Tempat Wisata

√ Pemandian air panas terkenal di Jawa

Jika Anda lelah berwisata ke pantai atau pegunungan, saatnya mencoba wisata yang dapat merilekskan tubuh yaitu wisata wisata pemandian air panas.

Berendam di air panas akan mengembalikan bentuk tubuh dan terbebas dari penyakit kulit. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pemandian air panasterutama di pulau jawa.

Banyaknya gunung di pulau jawa membuat tempat pemandian air panas yang bisa dijadikan tempat wisata keluarga. Mari kita lihat beberapa Wisata pemandian air panas di Jawa pengikut.

12 Pemandian Air Panas Efektif di Pulau Jawa

1. Pemandian Air Panas Padusan Pacet Mojokerto

Pemandian Air Panas Padusan Pacet Mojokerto

Salah satu sumber air panas di Jawa yang menjadi tujuan wisata adalah Air Panas Padusan. Padusan Tourism terletak di Pacet, Mojokerto atau dua jam perjalanan dari kota Surabaya.

Ada 5 kolam dengan tingkat panas berbeda, dari hangat hingga panas.

Selain kolam padusan juga terdapat kolam pemandian, wisata berpemandu keluar dan rubah terbang. Biaya masuk untuk wisata Padusan, yaitu Rp 12.500 per orang.

2. Pemandian Air Panas Cangar Batu

Pemandian air panas Cangar-Batu

Wisata pemandian air panas di Jawa yang kedua di kaki Gunung Welirang, lebih tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Ada juga kolam dengan tingkat kepanasan yang berbeda-beda, mulai dari hangat hingga agak panas hingga panas. Air panas di sini mengandung belerang yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati hangatnya pemandian, tetapi juga menikmati pemandangan pegunungan hijau dan menjelajahi gua-gua peninggalan Jepang. Harga tiket wisata Cangar adalah Rp 5.500 per orang.

Mendengar dan membaca: Tempat wisata di Malang

3. Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian Air Panas Ciater-Subang

Berikutnya adalah pemandian air panas di Ciater. Wisata pemandian di Ciater ini berlokasi di Resor Dataran Tinggi Ciater.

Tepat di kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepat di Jl. Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Lokasi wisata Pemandian Ciater hanya berjarak 7 km dari tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu atau 15 menit berkendara. Selain mandi, ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, termasuk bersepeda, berenang, memancing, golf mini, bola voli, tenis, bola basket, menunggang kuda, karting, dan arung jeram.

Harga tiket Ciater untuk wisatawan, yaitu Rp 15.000 – Rp 20.000 Setiap orang.

Mendengar dan membaca: Tempat wisata di Subang

4. Pemandian Air Panas Tiris Probolinggo

Pemandian Air Panas Tiris Probolinggo

Satu lagi wisata alam sumber air panas di Jawa Timur yaitu Tiris tepatnya berada di kabupaten Probolinggo.

Pemandian di Tiris tidak jauh dari Danau Ranu Segaran. Konon air panas yang dihasilkan berasal dari Gunung Bromo yang suhunya bisa mencapai 40 derajat Celcius.

5. Pemandian Air Panas Baturaden Purwokerto

Pemandian Air Panas-Baturaden-Purwokerto

Pemandian di Jawa di Puwokerto adalah sumber air panas Baturaden. Wisata pantai di Baturaden berada di selatan Gunung Slamet.

Karena letaknya yang berada di daerah pegunungan, memberikan udara sejuk di sekitar tempat wisata.

Terdapat dua pemandian air panas di sini, yaitu Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Disebut Pancuran Pitu karena air yang keluar melewati tujuh Pancuran sedangkan Pancuran Telu melewati tiga Pancuran.

Suhu air panas di Pancuran Telu bisa mencapai 60-70 derajat Celcius. Biaya masuk untuk mandi Telu adalah Rp 10.000 per orang.

Mendengar dan membaca: Desa Purwokerto

6. Pemandian Air Panas Guci Tegal

Pemandian Air Panas Tegal-Guci

Wisata sumber air panas Guci terletak di desa Guci, Bumiyawa, Tegal. Air hangat yang dihasilkan di pemandian ini juga berasal dari Gunung Slamet.

Di area mandi Guci Tegal Terdapat 3 pancuran yaitu pancuran 13, pancuran 7, pancuran 5 dan 10 air terjun dan mata air.

Fasilitas di sini juga cukup lengkap, mulai dari penginapan, wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang hingga perkemahan mahasiswa. Biaya masuk untuk masuk ke Pemandian Guci adalah Rp5.000Rp7.000 Setiap orang.

7. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Parung, Bogor

Pemandian Air Panas Tirta-Sanita-Parung-Bogor

Wisata berenang ini berlokasi di Jl. Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Sumber air panas yang dihasilkan berasal dari pegunungan kapur yang mengandung belerang dan garam alami.

Di sini Anda bisa menemukan batu belerang yang sangat besar dan berwarna putih, ada juga gunung kapur yang diselimuti oleh endapan kapur berwarna putih seperti salju di atasnya.

Biaya masuk Tirta Sanita Tour adalah Rp 12.000 per orang (hari libur) dan Rp 10.000 per orang (hari biasa).

Mendengar dan membaca: Taman Safari Bogor

8. Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor

Pemandian Air Panas-Gunung-Pancar-Bogor

Pemandian Air Panas Gunung Pancar sama dengan Pemandian Tirta Sanita, keduanya berlokasi di Bogor tepatnya di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.

Mata air di sini dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit kulit karena mengandung kadar mineral 100,8 dan kalsium 70,3.

Selain itu, di sini kamu bisa mencoba masker lumpur mineral yang khasiatnya bisa mengatasi jerawat dan mengangkat kulit mati. Biaya masuk Wisata Gunung Pancar adalah Rp 10.000 per orang.

Mendengar dan membaca: taman surya Bogor

9. Pemandian Air Panas Pura Umbul Magelang

Pemandian Air Panas Pura Umbul Magelang

Pemandian air panas Pura Umbul Serat akan menjadi sejarah. Konon pada zaman dahulu para istri raja Mataram mandi di pemandian ini, dan kompleks candi Umbul juga terletak disini.

Terdapat dua kolam besar di pemandian Pura Umbul, satu dengan air dingin dan satu lagi dengan air panas.

Para wisatawan yang datang ke wisata ini memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang sekedar terapi di pemandian, ada yang ziarah dan ada yang keduanya.

Baca juga: Tempat Wisata di Magelang

10. Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi

Pemandian Air Panas Cisolok-Sukabumi

Pemandian air panas Cisolok terletak di daerah Sukabumi, Jawa Barat atau sekitar 10 km dari pantai Pelabuhan Ratu.

Pemandian Tirta Cisolok ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pemandian air panas lainnya dimana air panasnya mengeluarkan gelembung dari bebatuan.

Ada tiga sumber air panas yang suhunya mencapai 80 derajat Celcius. Pengunjung disarankan untuk tidak mendekati ketiga titik tersebut karena dapat membahayakan keselamatan pengunjung.

11. Pemandian Air Panas Kendal Gonoharjo

Pemandian Air Panas Gonoharjo Kendal

Pemandian Air Panas Gonoharjo terletak di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Pemandian Gonoharjo juga dilengkapi dengan kolam renang, kolam ikan, taman bunga, keluar dan kebun binatang mini.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandian air panas, namun juga dapat mengunjungi Air Terjun Gonoharjo yang letaknya tidak jauh dari pemandian air panas karena masih berada di tempat yang sama.

Penduduk setempat menyebut wisata air panas dan Air Terjun Gonoharjo “nglimut”.

12. Pemandian Air Panas Gedong Songo

Pemandian Air Panas Gedong Songo

Pemandian Air Panas Gedong Songo terletak di kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Pemandian Air Panas Gedong Songo berada di area tersebut Wisata bandungKabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pemandian ini dilengkapi dengan kolam yang menampung air panas dari mata air yang terletak di sekitar 3 Candi Gedong Songo. Air ditampung di kolam dan sebagian disimpan di bak mandi, yang bisa digunakan untuk mandi.

Saat anda berkunjung ke pemandian air panas di Gedong Songo, anda juga bisa menikmati pemandangan alam dan wisata yang sejuk dan asri Ayana Gedong Songo.

Biaya masuk ke kawasan wisata Gedong Songo adalah Rp Rp 10.000 per orang pada hari kerja dan Rp 20.000 orang berlibur. Anda akan dikenakan biaya lagi untuk memasuki pemandian air panas Rp5.000 per orang.

Anda bisa mengelilingi Candi Gedong Songo dengan menaiki kuda murah Rp 100.000. Hal ini tidak akan membuat Anda lelah dan penat saat menjelajahi tempat wisata Gedong Songo.

Baca juga: Tempat wisata di Semarang

Ini adalah informasi untuk tanggal 12 Pemandian Air Panas di Pulau Jawa. Wisata pemandian ini bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Karena biasanya di sekitar tempat wisata pemandian air panas banyak terdapat permainan untuk anak-anak dan penginapan untuk keluarga. Dan juga letaknya yang berada di pegunungan membuatnya semakin asri dan sejuk sambil menikmati wisata alam pegunungan sekitar.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button