Tempat Wisata

Rute, fasilitas & harga tiket

Pantai Klayar merupakan salah satu objek wisata pantai di kota pacitan jawa timur. Walaupun mungkin tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya di masa lalu, namun setelah itu Perayaanmiliknya kecenderungan Nah, jika kamu membagikan foto-foto tempat wisata di media sosial, Pantai Klayar semakin terkenal dan mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Terutama setelah administrasimenangani Pantai ini semakin lama semakin baik oleh pemerintah setempat dan bertujuan untuk menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur.

Nah, buat kamu yang sudah merencanakan liburan ke pantai ini, baca dulu ulasan lengkapnya tur yang bagus mengenai Pantai Klayar Pacitan berikut ini.

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar semakin memikat

Pembahasan kota Pacitan dari segi kepemilikan daya tarik wisata hanya terfokus pada dua objek wisata yang sudah lama dikenal, yaitu Goa Gong dan Goa Tabuhan.

Saking populernya gua-gua tersebut, keduanya bahkan – konon – disebut sebagai gua terindah di Asia. Jika Anda belum pernah mengunjungi salah satu atau kedua gua tersebut, maka sebaiknya rencanakan waktu luang untuk berkunjung agar Anda bisa langsung membuktikan betapa indahnya kedua gua tersebut.

Namun di sisi lain, kota Pacitan yang wilayahnya langsung berhadapan dengan Samudera Hindia ini memiliki pantai-pantai yang indah dan eksotik di kawasan pesisirnya. Dalam hal ini, salah satu pantai yang patut dijadikan contoh adalah Pantai Klayar.

Ditambah dengan lokasinya yang berada di pesisir selatan, pantai ini akhirnya mewarisi pesona pantai selatan dengan ciri khas pasir pantainya yang putih dan lembut serta ombak yang menantang.

pantai-klayar-pacitan-2018via instagram/pantaiklayarpacitan

Tapi tentu saja itu belum semuanya Pantai Klayar Menjadi terkenal setelah fotonya dibagikan secara luas di jejaring sosial, ada elemen selain pasir halus atau ombak besar yang membuatnya semakin memikat.

Hal utama yang perlahan menjadi ikon Pantai Klayar adalah karang besar hampir setinggi pohon kelapa yang terletak di sisi timur pantai. Terumbu karang ini sering menjadi tempat berburu bagi wisatawan yang datang ke sini untuk sekadar bersantai sambil mengamati hamparan laut yang indah di Pantai Klayar, atau untuk kesempatan berfoto. instagis.

Meski batu ini tinggi, namun dilengkapi dengan tangga sehingga pengunjung dapat dengan mudah menaikinya.

Kemudian di salah satu sisi pantai juga terdapat batu karang besar yang disebut patung Sphinx. Dinamakan patung Sphinx karena batu (muka batu) ini ada di sana persis seperti patung Sphinx di Mesir. Konon pada saat-saat tertentu dari arah batu karang ini terdengar suara yang mirip dengan suara gamelan, yang terkadang terdengar hingga ke pemukiman penduduk.

Daya tarik lain yang menghiasi Pantai Klayar adalah fenomena yang disebut Seruling Samudera. Fenomena ini memercik pada waktu-waktu tertentu, mis. B. saat air surut, air di balik tebing yang tingginya bisa mencapai 15 meter.

Pantai-Klayar-Jawa-Timurvia instagram/pantaiklayarpacitan

Semburan tersebut tercipta dari lubang kecil di sisi bawah tebing yang jika diterjang ombak besar akan masuk ke dalam air laut yang kemudian disalurkan atau disemburkan ke atas, terkadang disertai dengan suara keras menyerupai suara seruling. Hal inilah yang menjadi dasar penamaan fenomena ini dengan nama suling samudera.

Asal Usul Nama Pantai Klayar

Kata Klayar yang digunakan sebagai nama Pantai Klayar berasal dari cerita masa lalu yang terjadi di pantai ini. Menurut beberapa referensi, setidaknya ada dua alasan kenapa kata klayar akhirnya dipilih sebagai nama.

Pertama, di pantai ini sebelumnya (menurut cerita masyarakat setempat) ada perahu yang terdampar di pantai setelah bergelut dengan ganasnya ombak di tengah lautan.

Kata klayar sebenarnya berasal dari istilah tersebut “mencampur” (dalam bahasa Jawa), yaitu keadaan perahu yang berputar-putar saat dihantam gelombang laut sebelum akhirnya terdampar di darat. Jadi dulu pantai ini dikenal dengan nama “Pantai Glayar” yang sekarang berubah menjadi Pantai Klayar.

harga tiket masuk pantai klayarvia instagram/pantaiklayarpacitan

Kedua, kata klayar merupakan singkatan dari istilah tersebut “Klayar-Kluyur” (dalam bahasa Jawa), artinya berjalan. Oleh karena itu, pantai ini sering dijadikan tempat wisata oleh warga sekitar yang tinggal di sekitar pantai. Wajar jika lama kelamaan masyarakat menggunakan istilah Klayar sebagai nama Pantai Klayar.

Baca juga: Sumber Maron

Lokasi Pantai Klayar

Pantai Klayar bukan di Lamongan, Lokasi Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jika Anda bepergian dari pusat Kota Pacitan, perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Perlu untuk menjadi perhatian dan menjadi peringatan bahwa jalan menuju Pantai Klayar dalam kondisi kurang baik. Selain ukurannya yang sempit, kontur jalan juga menanjak dan berkelok-kelok. Bisa dibilang jalur yang dilalui cukup ekstrim. Oleh karena itu, mohon diperhatikan dengan seksama kondisi kendaraan dan usahakan juga untuk selalu konsentrasi selama berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Anda bisa merujuk pada peta lokasi Pantai Klayar untuk rute menuju Pantai Klayar Peta Google pengikut. Rute diatur dari pusat kota Pacitan ke Pantai Klayar.

Baca juga: Pantai Melasti Bali

Harga tiket masuk pantai Klaya

tiket-masuk-pantai-klayar-pacitanvia instagram/pantaiklayarpacitan

Harga tiket masuk ke Pantai Klajar masih sangat terjangkau, tiket dijual seharga Rp. 5000 per orang dari Senin sampai Jumat. Pada hari libur nasional (Sabtu-Minggu), harga tiketnya sedikit lebih mahal yaitu Rp 10.000 per orang.

Ada juga tiket atau biaya parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Tarif parkirnya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Baca juga: Gili Ketapang Probolinggo

Fasilitas Pantai Klayar

Fasilitas Pantai Klayar Sekarang pelan-pelan dilengkapi, yang sebelumnya hanya tersedia tempat parkir, kini Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti paviliun, mushola, rest area selain paviliun, warung makan dan wahana bermain.

Selain itu, akomodasi di sekitar pantai juga mudah ditemukan. Jadi jika ingin menginap, Anda tidak perlu lagi khawatir dan bingung dalam mencari penginapan.

akomodasi-di-pantai-klayar-pacitanvia instagram/pantaiklayarpacitan

Harga sewa penginapan di Pantai Klayar Pacitan juga relatif murah. Anda bisa menginap di hotel dengan fasilitas lengkap dengan harga sewa mulai dari Rp. 350.000 per malam saja.

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata Telaga Sarangan

Jika tidak mampu membayar harga sewa hotel, Anda bisa menginap di penginapan dalam bentuk keluarga tamu yang tersedia dan juga disewakan oleh penduduk sekitar pantai. harga sewa keluarga tamu tentunya akan jauh lebih murah.

Kegiatan wisata di Pantai Klayar

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan di Pantai Klayar Jawa Timur. selain jalan-jalan di pantai yang indah dengan pasir yang lembut seperti di Pantai Clung UpAnda juga bisa berfoto di bukit bebatuan atau di sekitar patung Sphinx.

Di pinggir pantai juga terdapat beberapa warung yang menjual kuliner khas Pacitan dan Jawa Timur, sehingga Anda juga bisa berwisata kuliner di pantai ini. Kemudian, saat hari mulai menjelang sore, Anda bisa menikmati fenomena sunset yang indah dan mempesona dan bisa Anda lihat dengan sangat jelas dari kawasan pantai.

bahaya-pantai-klayar-pacitanvia instagram/pantaiklayarpacitan

Oh ya, harap berhati-hati jika ingin menikmati keindahan Pantai Klayar sambil jalan-jalan di pantai, ombak Pantai Klayar yang besar bisa menjadi bahaya yang nyata jika terlalu dekat dengan pantai. Gunanya untuk mengukur agar jarak Anda dengan tembok pantai tidak terlalu dekat.

Baca juga: Pantai Pandawa Bali

Wisata dekat Pantai Klayar

Jika setelah liburan di Pantai Klayar Pacitan ingin berlibur ke tempat wisata lainnya ada beberapa tempat Tur di dekat Pantai Klaya yang dapat Anda kunjungi. Beberapa di antaranya adalah Pantai Watu Karung, Pantai Sendiki, Goa Gong, Pantai Banyu Tibo, Pantai Srau, Pantai Buyutan, Pantai Kasep dan Pantai Baron Wetan.

Gambar Pantai Clamvia instagram/pantaiklayarpacitan

Masih belum puas? Simak dan baca daftar tempat wisata di Jawa Timur lainnya : Tempat Wisata Alam di Lumajang

Oleh karena itu penilaian dari Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. Jika Anda berada di Jawa Timur, pantai yang indah dan eksotis ini tidak boleh Anda lewatkan.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button