Tempat Wisata

Kendal Square Budget Tourism Berbagai Kegiatan Seru Desember 2022

Kendal Square Harga Tiket : GratisJam Buka : 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Karanggeneng, Pegulon, Kendal, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51313

Alun-alun Kendall merupakan ruang terbuka hijau di Kabupaten Kendal. Bentuknya berupa lapangan seluas minimal 5.000 m2 yang dipenuhi rerumputan hijau. Sayangnya, tidak seluruh area daratan ditumbuhi rumput. Ada beberapa yang masih eksis berupa tanah berpasir.

Namun kawasan ini cukup rindang dengan pepohonan hijau yang mengelilingi taman. Menariknya, alun-alun tersebut terletak di dekat beberapa bangunan penting di Kabupaten Kendal. Misalnya Masjid Agung Kendal, Taman Garuda dan Kantor Bupati.

Harga tiket Alun-alun Kendal

Sama seperti square tour pada umumnya. Tidak ada biaya masuk bagi pengunjung ke kawasan ini. Setiap orang dapat mengunjunginya secara gratis.

Harga Tiket & Wahana
tiket masuk Gratis
Game drive di sekitar situs Rp 10.000

Baca: PANTAI CAHAYA Tiket Murah Banyak Wahana

jam buka

Kendal Square buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Biasanya kawasan ini ramai pada akhir pekan dan tanggal merah. Tidak ada batasan waktu pada jam operasional. Karena dalam satu hari pengelola buka 24 jam sekali.

jam buka
Setiap hari 24 jam

Obyek wisata Alun-alun Kendal

Alun-alun Kendal memiliki salah satu daya tarik yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Di sekitar taman terdapat masjid terkenal bernama Masjid Agung Kendal. Lalu ada Taman Garuda yang terasa asri dengan pepohonan dan tumbuhan hijau. Di Alun-alun terdapat wahana permainan dan wisata kuliner khas nusantara.

Masjid Agung Kendal

Suasana Masjid Raya Kendal di malam hari.Keunikan Masjid Agung Kendal terletak pada 16 tiang penyangganya yang merupakan peninggalan Wali Joko. Foto: Googlemap/perjalanan Lala

Kabupaten Kendal terkenal dengan bangunan masjid yang berusia ratusan tahun. Namanya Masjid Agung Kendal yang dibangun oleh Raden Suweryo atau Wali Joko. Didirikan sekitar abad ke-15 pada masa Kesultanan Demak. Lokasinya di Jalan Raya Barat dekat kantor Bupati Kendal depan alun-alun.

Masjid ini telah direnovasi beberapa kali. Namun masih ada beberapa bagian yang belum berubah. Yakni 16 pilar yang merupakan warisan dari Wali Joko. Ada juga mimbar, jendela, kusen jendela, pintu dan Maksurah.

Bentuk bangunan Masjid Agung dulunya sederhana dan beratap kayu tipis. Namun kini berdiri megah dengan hiasan kubah emas di atapnya. Dan tepat di depan masjid terdapat menara hijau besar yang sangat tinggi. Dilihat dari kejauhan, desainnya menyerupai Masjid Raya di Kota Demak.

Baca : MEDINI TEA GARDEN Kendal : Tiket & Pesona Perbukitan Hijau

Taman Garuda

Taman Garuda di Alun-alun Kendal.Taman Garuda memiliki ikon patung Garuda berukuran besar dan bercorak keemasan. Foto: Googlemap/Kurniawan Bayu Wicaksono

Selain Masjid Agung Kendal, Alun-alun juga memiliki daya tarik Taman Garuda. Bahkan jika lokasi taman sebenarnya tidak cocok dengan Alun-alun. Tapi letaknya di luar dan posisinya saling berhadapan. Jika Anda ingin masuk ke taman, Anda harus menyeberang jalan utama terlebih dahulu.

Keberadaan Taman Garuda sendiri berfungsi sebagai paru-paru kota sekaligus sebagai daerah resapan air. Suasana di dalamnya begitu asri karena banyak pepohonan rindang dan tumbuhan hijau yang tumbuh di sana. Tak lupa juga ada meja dan bangku taman. Wisatawan dapat bersantai dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Luas Taman Garuda diperkirakan sekitar 1500 meter persegi. Meski tidak terlalu besar, kawasan ini selalu dipadati pengunjung setiap Minggu pagi. Terutama oleh pengguna jalan yang berhenti sebentar untuk beristirahat. Ada juga taman bermain anak-anak di area ini.

Baca: CURUG SEWU Kendal: Tiket dan Aneka Kegiatannya

wahana

Mobil mainan anak-anak di Kendal Square.Mobil mainan anak-anak di Kendal Square. Foto: Google Maps/Ania Maharanidll

Daya tarik lain dari Alun-alun Kendal adalah taman bermain anak-anak. Ada berbagai jenis drive game yang menarik di sekitar tempat itu. Termasuk kereta mini, kolam ikan, komidi putar, mobil mainan dan masih banyak lagi.

Untuk menikmatinya, pengunjung harus membayar kartu remi. Karena semua wahana ini dikelola oleh perorangan. Jangan khawatir, harga tiketnya cukup murah dan tidak akan menguras dompet Anda.

Wisata kuliner

Restoran ramai di Kendal Square.Kendal Square menawarkan berbagai wisata kuliner khas Indonesia seperti soto, sate ayam, oatmeal dan lainnya. Foto: Googlemap/Jony Edward

Menyajikan tidak hanya beragam game drive. Kendal Square juga memiliki wisata kuliner yang cukup lengkap. Kebanyakan PKL adalah PKL yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan utama. Menu yang ditawarkan adalah makanan khas Indonesia.

Salah satu makanan yang paling terkenal adalah jajanan pasar tradisional Ahul. Bahan dasarnya adalah parutan singkong yang dicampur dengan gula merah. Teksturnya sangat lembut saat menyentuh lidah. Masih ada Jajanan Wajik, Andil-andil dan Gemblong.

Dan untuk makanan berat, ada beberapa yang sangat unik. Misalnya sate kelinci dan pecel semanggi dengan sate keong di sisinya. Memang cukup ekstrim, namun ada beberapa orang yang menyukai kedua makanan ini. Jika tidak suka turis, Anda bisa mencoba soto, bubur ayam, dan sate ayam.

Baca: Tiket Masuk Pantai Kendal Kemangi Indah dan Aneka Wahananya

Pendirian di Kendal Square

Fasilitas umum di Wisata Alun-Alun Kendal cukup memadai. Disini terdapat tempat parkir yang luas yang dapat menampung motor atau mobil dalam jumlah yang banyak. Tak ketinggalan, ada juga toilet, masjid, dan restoran. Tempat makan yang unik di alun-alun adalah duduk bersila di atas tikar.

Lokasi Alun-alun Kendal

Alun-alun Kendal terletak di Karanggeneng, Pegulon, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tepat di seberang Taman Garuda.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button