Berita Wisata

Membangkitkan sektor pariwisata, filosofi Blue Paradise Island diterapkan di Nusa Penida

Di tahun 2022, seluruh destinasi Nusa Penida sudah dipersiapkan secara optimal.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI — Pamor Nusa Penida, kepulauan Klungkung di Bali sedang naik daun. Dengan memiliki pemandangan alam yang indah, terdapat banyak daya tarik bagi wisatawan.

“Slogan Nusa Penida yaitu The Blue Paradise Island kini terus dipertajam sebagai salah satu kawasan wisata Klungkung. Slogan tersebut mengacu pada keindahan alam bawah laut dan keindahan alam yang eksotis. Hanya saja semuanya belum tergarap. Ditata sedemikian rupa sehingga Pemkab Klungkung berencana untuk menata objek wisata secara besar-besaran,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta seperti dikutip dari Antara. Di antaraSelasa (5/12/2022).

Destinasi yang bisa dikunjungi adalah Tanjung Juntil, Pantai Atuh, Pantai Intan, Molenteng, Bukit Teletabis, Pantai Banah/Batu Cincin, Pantai Tembeling, Pantai Kelingking, Pantai Lumangan, Pantai Buaya atau Pantai Pandan, Teluk Armtung, Broken Beach atau Pasih Uug . dan Angel Billabong.

“Tahun 2022, seluruh destinasi Nusa Penida sudah disiapkan secara optimal. Bersama Baperlitbang, Dinas Pariwisata, PUPR, saya turun langsung memantau integrasi sistem Nusa Penida menjadi One Gate One Destination atau Satu Gerbang Satu Destinasi,” ujar Suwirta.

Menurutnya, kegiatan yang harus dilakukan adalah: menyelam. Nusa Penida sangat kaya akan tempat menyelam. Saat menyelam di taman laut, wisatawan bisa berkenalan dengan salah satu spesies laut besar, yaitu ikan pari yang sering disebut manta. Ikan ini dikenal bersahabat dengan para penyelam.

“Tempat menyelam favorit saya adalah Crystal Bay yang memiliki air jernih dan ombak yang tenang. Crystal Bay semakin memikat dengan banyaknya bluegills atau bluegills yang biasanya muncul dari bulan Juli hingga Oktober. Sapa berbagai jenis biota laut seperti penyu, ikan badut dan berbagai spesies lain juga akan menambah pengalaman,” kata Suwirta.

Pemandangan Nusa Penida tidak hanya pantai, karang dan laut, ada juga bukit-bukit yang keren karena pemandangannya yang tidak biasa. Salah satunya adalah Pantai Klingking, yang menempati peringkat kesembilan dalam daftar pantai terbaik Asia versi CNN Travel dan juga dinobatkan sebagai pantai terbaik ke-19 di dunia oleh platform perjalanan Trip Advicer.

“Bila objek wisata di Nusa Penida dikelola dengan baik maka biaya retribusi di pelabuhan tidak perlu lagi, tetapi biaya tiket masuk suatu destinasi akan dikenakan. Nusa Penida dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik di dunia. world for backpackers in 2020 by Hostelworld, platform booking hostel yang berbasis di Dublin, Irlandia. Nusa Penida sudah banyak mendapatkan penghargaan, sehingga harus dikelola secara profesional,” kata Suwirta.

sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button