Berita Wisata

Bukit Sampalan Asri, tempat wisata di Ciamis yang menawarkan pemandangan alam

www.hoperakyat.com,- Bukit Sampalan Asri (BSA) merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Ciamis. Destinasi wisata ini menawarkan suasana pemandangan alam Gunung Sawal yang indah.

Bukit Sampalan Asri sendiri terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Kalau dari pusat Kota Ciamis, hanya sekitar 45 menit saja.

Tempat wisata di kaki Gunung Sawal ini belum 100% selesai. Namun, masyarakat dapat mengunjungi dengan sumbangan sukarela seperti yang mereka inginkan.

Menurut pelacakan HR Online, objek wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini memiliki pemandangan alam pegunungan yang sangat bagus.

Tak hanya itu, ada beberapa spot selfie sekaligus camping ground. Bahkan, ada tempat nongkrong dan bersantai serta sekedar makan dan minum kopi juga.

Dukungan untuk pengembangan Bukit Sampalan Asri

Sekretaris Pokdarwis Desa Sukamaju Yusef mengatakan pembangunan tempat wisata ini sudah dimulai sejak tahun 2019. Namun karena adanya pandemi Covid-19, hingga saat ini progres wisata ini belum 100%.

Baca juga : Inilah Sumber Saladah, Potensi Baru Wisata Alam di Ciamis

Namun, orang sudah bisa mengunjungi objek wisata ini.

“Jadi tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai atau menenangkan pikiran setelah penat dan penat bekerja seharian,” ujarnya, Senin (12/5/2022).

Sementara itu, Kepala Desa Sukamaju Dede Engkuh sangat mendukung keberadaan objek wisata di Desa Sukamaju yaitu Bukit Sampalan Asri. Salah satu dukungan yang ditawarkan pihaknya adalah dengan mengalokasikan anggaran untuk aksesibilitas jalan.

“Dulu sejak ada inisiatif warga untuk membangun tempat wisata ini, yaitu BSA kami Pemdes Sukamaju, kami mendukung penuh. Kami juga mengalokasikan anggaran untuk akses jalan wisata ke tempat-tempat tersebut,” ujarnya.

Dede pun sangat berharap pembangunan tempat wisata ini bisa mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemkab Ciamis dan juga Kementerian Pariwisata.

“Pada dasarnya kami berharap tempat wisata ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat desa Sukamaju khususnya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Cihaurbeuti Edy Yulianto menambahkan pihaknya sangat berharap desa Sukamaju bisa menjadi salah satu desa wisata. Sehingga nantinya dapat meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Seperti slogan kita Travel to Ciamis Aja, karena wisata di Ciamis tidak kalah menariknya dengan di daerah lain. Di BSA Ciamis pun ada pemandangan alam yang indah,” pungkasnya.(Ferries/R6/HR-Online)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button