Berita Wisata

Pembajakan kapal di lepas pantai Ganding, selamat untuk ABK Indonesia dan Korea Selatan

tanpa judul

Krjogja.com – Pantai Gading – Sejumlah ABK WNI dan 2 ABK Korea Selatan berhasil diselamatkan dari pembajakan Kapal Tanker B-Ocean di perairan wilayah selatan Pantai Gading. Mereka diselamatkan pada 3 Desember 2022.

Diberitakan dalam laman Kemlu RI, Senin (5/12/2022), Jumat 25 November 2022, KBRI Dakar menerima laporan pada 25 November 2022 bahwa Kapal Tanker B-Ocean berbendera Kepulauan Marshall dimana 17 ABK Indonesia dan 2 ABK Korea Selatan kurang kontak di bagian selatan perairan Pantai Gading.

Melalui koordinasi yang erat dengan Kemlu RI, Athan, KBRI Abuja, KBRI Seoul, Konhor RI di Abidjan dan PT Amas (agen ABK di Indonesia) mendapatkan laporan bahwa kapal tanker B-Ocean milik Doorae Shipping Korea Selatan, hilang kontak sejak 24 November 2022 akibat pembajakan kapal.

Para pembajak mengambil semua cadangan minyak B-Ocean dan merusak hampir semua peralatan komunikasi, sehingga menyulitkan awak kapal untuk menghubungi pihak berwenang di darat. Berkat upaya IMO dan kehadiran Angkatan Laut Italia yang menjadi titik terakhir komunikasi B-Ocean Tanker dengan otoritas darat, pada 26 November 2022, Angkatan Laut Italia berhasil menemukan kapal tersebut.

Pada Minggu, 27 November 2022, KBRI Dakar mendapat informasi bahwa pelabuhan Abidjan mengirimkan kapal tunda (tow) untuk menderek kapal B-Ocean ke pelabuhan Abidjan, Pantai Gading dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 hari.

Mendapat informasi tersebut, Duta Besar RI Dindin Wahyudin segera menugaskan Pejabat Konsuler dan Protokol, Dyah Kuncorowati, ke Abidjan untuk bersama dengan Konsul RI di Abidjan, Sylla Darboux, bertemu dan mendampingi ABK WNI di kapal B-Ocean.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button