Berita Wisata

Nikmati Air Terjun Cirajeg, Pesona Air Terjun Teras Purabaya Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Aliran Sungai Cirajeg di Desa Neglasari Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi memiliki potensi wisata alam yang cukup menarik. Ada air terjun unik dengan panorama menawan, yaitu Curug Cirajeg.

Dengan ketinggian tebing sekitar 30 meter, Air Terjun Cirajeg memiliki tujuh tingkat atau terasering untuk air sungai dengan aliran kecil yang indah saat menuruni anak tangga air terjun satu per satu.

“Air terjun ini berada di tengah hamparan sawah, dikelilingi perbukitan dan perkebunan, airnya masih jernih dan sejuk. Bagi yang ingin mandi di bawah air mengalir, ada bebatuan besar yang bisa dijadikan kolam tidak begitu dalam sehingga aman untuk mandi atau berenang di dalamnya,” kata Mulyadi, Camat Purabaya sukabumiupdate.comRabu (30/11/2022).

Baca Juga: Hamparan Sawah dan Curug Awang yang Mempesona di Geopark Ciletuh Sukabumi

Mulyadi mengatakan untuk menuju Curug Cirajeg, pengunjung dapat melalui jalan Kota Sukabumi-Sagaranten melalui kecamatan Purabaya. Penanda awal adalah perempatan Ciakar, kemudian masuk ke arah Desa Limbangan.

“Setelah sampai di Desa Limbangan, jalan kaki sekitar 20 menit melewati perkebunan dan sawah warga sekitar,” ujarnya.

“Akses jalan sudah beraspal, juga bebatuan. Namun untuk menuju air terjun harus berjalan kaki. Tidak sulit menemukan objek wisata ini karena hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari kantor kecamatan Purabaya. Anda bisa mendapatkan ke sana dengan kendaraan roda empat, namun jika ingin mendekati air terjun harus menggunakan sepeda motor,” kata Mulyadi.

Baca Juga: Air Terjun Cihideung di Desa Sindangraja Sukabumi, Tempat Dua Air Terjun

Menurut Mulyadi, sebelumnya di kawasan curug Cirajeg terdapat tempat istirahat berupa gazebo dan tempat selfie. Namun, kondisi saat ini rusak. “Komunikasi dengan Dinas Pariwisata sudah dilakukan. Mudah-mudahan ada respon yang baik untuk penataannya,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini pengunjung bisa ke Curug Cirajeg secara gratis alias gratis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button