Berita Wisata

Bepergian dengan mengenang aksi heroik Arek Suroboyo, dari pertempuran 10 November hingga robeknya bendera Belanda: Okezone Travel

KOTA Surabaya di Jawa Timur akan segera memiliki destinasi wisata sejarah serta sejumlah peristiwa perjuangan heroik yang terjadi di kota pahlawan.

“Ini akan menjadi kunjungan dan pengingat bahwa Surabaya bukan hanya kota pusat perbelanjaan, Surabaya bukan hanya kota jasa. Tapi, Surabaya punya banyak tempat bersejarah, banyak tempat warisan“Tempat wisatanya banyak, terutama wisata gulat,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, mengutip Di antara.

Saat ini, kata Eri, pihaknya sedang mempersiapkan konsepnya. Konsep yang disiapkan akan menghubungkan destinasi wisata sejarah serta sejumlah peristiwa heroik perjuangan Kota Pahlawan.

Cak Eri, panggilan akrabnya, mengatakan Surabaya memiliki destinasi wisata yang beragam, termasuk tempat-tempat bersejarah yang berada di kota pahlawan. Hal itulah yang menjadi dasar diluncurkannya destinasi wisata perjuangan Surabaya.

Infografis Perjalanan Sejarah

Sisi pertarungan yang diinginkan Eri bisa dicabut dari Surabaya. Bahkan, ia juga mengatakan bahwa ke depan, nilai-nilai perjuangan kota pahlawan akan dituangkan ke dalam sebuah buku.

“Termasuk seni, termasuk segala sesuatu yang dimulai awal tahun agar warga Indonesia tahu apa yang ada di kota Surabaya,” ujarnya.

Tur Perjuangan Surabaya mendatang menarik, karena selain menghubungkan tempat-tempat bersejarah, sejumlah peristiwa heroik juga menjadi bagian dari rangkaian, seperti pengibaran bendera di Hotel Yamato (sekarang hotel Majapahit), hingga pertempuran 10 Nopember 1945.

kehendak Tuhan tahun depan kita akan memasukkannya ke dalam agenda kota Surabaya. Awal tahun akan kami tayangkan ke seluruh Indonesia, bahkan ke luar negeri,” kata Cak Eri.

Baca juga: Capai Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Dengan demikian, lanjutnya, seluruh rangkaian buku harian Kota Pahlawan dapat diketahui masyarakat baik di dalam maupun luar negeri. Diharapkan konsep pariwisata yang disiapkan sekaligus dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pahlawan.

“Jadi awal tahun sudah bisa lihat (agendanya), misalnya kalau ulang tahun Surabaya ada kegiatan apa. Lalu di hari pahlawan tanggal 10 November ada kegiatan apa”, ujarnya.

Eri berharap kehadiran Surabaya Struggle Tour dapat menyulut semangat nasionalis generasi muda di Kota Pahlawan.

“Karena saya ingin mengingatkan bahwa kota Surabaya memiliki semangat kepahlawanan yang luar biasa,” pungkasnya.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Back to top button