Tempat Wisata

Pulau Rupat Bengkalis – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Pulau Rupat adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang mempesona Bengkalis. Surga maritim tersembunyi melayani pPemandangan alam dan eksotisme laut menjadi kekuatan seri terutama untuk Wisatawan.

Biaya Tur: Mulai dari Rp100.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: daerah. Bengkalis, Riau; map: Cek lokasi

Selain Papua dan Bali, Provinsi Riau juga memiliki pesona keindahan alam yang tak kalah menarik untuk dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Pulau Rupat Bengkalis merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis. Ini memiliki luas sekitar 1.500 kilometer persegi.

Tempat ini memiliki banyak pesona tersembunyi yang masih asri dan alami. Mulai dari hutan, pantai berpasir putih dan pantai kecil yang masih alami. Ada sebagian masyarakat yang tinggal dan menetap memiliki pekerjaan sebagai nelayan.

Jika Anda sedang merencanakan liburan tidak ada salahnya untuk memasukkan Pulau Rupat sebagai salah satu list yang wajib dikunjungi. Tentunya akan banyak keindahan, keunikan dan hal-hal menarik yang bisa ditemukan dan dinikmati selama liburan Anda.

Pemandangan pulau Rupat

Atraksi Pulau RupatKredit foto: Google Maps Taufik Asmara (bangfiko)

1. Pesona alam

Pesona alam pulau ini tidak perlu diragukan lagi, keindahannya masih terjaga dan alami. Pedesaan di sekitarnya menawarkan suasana yang damai dan tenang, cocok untuk Anda yang mencari tempat untuk menyendiri. Saat malam tiba, langit mengungkapkan keindahannya melalui cahaya bintang dan bulan yang indah berbagi keindahan laut.

2. Pemandangan Laut

Hamparan laut dengan pantai yang mempesona dan panjang menawarkan kesan yang tiada duanya. Warnanya dicat indah dengan sempurna dengan nuansa hijau di tepinya. Bebatuan kecil yang ditumbuhi pepohonan terlihat seperti pulau-pulau yang membelah laut. Tentu ini menjadi keistimewaan lainnya, perahu nelayan juga menghiasi keindahannya.

3. Pasir putih

Seperti tempat wisata bahari lainnya, Pulau Rupat menampilkan keindahan pasir putihnya yang bersih dan luas. Teksturnya lembut, sehingga nyaman digunakan sebagai tempat berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda datang bersama anak-anak, kondisi ini bisa dijadikan media bermain bersama, seperti membangun kunci Pasir.

4. Pohon hijau

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau RupatKredit foto: Google Maps sunan

Hutan membentang di sekitar laut, memberikan sentuhan yang bagus dan sejuk untuk mata. Keberadaannya juga bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan atau bersantai sejenak sambil menikmati luasnya gambaran air laut yang jernih dan indah. Tempat ini biasanya digunakan oleh warga sebagai tempat berjualan atau melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Destinasi pantai

Tahukah Anda ada destinasi pantai yang juga berdekatan yang bisa dijelajahi sekaligus? Keberadaannya juga cukup terkenal, seperti pantai Rhu, Ketapang dan Medang. Tentunya segala keindahan dan hal menarik akan tersaji jika Anda memutuskan untuk mengunjungi dan menikmati setiap sudutnya tanpa melewatkan satu tempat pun.

6. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit

Tentunya bagi Anda yang menyukai alam laut yang eksotis, keajaiban sunset dan sunrise sudah menjadi bagian dari setiap rencana liburan yang telah disiapkan. Di Pulau Rupat Bengkalis Anda bisa mendapatkan semuanya, bahkan dengan tampilan yang lebih bagus. Gambar laut yang mempesona dengan gradasi warna yang harmonis dipadukan dengan cahaya senja dan fajar yang biasa, tentu saja merupakan kombinasi yang bagus untuk dilihat dan diabadikan.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Rupat

Alamat pulau RupatKredit foto: Google Maps sunan

Alamat destinasi wisata ini terletak di salah satu pulau terbesar yang menjadi bagian dari pusat pemerintahan dan pemerintahan Kabupaten Bengkalis, Riau. Berbatasan langsung dengan 2 negara terdekat dengan Indonesia yaitu Singapura dan Malaysia. Sedangkan garis pantainya dibatasi oleh Selat Malaka.

Akses untuk mencapai tempat ini adalah dengan perahu atau perahu sewaan. Karena satu-satunya jalan yang menghubungkannya adalah lautan. Biasanya angkutan laut berlabuh di Wisama Mutiara. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk melewati Pulau Aceh Beting.

Hal terpenting yang harus dipersiapkan sebelum bepergian adalah tubuh yang sehat, bekal dan uang yang cukup, karena sulitnya mencari ATM di sana. Perlu diketahui juga bahwa jadwal keberangkatan feri adalah setiap hari dari pukul 08:00 hingga 09:00. Pada keberangkatan kedua sekitar jam 3 sore.

Pendakian dimulai dari daerah Tanjung Medang hingga Dumai. Dengan jarak tempuh sekitar satu jam lebih melalui jalur laut. Biaya yang harus disiapkan dan dibayarkan per orang sekitar Rp 100.000.

Biaya Perjalanan ke Pulau Rupat Bengkalis

Biaya Perjalanan ke Pulau Rupat BengkalisSumber Gambar: Google Maps Imron Iim

Saat merencanakan liburan ke Pulau Rupat, coba perkirakan biayanya. Mulai dari biaya transportasi, makan hingga akomodasi jika diperlukan. Desainnya bisa dimulai dari kebutuhan saat traveling. Yang pertama adalah tol ke Dumai dengan jumlah yang telah ditentukan.

Kemudian dilanjutkan dengan transportasi menuju Pelabuhan Sri Tanjung dengan tiket yang harus dibayar saat menaiki kapal seharga Rp 10.000 per orang. Setelah itu perjalanan menuju Tanjung Medang dan Batu dengan perkiraan budget Rp 105.000 untuk harga tiket kendaraan yang dikenakan per orang.

Untuk besaran anggaran konsumsi dan juga akomodasi bisa diperkirakan sekitar Rp 500.000 per orang. Ini adalah uraian rinci yang dapat digunakan sebagai referensi atau patokan. Akan lebih baik jika mereka berada di atas untuk meminimalkan kebocoran pengeluaran saat mereka berada di sana.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Rupat

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau RupatKredit foto: Google Maps Anggi Agung Pramudya

1. Naik kapal

Akses jalan utama berupa laut lepas membuat setiap pengunjung serasa berlayar mengelilingi lautan dengan kapal. Tentunya bagi Anda yang belum pernah mencoba transportasi ini akan menjadi hal yang tak terlupakan untuk dikenang dan diceritakan sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Nah, inilah salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana.

2. Abadikan momen dengan selfie

Berlibur ke pulau dengan keindahan alam seperti Maladewa tentunya sangat disayangkan jika tidak sempat mengabadikannya dengan foto. Selain itu, kebutuhan akan update timeline media sosial menjadi alasan yang tidak bisa dipungkiri. Lanskap dan panorama yang dirender dengan sempurna adalah tempat terbaik untuk pemotretan yang mengesankan setiap mata.

3. Bermain pasir

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di Pulau Rupat adalah bermain pasir dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa berbaring di atasnya sambil menikmati luasnya air laut dan keindahannya atau bangunannya kunci pasir dengan anak-anak. Teksturnya yang halus dan bersih juga cocok sebagai tempat jalan-jalan santai di sepanjang tepi pantai.

4. Bermalam di tenda

Luasnya negara ini mengakomodir Anda yang ingin bermalam di tepi laut dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Menikmati malam sambil memanggang ikan tentu menjadi pelengkap yang tepat. Anda bisa membawa semua perlengkapan yang Anda butuhkan dari rumah atau menyewanya dari toko rental terdekat, namun tentunya Anda akan membutuhkan budget ekstra.

5. Kunjungi beberapa pantai kecil

Adanya beberapa pantai kecil di dekat tempat tersebut tentunya memungkinkan Anda untuk menjelajahinya juga. Tidak ada salahnya mengunjunginya di satu tempat. Daftar wisata bahari meliputi pantai Rhu, Ketapang dan Medang. Tentu saja, menambahkan daftar kunjungan ke tempat-tempat ini melengkapi waktu liburan Anda.

Penginapan murah di sekitar pulau Rupat

Akomodasi murah di sekitar pulau RupatKredit Foto: Google MapsVan Arya Yuza

1. Hotel Grand Zurich Duri

Bagi Anda yang ingin merasakan menginap di negara tetangga, Grand Zuri Dur Hotel adalah pilihan yang tepat. Fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap dengan tingkat kebersihan dan perawatan yang baik oleh pihak pengelola. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, tempat parkir mobil luas dan dapat menampungnya dengan baik. Harga untuk satu malam mulai dari Rp 330.000,-

2. Rumah Nila

Lokasinya sangat strategis karena jarak ke beberapa titik area tidak terlalu jauh. penting, seperti juga beberapa bandara internasional terdekat. Hotel Ero Ersada menawarkan banyak fasilitas pendukung dengan kualitas pelayanan yang ramah. Kamar terdiri dari dua tempat tidur ratu, yang cocok untuk 4 orang dewasa. Biaya menginapnya Rp 100.000 per kamar per malam.

3. Keluarga angkat Ibu Puja

Homestay Bunda Puja, menawarkan kamar dengan fasilitas seluas 10 meter persegi dengan tempat tidur single untuk orang dewasa. Namun ada juga kamar untuk 2 orang tentunya dengan harga yang berbeda yaitu sekitar Rp 123.384 per malam. Sedangkan tipe pertama hanya dibanderol Rp 101.610,-.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Rupat Bengkalis

Fasilitas Rupat Pulau BengkalisKredit Foto: Google Maps Sri Sulastri Purnama Sari

Sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus, Pulau Rupat telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung. Perahu, rumah makan, akomodasi dan beberapa fasilitas umum lainnya, terutama toilet dan tempat ibadah, bersih. Sarana prasarana berkembang dengan baik dan dipelihara secara optimal oleh manajemen.

Itulah gambaran singkat tentang keindahan dan berbagai hal menarik yang bisa Anda temukan di Pulau Rupat, Bengkalis. Tentu saja, hal terpenting sebelum melakukan perjalanan adalah memiliki anggaran untuk segala macam kebutuhan. Sehingga tidak ada pengeluaran yang bocor di kemudian hari, yang mengakibatkan kehabisan uang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button