Berita Wisata

Desa wisata Buluh Duri Sipispis mengalahkan ribuan desa lainnya di Indonesia

Sipispis (waspada)– Wisata arung jeram Bahbolon yang berlokasi di Desa Wisata Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, menyabet 2 hadiah sekaligus dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, di Desa Terfavorit di Indonesia. dan juara II kategori Desa Wisata Digital dan Kreatif. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Buluh Duri Dewi Yanti dalam acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) desa tersebut, di Jakarta, Minggu (30/10/2022) lalu.

gambar 2 arung jeram

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya yang diwakili Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Tambunan, yang menghadiri acara Anugerah Desa Wisata Indonesia di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, menyatakan rasa bangganya atas prestasi yang diraih para wisatawan tersebut. Desa Buluh Duri.
“Tahun 2021, Buluh Duri akan masuk 300 besar. Kemudian pada edisi 2022 berhasil masuk 50 besar nasional, dan kali ini meraih penghargaan dalam 2 kategori yaitu desa wisata paling disukai dan juara 2 desa wisata di dunia. kategori digital dan kreatif. Ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk lebih memperbaiki dan meningkatkan kualitas desa wisata ini,” ujarnya sambil menunjukkan 2 piala ADWI Kemenparekraf.
Adlin juga mengatakan, momen ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Sergai. Dan menurutnya dengan anugerah alam dan potensi yang luar biasa ini, desa Buluh Duri dan arung jeram Bahbolonnya akan semakin baik kedepannya.
“Sebuah kebanggaan bagi kita semua, khususnya masyarakat Sergai atas prestasi ini. Keindahan alam Desa Buluh Duri saat latihan arung jeram patut untuk ditingkatkan,” kata Wakil Bupati.
Tak lupa Adlin Tambunan juga menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf dan jajarannya khususnya seluruh lapisan masyarakat Sergai yang telah mendukung penuh wisata arung jeram Bahbolon di desa Buluh Duri.
“Dukungan masyarakat luar biasa. Tidak kurang dari 140.547 suara yang diberikan oleh Desa Wisata Buluh Duri sehingga menjadi favorit dalam ajang ADWI 2022. Semoga menjadi harapan baru bagi kita semua untuk kemajuan sektor pariwisata di Sergai kedepannya, sehingga visi Maju: Mandiri, Sejahtera dan Religius, akhirnya bisa terwujud,” ujarnya.

gambar 3 arung jeram

Memperbaiki infrastruktur

Sebagai bentuk nyata dukungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai terhadap pengembangan pariwisata di kabupaten ini, Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai terus membangun infrastruktur tempat wisata. Salah satunya adalah akses jalan menuju titik start rafting Bahbolon di Desa Bartong, Kecamatan Sipispis.
Kepala Desa Bartong, Heriandi Damanik, mengungkapkan, pembangunan itu dilakukan sebagai wujud nyata Pemerintah Kabupaten Sergai mendukung pariwisata di negeri asal dukun itu.
“Kami menunggu pembangunan akses jalan ini, karena saat wisatawan datang untuk menikmati arung jeram kami, ini adalah titik awal akses,” kata Heraliandi.
Konstruksi akan berlangsung sekitar 1 kilometer, dimana 460 meter akan berupa aspal dan sisanya beton.
“Dengan dilaksanakannya pembangunan ini, kami yakin akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan arung jeram,” imbuhnya.
Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Camat Serdang Bedagai yang telah memberikan perhatian kepada desanya.
“Atas nama warga Desa Bartong, saya mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati atas perhatiannya. Dengan kepedulian ini, desa kami bisa merasakan manfaat dari pembangunan jalan akses ini,” ujarnya.

foto 4 skala arung jeram

Sementara itu, Kepala PUPR Serdang Bedagai Johan Sinaga mengungkapkan, pembangunan infrastruktur jalan menuju titik awal rafting bah bolon di Desa Bartong ini sejalan dengan program kerja pemerintah Kabupaten Sergai yang biasa dikenal dengan Sapta Dambaan.
“Kami bersama Pak Bupati Darma Wijaya berkomitmen untuk fokus pada pembangunan infrastruktur jalan khususnya di tempat-tempat wisata, diharapkan dengan adanya pembangunan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Bartong Kecamatan Sipispis seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan meningkat,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button