Berita Wisata

Rehabilitasi Ekosistem Pesisir dan Pesisir, Pabrik Paiton Energy & POMI Ribuan Tanaman di Situbondo

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO – PT Paiton Energy dan POMI terlibat aktif menjadi bagian dari solusi upaya penghijauan bumi.

Upaya ini diwujudkan melalui kegiatan penanaman pohon di Kabupaten Situbondo.

Dalam upaya menjaga ekosistem pesisir dan lingkungan pesisir serta memitigasi perubahan iklim, Paiton Energy dan POMI telah menanam ribuan bibit tanaman di Blok Jeding, RPTN Labuhan Merak, Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, 26 November 2022.

Baca Juga: Investasi Paiton Energy dalam Pelestarian Bumi Melalui CSR Hasilkan Top CSR Awards 2022

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi seluas 29.739 hektar yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kawasan ini memiliki berbagai tipe ekosistem mulai dari ekosistem laut, pesisir, savana, hutan dataran rendah hingga pegunungan.

Zona perairan (laut) seluas 3.441,45 hektar di kawasan Taman Nasional Baluran merupakan aset yang telah lama diandalkan oleh penduduk desa Merak dan desa sekitarnya untuk memperoleh ikan dan makanan hasil laut lainnya.

Melalui kegiatan ini ditanam 1.600 bibit yang terdiri dari jenis mangrove, ketapang, kepuh, kanji dan asam jawa. Kegiatan ini juga sejalan dengan tujuan memperingati Hari Menanam Pohon di Indonesia setiap tanggal 28 November.

Kegiatan penanaman 1.600 bibit pohon di Blok Jeding, Labuhan Merak RPTN, Taman Nasional Baluran ini merupakan partisipasi dan kerjasama antara Paiton Energy – POMI dengan koperasi Wana Baluran Merak Jaya (Waban Raja) yang beranggotakan warga desa Merak dan karyawan PT. Balai Taman Nasional Baluran.

Chief Financial Officer Paiton Energy Bayu Widyanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan program mitigasi lingkungan dan perubahan iklim perusahaan.

“Perusahaan menyambut baik kepedulian warga Desa Merak terhadap kelestarian ekosistem pesisir yang harus dijaga dan dilestarikan,” kata Bayu.

Kepala SPTN Karangtekok Wilayah II, Lukman Hidayat yang mewakili Kepala Balai TN Baluran mengatakan, tujuan kegiatan penanaman ini adalah untuk melindungi dan melestarikan pantai Labuhan Merak di Taman Nasional Baluran, serta meningkatkan peran serta masyarakat. Masyarakat Desa Merak dalam upaya melestarikan ekosistem pesisir di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

“Tentunya diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan budaya cinta lingkungan sejak dini di kalangan masyarakat Kampung Merak,” kata Lukman.

Kepala Dusun Merak Nur Rohman mengatakan, sebagai individu yang telah lama menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Baluran, warga Desa Merak juga prihatin dengan degradasi hutan mangrove di kawasan taman nasional ini, terutama di sekitar tempat tinggal warga.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian Paiton Energy – POMI melalui program CSR-nya dan Balai Taman Nasional Baluran dalam upaya melestarikan ekosistem pesisir desa Merak,” kata Nur Rohman.

Kegiatan penanaman juga melibatkan 70 peserta dari instansi: Balai Taman Nasional Baluran, Dinas Lingkungan Hidup Situbondo, Pemerintah Kabupaten Banyuputih, Pemerintah Desa Sumberwaru, siswa SDN 01 Sumberwaru Afiliasi Merak dan siswa PAUD dari Kelompok Belajar Merak.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button