Berita Wisata

Piamari ditargetkan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan di Pangandaran

Piamari di Pangandaran akan dibuka pada pertengahan Desember 2022

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Balai Penelitian Akuarium dan Kelautan Terpadu Pangandaran (Piamari) di Kabupaten Pangandaran akan segera dibuka. Rencananya tempat tersebut akan dijadikan sebagai pusat studi kelautan dan perikanan akan dibuka untuk umum pada pertengahan Desember 2022.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Piamari akan mulai beroperasi pada 17 Desember 2022. Operasional Piamari akan berada di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Kalau KKP bekerja sama dengan pihak ketiga, saya belum tahu,” ujarnya. Republika.co.id, Jumat (2/12/2022).

Menurut Jeje, pengoperasian Piamari akan menambah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran. Kawasan yang terkenal dengan wisata alam laut dan pantainya ini akan memiliki akuarium besar yang dapat menjadi tempat wisata edukasi untuk mempelajari berbagai jenis ikan. “Ini Baik jarang kemana-mana, tentu akan menjadi sesuatu yang menjadi daya tarik tersendiri, berbeda dari yang lain. Jadi masyarakat yang datang ke Pangandaran tidak hanya bisa mengunjungi pantai, danau, sungai dan wisata alam lainnya, tapi juga Piamari,” ujarnya.

Ditambahkannya, Piamari juga berada di kawasan Pantai Pangandaran. Di depan Piamari, menurutnya ada pantai indah yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Dengan adanya Piamari diharapkan banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai hanya untuk menikmati pemandangan. Karena di pantai ini wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang.

Meski akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, Jeje meyakini masih ada sejumlah perbaikan akses jalan di Piamari. Pemerintah Kabupaten Pangandaran (Pemkab) hingga kini belum berani melakukan perbaikan, karena akses jalan tersebut merupakan aset KKP. “Ini Baik Aset KKP, kami tidak berani membangun jalan di atas aset orang lain. Kami juga memiliki banyak kekuatan yang perlu ditangani. Nanti saya akan Membahas dengan KKP untuk perbaikan,” ujarnya.

Sebelumnya, KKP berencana untuk melaksanakan peluncuran lunak operasional Piamari yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran pada akhir tahun ini. Setelah selesai peluncuran lunak, konon wisatawan bisa berkunjung ke Piamari Pangandaran.

Kepala Subbagian Umum (Kasubbag) Balai Penyuluhan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Tegal, Yuda Adyatama Firmansyah mengatakan: peluncuran lunak Piamari Pangandaran rencananya akan digelar pada 17 Desember 2022. Pemilihan waktu menjelang akhir tahun direncanakan agar wisatawan yang datang saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) bisa mengunjungi Piamari secara bersamaan. “Memang untuk mengejar momen Nataru, agar bisa dikenal dulu. Tanggal 17 sudah bisa dikunjungi wisatawan. Mudah-mudahan sesuai jadwal,” katanya saat dihubungi. Republika.co.id, Rabu (30/11/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button