Berita Wisata

Instagramable, Kapuas Indah-Senghie Waterfront sebentar lagi selesai

Iklan

PONTIANAK, RUAI.TV – Waterfront Pontianak terus mengalami pembenahan. Saat ini pekerja sedang menyelesaikan pembangunan ruas Pelabuhan Kapuas Indah-Sekhie.

Kawasan ini merupakan bagian dari sempadan sungai di pinggiran Sungai Kapuas di kota Pontianak. Proses pengerjaan sudah mencapai sekitar 90 persen.

Sabtu lalu, akhir pekan lalu, pekerja terlihat menyelesaikan di area tersebut. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kantono mengamati perkembangan tersebut dengan berjalan kaki.

Iklan

Baca juga : Eksploitasi merayap nama-nama pejabat di Pontianak

“Pembangunan waterfront Kapuas Indah-Senghie sudah mencapai 95%. Tinggal finishing dan penanaman pohon, penerangan dan CCTV. Rencananya saya akan meresmikannya pada malam pergantian tahun,” kata Edi.

Ia mengatakan, upacara peresmian Tahun Baru 2023 akan dilakukan dengan konsep sederhana. Karena yang terpenting masyarakat umum tahu bisa menikmati waterfront yang baru selesai dibangun.

“Saya jamin kalau waterfront ini jadi keren. Karena desainnya humanis dan menarik serta teduh di siang hari. Malamnya cerah dengan lampu-lampu di sepanjang waterfront,” ujar Edit.

Baca juga : Masyarakat Bugis di Pontianak memiliki rumah adat

Area waterfront juga akan menampilkan patung jubah tradisional Melayu Pontianak. Mengenakan casserole telok dan baju rajut, dengan latar Masjid Jami sebagai spot foto.

“Saya berharap landscape di tepian Sungai Kapuas ini menjadi salah satu destinasi Instagrammable Pontianak,” kata Edi.

Pengembangan kawasan waterfront merupakan upaya untuk menghilangkan kesan kumuh. Dengan penataan itu, kata Edi, seharusnya tidak ada lagi pedagang yang berjualan di sepanjang promenade atau bermain sepeda listrik atau skuter.

Baca juga : 63 kasus pidana di Ketapang, ini dominan

“Tujuannya agar masyarakat yang ingin menikmati pemandangan atau suasana pinggir sungai lebih leluasa, tenang dan aman saat berjalan di sepanjang promenade, oleh karena itu hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki yang ingin menikmati suasana Sungai Kapuas di tepi air,” jelas Edi. (*/RED)

Iklan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button