Tempat Wisata

Bukit Pengilon, akomodasi & tiket masuk

Saat liburan di Jogja, jangan lupa mampir ke kawasan Gunung Kidul dan mampir sebentar Pantai Siung.

Pantai ini merupakan salah satu suguhan terbaik yang dimiliki Gunung Kidul bagi wisatawan yang berkunjung.

Pantai Siung menawarkan banyak atraksi yang memastikan semua orang di lokasi merasa betah untuk waktu yang lama.

Pantai-siung-jogja

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pantai ini, kami telah menyiapkan ulasan lengkap untuk Anda di bawah ini.

Pantai Siung Yogyakarta

Pantai ini dekat dengan Pantai Nglambor dan juga tidak jauh dari pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Satu pantai dengan pantai lainnya hanya dipisahkan oleh tebing-tebing tinggi yang menjadi ciri kebanyakan pantai di kawasan Gunung Kidul.

Pantai Siung sendiri memiliki keistimewaan berupa pantainya yang berpasir putih bersih, kawasan pantai yang landai dan tentunya juga dipagari dengan deretan bebatuan atau bukit karang.

Gundukan karang ini bahkan telah direnovasi dan saat ini digunakan sebagai area pendakian.

Mendaki Pantai Siunginstagram.com/pantai_siung

Oleh karena itu, bagi Anda yang menyukai panjat tebing, ada 250 jalur bertaraf internasional yang bisa dicoba di Pantai Siung.

Oh ya. Mungkin juga ada yang penasaran kenapa pantai yang satu ini dinamakan Pantai Siung. Dan ternyata asal usul nama tersebut juga terkait dengan keberadaan gundukan karang tersebut.

Jika anda berkunjung ke pantai ini, nantinya anda akan menemukan sebuah tebing yang sekilas terlihat seperti gigi monyet.

Hal inilah yang konon menjadi dasar pemilihan kata Siung yang digunakan untuk menamai Pantai Siung.

Kegiatan wisata di Pantai Siung

Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya karena keindahannya.

Selain bisa bersantai menikmati hamparan pasir putih dan birunya air laut yang tenang, wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata menarik di Pantai Siung.

Kegiatan atau aktivitas tersebut antara lain:

1. Bermain pasir

Beach Carnation Gunkidinstagram.com/explorealamjogja

Keberadaan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai sangat menggoda untuk dijadikan kanvas alam untuk menuangkan ide atau kreatifitas.

Di atas pasir putihnya yang bersih, Anda bebas berkreasi dengan membuat ulang atau membangun gedung Kutipan Kutipan romantis seperti artis.

Jika Anda datang bersama anak-anak, jangan lupa ajak mereka bermain pasir, karena mereka pasti akan menyukai kegiatan ini.

2. Berenang

Setelah puas menjelajahi pasir putih Pantai Siung, Anda dan anak-anak bisa berenang merasakan segarnya air laut.

Air laut yang bersih disertai kondisi ombak yang cukup tenang tentunya sangat aman untuk anak-anak.

Meskipun demikian, kami menyarankan Anda menjauh dari anak-anak. Karena meskipun ombak di pantai ini tidak terlalu kuat, namun anak-anak harus diwaspadai untuk menghindari peluang buruk yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pantai Glagah, Kulon Progo, Yogyakarta

3. Mendaki

Gambar Pantai Anyelirinstagram.com/fauzianggaraa

Pantai ini awalnya digunakan sebagai area pendakian pada tahun 1989. Dulu, ada seorang turis dan pecinta alam dari Jepang mencoba memanjat tebing di Pantai Siung.

Mengetahui hal tersebut dan berdasarkan fakta bahwa tebing di Pantai Siung berpotensi untuk dibuat pendakian titikkemudian pemerintah Yogyakarta juga mulai mengembangkan agar lebih menarik pendaki.

Niat tersebut diwujudkan dan berujung pada Pantai Siung menjadi ajang kompetisi panjat tebing tingkat ASEAN yang diikuti oleh para pendaki dari Eropa dan Asia.

4. Berkemah

Seperti halnya Pantai Drini dan Pantai Pok TunggalAnda juga bisa mendirikan tenda di Pantai Siung kubah dan berkemah dengan teman-teman.

Anda dapat menghabiskan satu atau dua hari di daerah tersebut berkemah untuk memuaskan dahaga turis Anda.

Di daerah berkemah yang terletak di sisi timur pantai ini juga tersedia rumah berundak dengan kapasitas hingga 15 orang.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat yang menguntungkan untuk menikmati keindahan Pantai Siung dari tempat yang lebih tinggi.

Baca juga: Pantai Sundak, Gunungkidul

5. Berburu foto

pantai-siung-di-gunung-kidulinstagram.com/rezarma16

Tidak sulit bagi kami untuk menemukannya Pekerjaan foto terbaik di pantai siung. Pantai ini sering digunakan wisatawan sebagai tempat hunting foto.

Jika Anda membutuhkan referensi, Pekerjaan Yang terbaik menurut kami adalah di depan pantai, membuat laut terbentang Latar Belakang.

atau kalau mau yang lebih unik bisa juga foto-foto Pekerjaan Mendaki.

6. Matahari terbenam

Atraksi yang wajib dilihat saat berkunjung ke Pantai Siung ini menunggu momen yang akan datang matahari terbenam. Anda bisa menikmati momen ini di sore hari sebelum pulang.

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan momen ini. Menarik untuk dijadikan background foto romantis bersama pasangan.

Baca juga: Pantai Panjang jogja

7. Menikmati flora dan fauna di atas bukit

Bukit-bukit tinggi di Pantai Siung tidak hanya menarik untuk dilakukan pendakian titik. Tetapi ada berbagai cara untuk melakukan itu flora dan fauna termasuk monyet liar.

Selain menikmati suguhan alam ini, dari atas bukit kita juga bisa melihat pesona Pantai Siung dengan lebih leluasa.

alamat dan petunjuk arah

Lokasi Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Prefektur Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak tempuh dari pusat Kota Jogja sekitar 70 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Tidak jauh dari tempat pantai ini juga terdapat pantai lain yang bisa dikunjungi seperti Pantai Nglambor, Pantai IndrayantiPantai Pok Tunggal dan Pantai Drini.

Rute ke lokasi

Perkemahan Cengkeh Pantaiinstagram.com/bimaanugrrh

Sekitar Jalan menuju Pantai Siung Tentunya bisa disesuaikan dengan posisi downhill.

Misalnya, jika Anda datang dari pusat Kota Jogja, rutenya melalui Jalan Piyungan menuju Wonosari kemudian dilanjutkan jalan menuju Pantai Baron.

Ke Pantai Baron nanti anda akan menemukan pertigaan winangun. Di perempatan ini silahkan ambil arah kanan menuju Pantai Siung.

Jam buka Pantai Siung

Pantai ini buka 24 jam sehari, setiap hari. Anda bisa datang kapan saja sesuai dengan kesempatan dan waktu terbaik yang Anda inginkan.

Hari jam operasi
Setiap hari 24 jam

Biaya masuk ke Pantai Siung

Biaya yang harus Anda bayar untuk masuk ke Pantai Siung hanya Rp 10.000. Ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil, sehingga total biaya antara Rp 12.000 dan Rp 15.000.

jenis tiket Harga
tiket masuk Rp 10.000
PARKIR MOTOR Rp 2000
area parkir Rp5.000

Fasilitas umum di Pantai Siung

Fasilitas yang disediakan pengelola juga cukup memadai. Fasilitas umum di Pantai Siung antara lain tempat parkir, kamar mandi, mushola, pendopo, warung makan dan shelter.

pantai-siung-wonosari-gunung-kidulinstagram.com/jogjascenery

Baca juga: Tempat wisata di Jogja

Kesimpulan

Pantai Siung Yogyakarta merupakan destinasi wisata alternatif yang akan sangat menarik bagi anda yang sedang berlibur di jogja. Tentunya Anda tidak boleh melewatkan keindahan suasana dan banyaknya aktivitas di pantai ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button