Berita Wisata

3 Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Natal dan Tahun Baru

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Kurang dari sebulan lagi, umat Kristiani akan merayakan Natal.

Perayaan Natal ini biasanya identik dengan menghias pohon Natal, bertukar kado, menonton film favorit bersama keluarga, dan berlibur mengunjungi tempat wisata religi.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Sumatera Utara khususnya di kota Medan terdapat berbagai tempat wisata religi yang bisa dijadikan tempat liburan sekaligus untuk menuntut ilmu.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Air Terjun Bonandolok, Tempat Wisata Sumatera Utara dengan Pemandangan Danau Toba

Berikut beberapa tempat wisata religi yang cocok untuk dikunjungi saat Natal:

1. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai VelangkanniGraha Maria Annai Velangkanni (Ahkcyar Giantoro)

Graha Maria Annai Velangkanni adalah sebuah gereja Katolik bergaya Indo-Mughal yang dibuka pada tahun 2005 di kota Medan, tepatnya di Taman Sakura Indah, Jalan Sakura III Nomor 7-10, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan – Kota Medan.

Gereja ini tidak hanya untuk orang Kristen, tetapi juga terbuka untuk umum.

Sebagian besar pengunjung mengagumi bangunan yang menjulang tinggi dengan kubah khas bangunan candi di Tamil India, sehingga pengunjung ingin mengabadikan momen kunjungan religi ini.

2. Salib Cinta Tarutung.

Pengunjung melakukan berbagai aktivitas di Salib Kasih Tatutung selama libur Natal, Rabu (27/12/2017)Pengunjung melakukan berbagai aktivitas di Salib Kasih Tatutung selama libur Natal, Rabu (27/12/2017) (TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA)

Palang Cinta Tarutung merupakan destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi saat Natal dan Tahun Baru tiba.

Karena destinasi ini memiliki sejarah jejak penyebaran agama Kristen di Tanah Batak Sumatera Utara.

Salib cinta ini terletak di kecamatan Siatas Barita, Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat kota Tarutung.

Selain sebagai tempat wisata religi, Salib Cinta juga bisa memberikan pendidikan atas jasa seorang misionaris Kristen asal Jerman, Ingwer Ludwig Nommensen, yang memulai misinya di tanah Batak dan merupakan tempat Ingwer Ludwig Nommensen membenci Rura Silindung.

Baca juga: Taman Pantai Bebas Parapat, Tempat Wisata di Sumatera Utara Cocok untuk Kunjungan Keluarga

3. Taman Wisata Iman

Potret keramaian pengunjung di lokasi Bukit Golgota Taman Wisata Iman Sitinjo, Kabupaten Dairi, Minggu (5/1/2020).  Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi, jumlah wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2019 turun drastis.Potret keramaian pengunjung di lokasi Bukit Golgota Taman Wisata Iman Sitinjo, Kabupaten Dairi, Minggu (5/1/2020). Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dairi, jumlah wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2019 turun drastis. (MEDAN TRIBUN / DOHU LASE)

Taman wisata religi atau disingkat TWI dapat menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan destinasi wisata edukasi dan religi.

Memang kawasan wisata ini tidak hanya memiliki satu tempat ibadah saja, melainkan memiliki enam tempat ibadah dari enam agama resmi Indonesia.

Tak hanya itu, kawasan taman wisata religi ini juga mencakup kawasan pemukiman, wahana wisata alam, sungai alami, dan fasilitas pendukung lainnya. Pembangunan taman wisata Iman Sitinjo diprakarsai oleh Bupati Dairi, Empu Parulian Tumanggor.

(cr10/tribune-medan.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button