai kontrak pembangunan PLBN Serasan sebesar Rp133,1 miliar yang berasal dari APBN 2020-2021.

Source: kepri.antaranews.com

Related Articles

Back to top button