Tempat Wisata

Air Terjun Bidadari, air terjun terindah di Karang Dalam Lahat

malaikat Jatuh salah satu tempat wisata alam terindah dan tersembunyi di lahat, Sumatera Selatan. Di tengah hutan terdapat air terjun unik dengan pesona alam yang luar biasa, yang memiliki 7 puncak dan 3 kolam pemandian.

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang Lahat. daerah. Lahat, Sumatera Selatan; map: Cek lokasi

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang keindahannya luar biasa yang belum banyak diketahui orang. Sedikit yang tahu bahwa Air Terjun Bidadari Lahat ini pernah menjadi latar film Legenda Pahit Lidah dari Lahat di Sumatera Selatan. Daerah ini dianggap sangat mirip dengan legenda.

Di kawasan ini Anda akan menemukan 7 air terjun yang mengalir dari mata air. Jarak antara air terjun ini tidak terlalu jauh. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan air terjun yang indah ini sambil mengagumi keindahan alamnya yang mempesona. Ketinggian air terjun di kawasan ini bervariasi. Anda bisa menikmati keindahan alam ini tanpa merasa bosan.

Tentunya sebelum mengunjungi Air Terjun Bidadari, Anda perlu mempersiapkan diri sebelum memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata yang indah dan menarik ini. Berikut beberapa informasi sederhana untuk dibaca sebagai persiapan awal sebelum mengunjungi air terjun terindah di Kabupaten Lahat.

Daya tarik air terjun Bidadari

Daya tarik air terjun BidadariKredit foto: Facebook oleh Muhammad Iqbal Wahyudi

1. Pemandangan alam yang indah

Tentu saja, ketika Anda mengunjungi wisata alam, pemandangan alam yang indah dan mempesona menanti Anda. Begitu juga dengan wisata air terjun ini. Anda bisa melihat pemandangan air yang mengalir di balik tebing berbatu yang tinggi. Di area ini Anda bisa melihat bebatuan gunung dengan berbagai ukuran. Dari yang sangat besar hingga kerikil.

Percikan airnya juga membentuk titik-titik embun kecil yang membuat suasana menjadi lembab dan juga memperlihatkan titik-titik air, sehingga pelangi kecil dapat terlihat di bawah air terjun ini pada siang hari. Fenomena alam ini tentunya menjadi ciri khas dari air terjun tersebut.

2. Lingkungan yang indah

Lingkungan sekitar kawasan wisata Air Terjun Bidadari masih sangat asri. Anda bisa menikmati suasana hutan tropis yang lembab dengan kesegaran udara yang tak terbantahkan. Udara yang dingin membuat suasana semakin menyenangkan. Segala penat yang menumpuk di perkotaan pasti akan hilang jika Anda tinggal di kawasan ini.

Pepohonan di kawasan ini tumbuh secara alami dan tidak terjamah oleh manusia. Keindahan alam di sekitar air terjun ini sangat terjamin. Anda bisa mengelilingi tujuh air terjun dengan suasana alam yang asri ini. Meski harus melewati rintangan dan gunung terjal, pemandangan dan suasananya bisa menghilangkan penat dari perjalanan.

3. Kolam yang jernih dan segar

Kolam di bawah air terjun ini memiliki air yang dingin dan menyegarkan. Sensasi dingin air yang mengalir deras berbeda dengan sensasi dingin yang biasa Anda rasakan. Air yang kaya akan mineral ini memberikan kesegaran dengan kualitas yang berbeda dari air sumur atau PDAM.

Airnya juga jernih dan bersih. Anda tidak akan menemukan sampah di area ini. Tentunya Anda juga harus terlibat dalam pelestarian kawasan ini agar tetap lestari dan membawa keceriaan bagi generasi penerus anak cucu. Pembuangan sampah di kawasan ini juga dikenal dengan sebutan Pamali oleh warga sekitar. Dan tentu saja bukan hal yang baik.

4. Dekat dengan 6 air terjun lainnya

Air terjun Bidadari terdiri dari sebuah mata air yang terbagi menjadi tujuh air terjun yang letaknya berdekatan. Anda bisa menyusuri jalan setapak yang tentunya dipandu oleh pemandu wisata atau pemandu lokal yang terpercaya. Jarak antara air terjun ini hanya 5 sampai 15 menit berjalan kaki.

Tentu saja, perjalanannya tidak berat. Selain itu, Anda akan disuguhi suasana hutan tropis khas Indonesia yang lembab dalam perjalanan menuju pemandangan alam yang indah.

Masing-masing air terjun ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dari ketinggian tebing yang berbeda satu sama lain, hingga kedalaman kolam yang berbeda drastis. Anda bisa berenang di kolam yang cukup dalam

Alamat dan rute menuju lokasi Air Terjun Bidadari

Alamat Air Terjun BidadariSumber Gambar: Google Maps Voice of the Soul

Anda bisa mengunjungi air terjun yang mempesona ini dengan membawa kendaraan sendiri atau dengan jalan-jalan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Lahat, Sumatera Selatan. Hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan kendaraan 4×4 untuk sampai ke tempat wisata Air Terjun Bidadari. Jalan menuju tempat ini sudah rapi dan beraspal.

Namun, perjalanan Anda tidak berakhir di situ. Sesampainya di kawasan wisata ini Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Di perjalanan Anda akan melihat pemandangan yang indah. dari perkebunan masyarakat. Jalannya cukup terjal dan licin. Dalam perjalanan menuju tempat air terjun anda harus sangat berhati-hati.

Disarankan juga untuk menggunakan pemandu wisata atau meminta penduduk setempat untuk membawa Anda ke air terjun. Selain medan yang cukup berbahaya, area ini juga cukup terjaga keamanannya dan tidak memiliki pilihan signage. Selain itu, disarankan untuk membawa berbagai perlengkapan yang diperlukan seperti obat-obatan atau kotak P3K.

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Bidadari, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan bermotor. Harga yang dikenakan tidak terlalu mahal, juga tidak akan membebani kantong Anda. Tentunya hal seperti ini cocok untuk kamu yang puas dengan wisata backpacker.

Aktivitas menarik di air terjun Bidadari

Aktivitas di Air Terjun BidadariSumber gambar: Facebook Astri Iga

1. Berburu foto

Berburu foto di kawasan ini tentunya menjadi salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Selain areanya yang asri, kamu juga akan menemukan berbagai macam spot foto berbeda yang pastinya cantik dan juga menarik untuk dijadikan background fotomu.

Perpaduan warna gelap bebatuan serta semak dan pepohonan yang rindang membuat setiap objek foto bersinar dan menjadi pusat perhatian. Foto yang sudah cantik dalam nada dasarnya menjadi lebih indah jika Anda memperhatikan bingkai dan latar belakang yang digunakan di bagian ini.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan suasana asri di waktu-waktu tertentu seperti pagi atau sore hari. Di pagi hari Anda bisa melihat matahari terbit dengan sinarnya yang lurus. Pemandangan ini terlihat jelas di daerah berembun seperti Wisata Air Terjun Bidadari Lahat ini.

Pada sore hari Anda dapat melihat suasana yang berbeda di sekitar air terjun dibandingkan pada siang hari. Cahaya jingga menyelimuti seluruh wajah air terjun ini. Suasana indah di siang hari berubah menjadi suasana sedih dengan warna dasar yang hangat.

2. Berenang di kolam renang

Berenang di air terjun merupakan kegiatan yang cukup menarik. Anda bisa berenang di kolam yang terletak di bawah air terjun ini. Airnya cukup jernih dan segar. Airnya jernih sehingga Anda bisa melihat dasar kolam dengan sangat jelas. Lantai kolam yang terbentuk dari bebatuan gunung yang besar membuat pemandangan kolam hingga sungai menjadi indah.

Tentu saja Anda harus berhati-hati karena banyak lumut dan juga licin. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan batu yang tajam. Karena bebatuan di kawasan air terjun Bidadari halus dan tidak pecah juga. Batu-batunya juga cukup besar dan bisa dijadikan objek foto yang bagus.

3. Jelajahi daerah tersebut

Ada 6 air terjun di sekitar kawasan ini yang masih satu di kawasan air terjun Bidadari. Anda dapat menavigasi ke 6 lokasi berbeda karena masih dalam satu jalur dan lokasinya cukup berdekatan. Tentu saja Anda dapat menikmati hal-hal yang berbeda. Dari perjalanan menuju kawasan air terjun.

Perjalanan menuju air terjun ini tidak terlalu mudah. Meski sudah menggunakan pemandu wisata sebagai pemandu, Anda tetap membutuhkan stamina ekstra dan adrenalin yang tinggi karena jalurnya panjang, menanjak, dan juga berkelok-kelok. Perjalanan seperti ini tentu sangat menarik jika Anda menyukai aktivitas gunung yang ekstrim.

Fasilitas Air Terjun Bidadari Lahat

Fasilitas Air Terjun Bidadari LahatSumber gambar: Facebook Yophi Tatitut

Karena lokasi air terjun yang masuk cukup dalam, Anda tidak akan menemukan fasilitas lengkap di area air terjun. Namun, di dekat tempat parkir Anda akan menemukan beberapa fasilitas seperti mushola, toilet dan juga kamar mandi.

Tentunya setelah membaca informasi tentang Air Terjun Bidadari di Kabupaten Lahat, persiapan liburan Anda akan lebih tertata. Anda harus membawa berbagai perlengkapan pribadi seperti obat-obatan, kotak P3K, air minum, dll agar perjalanan Anda di kawasan air terjun tetap menyenangkan dan aman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button