Berita Wisata

Bupati Mabar tekankan pentingnya sinergi UMKM dan BUMDes – ANTARA News Kupang, NTT – ANTARA News NTT

Labuan Bajo (ANTARA) – Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menyoroti pentingnya sinergi dan kolaborasi antara UMKM dan Badan Usaha Desa (BUMDes) di desa wisata di kawasan Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Pengelola desa wisata atau kelompok penjangkauan wisata yang ada dapat memaksimalkan potensi UMKM kemudian bersinergi dengan BUMDes agar dapat dipasarkan,” kata Bupati Edistasius Endi di Labuan Bajo, Jumat (12/02/2022).

Bupati yang biasa disapa Edi Endi ini mengatakan, desa wisata tidak hanya menawarkan paket wisata alam atau budaya, tetapi juga berbagai produk UMKM yang merupakan kerajinan khas daerah. Potensi UMKM yang ada dapat dimanfaatkan untuk dipasarkan oleh BUMDes jika ada kerjasama antara keduanya.

Bupati mengatakan, BUMDes yang dibina di desa wisata bisa mempromosikan hasil usaha atau produk UMKM. Berkat pemasaran ini BUMDes desa wisata juga bisa berkembang. Lebih dari itu, sinergi antara UMKM dan BUMDes dapat memperkuat rantai pasok lokal dan meningkatkan kekuatan ekonomi desa.

“Ekonomi desa bisa tumbuh lebih cepat, terkendali dan menguntungkan warga desa itu sendiri,” ujar Edi Endi.

BUMDes di wilayah Manggarai Barat kesulitan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjual produk pedesaan.

Sementara itu, Melkior Nurdin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pelayanan Desa Kabupaten Manggarai Barat mengatakan, para pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan produknya secara eksternal dapat menggunakan BUMDes sebagai tempat pemasaran. Nantinya, BUMDes akan berupaya mengamankan pasar bagi UMKM pedesaan.

Diakuinya, sebagian UMKM di desa masih kesulitan memasarkan produknya karena keterbatasan sumber daya dan akses teknologi yang minim. Oleh karena itu, sinergi antara UMKM dan BUMDes dapat menjadi solusi untuk mempermudah pemasaran hasil desa.

“Kalau kelompok UMKM bersinergi dengan BUMDes dalam pemasaran, dipastikan produknya laris manis,” kata Melkior.

Baca juga: BUMDes Nagekeo tingkatkan kinerja ekonomi desa berkat perdagangan mebel

Baca juga: Bupati Masneno dorong BUMDes perkuat ekonomi kerakyatan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button