Berita Wisata

Pangdam Pattimura berharap Bendungan Way Apu menjadi objek wisata unggulan di Maluku

Ambon (ANTARA) – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa berharap proyek strategis nasional Bendungan Way Apu di Kabupaten Pulau Buru, Maluku, menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan. Maluku di masa mendatang.

“Selain sebagai potensi pengendali banjir dan irigasi di Maluku, saya berharap Bendungan Way Apu yang merupakan proyek strategis nasional di Maluku dapat menjadi objek wisata unggulan di masa mendatang”, ujarnya saat meninjau hasil kerja PSN, Senin. . .

Ia didampingi Pimpinan Persit KCK Wilayah XVI/Pattimura Indah Ruruh Setyawibawa dan Komando Korem 151/Binaiya, Brigjen Maulana Ridwan, serta sejumlah pimpinan Kodam XVI/Pattimura berkesempatan melihat berbagai sudut bendungan. , dan berdialog dengan kontraktor pelaksana pekerjaan.

“Banyak manfaat yang akan diperoleh dari pembangunan Bendungan Way Apu seperti potensi objek wisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca juga: Pangdam Pattimura Ajak Forkopimda dan Tokoh Agama Bahas Pencegahan Konflik di Maluku

Menurut mantan Kepala BIN Aceh ini, selain menjadi sumber pengairan persawahan dan mengurangi banjir, bendungan tersebut dapat dijadikan sebagai objek wisata unggulan, apalagi letaknya tidak terlalu jauh dari Namlea, ibu kota Aceh. Kabupaten Buru dan Namrole, ibu kota Kabupaten Buru Selatan.

Pengerjaan Bendungan Way Apu dimulai tahun 2017. Rencananya bendungan ini akan mengairi sawah seluas 10.000 hektar di Pulau Buru dan menghasilkan air baku dengan debit 0,5 m3/detik, serta dapat meredam banjir hingga 557 meter kubik per kedua. .

Bendungan Way Apu merupakan salah satu NSP yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Infrastruktur dengan luas genangan hingga 235,10 hektare itu akan menjadi bendungan multifungsi bagi masyarakat Maluku dan dibangun dengan anggaran Rp 2,33 triliun.

Bendungan ini juga akan menyediakan listrik sebesar 8 megawatt yang mampu menerangi kurang lebih 8.750 rumah, serta tempat wisata baru yang akan menumbuhkan perekonomian daerah.

Baca Juga: Pangdam Pattimura Ajak Wisata Banda Neira

Selain melihat Bendungan Way Apu, dia bersama para pimpinan Kodam XVI/Pattimura juga melihat Kilang Sereh di Namlea. Serai merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. “Saat ini tanaman serai menjadi salah satu tanaman unggulan yang banyak dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomis terutama dalam budidaya dan pengelolaannya,” ujarnya.

Ia telah berada di Kabupaten Buru dan Buru Selatan selama beberapa hari dan akan memberikan jam kepemimpinan di Kodim Namlea 1506/Mabes Komando Namlea serta malam silaturahmi dengan Forkopimda Kabupaten Buru Selatan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pangdam Pattimura berharap Bendungan Way Apu menjadi objek wisata unggulan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button