Tempat Wisata

Eksotisme Pantai Pasir Hitam Wisata PANTAI MIRIT Desember 2022

Harga Tiket Pantai Mirit : GratisJam Buka : 24 JamNo. Telepon : -Alamat : Miritpetikusan, Mirit, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, –

Pantai Mirit Kebumen Memang tidak seperti pantai-pantai lain yang menawarkan pantai berpasir putih yang memukau. Pasir di pantai ini berwarna abu-abu kehitaman. Memang sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan, namun pemandangan di sekitar pantai tidak kalah indahnya.

Area sekitar pantai terasa rindang dengan pepohonan dan banyak tanaman hijau. Ditambah lagi dengan makhluk laut yang menghuni kawasan berpasir. Seperti kerang putih, kepiting dan semut singa.

Biaya masuk ke Pantai Mirit

Liburan di Pantai Mirit tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Pengunjung dapat dengan bebas masuk dan keluar kawasan wisata tanpa membayar tiket. Artinya, semua keindahan pantai bisa dinikmati secara gratis

Biaya masuk ke Pantai Mirit
tiket masuk Gratis

Baca: Pantai Surumanis Kebumen: Tiket & Atraksi

Jam buka Pantai Mirit

Kawasan wisata Pantai Mirit selalu buka setiap hari. Pengunjung bisa datang kapan saja karena kawasan pantai selalu buka 24 jam.

jam buka
Setiap hari 24 jam

Kegiatan wisata di pantai Mirit

Kabupaten Kebumen memang terkenal dengan wisata pantainya yang eksotik. Salah satunya adalah Pantai Mirit yang kondisi alamnya dipenuhi pepohonan hijau. Meski terbilang destinasi baru, keseruannya tak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Berikut berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung.

Bersantai di pantai

Sekelompok orang bersantai di Pantai Mirit.Kawasan pantai merupakan tempat yang paling cocok untuk bersantai, karena suasananya sangat tenang dan sunyi. Foto: Googlemap/Alena Qania

Pemandangan alam Pantai Mirit di pagi hari sungguh menakjubkan. Pasir hitam membentang di sepanjang pantai. Ditambah lagi dengan birunya laut khas pantai selatan yang memiliki ombak yang cukup liar. Udara di sekitarnya terasa sejuk saat pepohonan hijau tumbuh di sekitar pantai.

Areanya tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk bersantai. Wisatawan bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil merenungi keindahan laut Pantai Mirit. Selain itu, pemerintah telah menyediakan bangunan pondok kayu. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bersantai tanpa takut terkena sinar matahari langsung.

Baca: Tiket PANTAI LUMUT & Aneka Atraksi

Berburu makhluk laut

Kepiting laut di pantai Mirit KebumenWisatawan bisa mencari kepiting untuk mengisi waktu luang di pantai. Foto: Google Maps/Sugiantoro 92

Kondisi alamnya yang masih asli tidak mengherankan bila terdapat berbagai macam biota laut di pesisir pantai. Misalnya remis, kepiting, dan semut singa. Wisatawan biasanya memburu ketiga hewan ini untuk dijadikan aneka olahan makanan. Anda harus ekstra sabar untuk mencarinya, karena sebagian besar bersembunyi di pasir.

Khusus untuk retret laut banyak sekali saat memasuki bulan Juli dan Agustus. Selama ini, kawasan ini akan dipenuhi kupu-kupu laut yang berkeliaran di pesisir pantai. Makhluk laut ini memiliki bentuk tubuh bulat menyerupai telur. Serta berwarna abu-abu kehitaman dan sering hidup di daerah pesisir.

Baca: Tiket Masuk PANTAI SUWUK dan Aneka Wahananya

Bermain ayunan di pantai

Pantai Lumut memiliki wahana ayunan yang bisa dimainkan. Wahana ini merupakan hasil swadaya mahasiswa UGM dalam melaksanakan kegiatan KKN di sana. Hampir seluruh badan ayun terbuat dari kayu. Mulai dari penyangga hingga kursi ayun.

Menariknya, posisi ayunan tersebut mengarah langsung ke laut lepas. Pengunjung juga bisa bermain sambil menikmati deburan ombak yang tak ada habisnya. Selain itu, Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang laut biru yang indah. Beruntung ada 2 ayunan yang tersedia sehingga Anda tidak perlu mengantri terlalu lama untuk mencobanya.

Baca: Ganti Tiket Masuk dan Tempat Wisata di Pantai

Melihat panorama matahari terbenam di sore hari

Pemandangan panorama matahari terbenam di Pantai Mirit.Pesona matahari terbenam yang menakjubkan dengan sinar matahari keemasan. Foto: Googlemap/Mughista

Hampir sama dengan pantai lainnya di Kabupaten Kebumen. Pantai Mirit juga menawarkan sunset yang tak kalah indahnya. Sudah sore hari, wisatawan biasanya bersiap menunggu kemunculannya di pantai. Tujuannya tak lain adalah ingin mengabadikannya dengan kamera ponsel.

Dari jauh pengunjung melihat pergerakan matahari yang perlahan meninggalkan persinggahannya. Daya tariknya sendiri terletak pada cahaya kekuningan yang memenuhi seluruh langit pantai. Dengan perpaduan warna abu-abu dan orange. Keduanya menghasilkan gradasi warna layaknya sebuah lukisan yang sangat indah.

Baca: Wisata Bujet Kebumen Town Square

belajar membuat garam

Produksi garam dengan teknik terowongan di Kampung Garam Pantai Mirit.Wisata edukasi berupa Kampung Garam, sentra industri garam dengan teknologi terowongan. Foto: Googlemap/Cermin Hitam

Kawasan Pantai Mirit dikenal dengan Kampung Garam. Sebuah perusahaan kecil yang didirikan pada tahun 2019 oleh Kelompok Usaha Garam Rakyat Jagad Kidul. Kawasan ini tidak hanya menjadi pusat industri tetapi juga dijadikan sebagai wisata edukasi. Di sini pengelola mengajak pengunjung untuk belajar bagaimana garam dibuat menggunakan teknik terowongan.

Petani tradisional biasanya mengalirkan air laut ke benteng tambak garam. Lain halnya dengan teknologi terowongan gunakan petak sementara dengan wadah penyimpanan tambahan. Kemudian prosesnya dibantu dengan geo-insulator dan penutup plastik yang bentuknya seperti terowongan. Berlibur di Kampung Garam, wisatawan tidak perlu membayar apapun.

Fasilitas Pantai Mirit

Meski relatif baru, fasilitas umum sudah memadai. Pantai Mirit memiliki tempat parkir yang luas untuk sepeda motor atau mobil. Selain itu, ada juga toilet bersih dan tempat bersantai seperti gubuk kayu. Jika lapar, tersedia beberapa warung kecil di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Mirit

Pantai Mirit terletak di Miritpetikusan, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari New Yogyakarta International Airport (YIA), dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan jika berangkat dari pusat Kota Kebumen akan memakan waktu sekitar 40 menit. Dengan jarak sekitar 25 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button