Berita Wisata

Universitas Pancasila mengembangkan wisata “agroheritage” di Bogor

Jakarta (ANTARA) – Universitas Pancasila (UP) mengembangkan pariwisata warisan agro di Desa Wisata Sawah Lembur, Desa Mulyaharja, Bogor Selatan, Jawa Barat yang penduduknya masih kental menerapkan nilai-nilai budaya Pasundan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Tim Universitas Pancasila Devi Kausar mengatakan di Jakarta, Sabtu, bahwa pihaknya sedang mengembangkan pariwisata warisan agro merupakan bagian dari Skema Dana Pendampingan Kedaireka Kemendikbud dan Ristek yang secara langsung menerapkan wawasan dan pengetahuan di masyarakat.

Program ini juga merupakan bentuk kerjasama dan sinergi kampus dengan mitra bisnis dari dunia industri, sehingga kampus juga menggandeng Indecon – Yayasan Ekowisata Indonesia sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Baca Juga: UP Berikan Wawasan Karir Gen-Z di SMA 2 Bogor

Dikatakannya, tim Universitas Pancasila telah mengembangkan pariwisata dan dosen pendamping serta mahasiswa yang tergabung dari tiga fakultas yaitu Pariwisata, Ekonomi dan Bisnis dan Ilmu Komunikasi, untuk terjun ke sawah tambahan selama 3 bulan terhitung sejak Agustus 2022.

Kehadiran jalur wisata warisan agro di Desa Wisata Sawah Lembur Bogor diharapkan dapat memperkaya pilihan wisata edukasi kearifan lokal Pasundan bagi masyarakat, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku wisata dan membawa nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat. Warga Sawah lembur.

Dengan latar alam yang asri dan asri, serta latar belakang Gunung Salak yang anggun, Kampung Lembur Sawah berhasil menyita perhatian wisatawan yang datang berkunjung.

Baca Juga: UP Sosialisasikan Instrumen Akreditasi Kurikulum Lambemba

Tim Universitas Pancasila memperkuat produk wisata masyarakat di Lembur Sawah dengan mengembangkan jalur wisata tematik warisan agroserta peningkatan kualitas produk kuliner dan strategi komunikasi digital sebagai bagian dari ekosistem pendukung pariwisata.

Rencana perjalanan warisan agro dilengkapi dengan narasi nilai dan kearifan lokal Pasundan untuk menghadirkan pengalaman berwisata yang lebih optimal dan mendidik.

Hasil pembangunan disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan perjalanan keluarga akan diadakan di Lahan Sawah Lembur pada tanggal 30 November 2022.

Baca Juga: UP Tawarkan Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Bank Sampah di Jepara

Puluhan warga sekitar, komunitas turis dan pelaku budaya Bogor yang hadir tampak sangat antusias dengan ide untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mereka dengan antusias menempuh jalur wisata tersebut warisan agro yang melewati areal perkebunan, persawahan, rumah-rumah dan situs adat sunda warisan berlokasi di Kampung Lembur Sawah.

“Rute wisatanya variatif dan menyenangkan, cocok untuk wisatawan sembuh enteng bareng keluarga atau teman kantor,” ujar Indah Narasati, salah satu peserta yang hadir.

Riri, salah satu warga setempat sekaligus tour operator, menambahkan bahwa sebelumnya mereka telah mengembangkan wisata Sawah Lembur secara swadaya, sehingga ketika Universitas Pancasila datang mendampingi mereka, warga menyambut dengan suka cita dan banyak membantu. .

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button