Berita Wisata

Hadir di FBLE, Ini Jawaban Zulkifli Indra – Cakaplah

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Membangun semangat, persatuan dan persaudaraan, dapat dicapai dengan berbagai cara. Begitu juga dengan perkembangan nilai-nilai budaya yang ada di daerah tersebut.

Hal inilah yang menjadi dasar berdirinya Festival Budaya Antaretnis (FBLE). Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Camat Tanjung Melawan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau ini menampilkan budaya dan kesenian etnik yang ada.

“Kegiatan ini sangat penting untuk pengembangan dan pelestarian seni budaya. Sehingga bisa menjadi warisan bagi generasi muda. Saya sangat senang bisa menikmati seni budaya ini bersama masyarakat”, Anggota Riau DPRD daerah pemilihan Rokan Hilir (Rohil), Zulkifli Indra SH kepada wartawan, Sabtu (3/12/2022).

Politisi Partai Demokrat itu juga mengatakan festival budaya antaretnik ini juga bertujuan untuk membangkitkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya di Riau, khususnya di Kabupaten Rohil.

“Harapan saya yang besar, festival ini dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai budaya sendiri daripada budaya asing,” ujarnya.

Wakil Presiden Komisi III DPRD Riau menjelaskan dengan adanya festival ini nantinya juga dapat berdampak pada sektor lain seperti pariwisata, serta dapat meningkatkan kecintaan terhadap seni dan budaya daerah. .

Menurutnya, warisan budaya masing-masing suku, seperti tarian, harus dilestarikan. Jika tidak dilestarikan, maka akan hilang atau padam. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi generasi muda untuk menikmati budaya dan kesenian tradisional daerah.

Dalam festival antaretnis ini, berbagai pertunjukan budaya ditampilkan. Diantaranya penampilan musik dan nyanyian oleh grup Senandung Rokan Bagansiapiapi, Rokan Hilir. Pertunjukan musik dan tari oleh Sanggar Sirih Bagansiapiapi Rokan Hilir.

Ada juga penampilan musik dan lagu dari komunitas Mandailing Tapsel Batak, kecamatan Rimba Melintang Rokan Hilir. Juga penampilan Zapin Bagan oleh Sanggar Sinar Rokan Bagan, Siapiapi Rokan Hilir, Reog Ponorogo oleh Komunitas Keluarga Jawa, Kecamatan Bagan Sinembah, Balai Jaya Rokan Hilir.

Pertunjukan tari dan musik oleh sanggar Sri Kemuning Bagansiapiapi Rokan Hilir. Pementasan musik dan lagu koleksi candi Mahligai di kota Dumai.

Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silahkan menghubungi melalui email: [email protected]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button