Berita Wisata

Nggak bisa, ini dia 5 tempat wisata unik yang hanya ada di Indonesia : Okezone Travel

PALING SEDIKIT ada 5 tempat wisata unik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Bumi Nusantara memiliki beragam tradisi, budaya, dan tempat wisata.

Lantas, tempat wisata apa saja yang hanya bisa ditemukan di Indonesia? Cari tahu penjelasannya.

1. Pulau Samosir

Pulau Samosir berada di tengah Danau Toba. Samosir tidak hanya menawarkan keindahannya, tetapi juga berbagai budaya eksotis. Di sini wisatawan akan menemukan budaya asli Batak.

Pulau Samosir sendiri merupakan pulau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba sekitar 73.000 hingga 75.000 tahun yang lalu. Keindahan tempat ini semakin bertambah dengan indahnya bukit-bukit yang mengelilingi pulau.

Menggambar

Pulau Samosir

2. Kawah Ijen, Banyuwangi

Orang Jawa Timur mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata terkenal ini. Kawah Ijen yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki pesona yang luar biasa dan sering masuk dalam daftar gunung terindah di dunia.

Kawah Ijen memiliki fenomena blue light atau api biru yang bisa dilihat wisatawan pada dini hari. Cahaya biru ini adalah salah satu dari dua di dunia.

Memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut dengan jalur pendakian yang mudah, Kawah Ijen kerap menjadi tujuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

3. Danau Ubur-ubur, Pulau Kakaban

Apakah Anda suka berenang dengan hewan air? Coba kunjungi Jellyfish Lake. Danau ini terletak di Kalimantan Timur tepatnya bagian dari Kepulauan Derawan, Pulau Kakaban.

Bukan hanya pemandangannya yang sangat menakjubkan, namun juga berbagai spesies ubur-ubur cantik menjadi daya tarik tersendiri. Danau yang sering dijadikan spot snorkeling ini menjadi habitat ribuan ubur-ubur mini yang tidak menyengat.

Ubur-ubur diketahui ada empat jenis, yaitu ubur-ubur bulan Aurelia aurita, ubur-ubur totol Mastigias cf Papua, ubur-ubur kotak Tripedalia cystophora dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata.

4. Danau Tiga Warna Kelimutu, Pulau Flores

Saat berkunjung ke Pulau Flores, Danau Kelimutu mungkin menjadi tempat wisata pertama yang dikunjungi. Danau ini terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang berada di pulau Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Danau yang dikenal dengan danau tiga warna ini memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Menariknya, warna ketiga danau tersebut bisa berubah seiring waktu.

Bukan tanpa sebab, perubahan warna Danau Kelimutu secara acak disebabkan oleh proses geokimia di dasar danau yang menghasilkan bahan kimia tertentu di dalam airnya.

Menggambar

5. Pulau Komodo

Juga di Nusa Tenggara Timur, pulau ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986. Pulau yang hanya ada di Indonesia ini kerap menjadi tujuan wisata.

Penetapan Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai Warisan Dunia bukan tanpa alasan. Bagaimana tidak, keberadaan komodo hanya bisa ditemukan di tempat ini.

Pulau Komodo merupakan habitat asli biawak purba yang masih hidup dengan ukuran mencapai 2-3 meter.

Komodo merupakan satwa endemik di Taman Nasional Komodo di Indonesia. Pulau ini juga masuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia pada tahun 2013 dengan populasi 2.897 ekor komodo hingga tahun 2018. (kotor)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button