Berita Wisata

Potensi pendapatan milyaran per bulan

Badung

Pantai Melasti, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, merupakan salah satu tujuan wisata Bali yang sangat populer. Hamparan perbukitan kering berkapur yang mengelilingi pantai juga menjadi daya tarik pantai ini.

Pantai Melasti telah ditetapkan sebagai desa wisata setelah diberikan Status Daya Tarik Wisata (DTW) berdasarkan Peraturan Bupati Badung Nomor 4 Tahun 2018 tanggal 1 Februari 2018 tentang Penetapan Kawasan Pantai Melasti.

Terlepas dari dugaan kasus reklamasi di sekitar pantai, Pantai Melasti menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati. Potensi pendapatan Pantai Melasti diperkirakan mencapai Rp 800 juta per bulan.

Pantai Melasti terletak di desa Ungasan

Desa Ungasan secara geografis merupakan pulau Bali paling selatan atau berada di dasar pulau. Secara alami, desa ini berbatasan langsung dengan lautan. Namun letaknya di atas bukit kapur, sehingga perbatasan dengan lautan dipisahkan oleh tebing-tebing kapur yang terjal.

Dikutip dari laman Pesona Indonesia, Desa Ungasan berpenduduk sekitar 2.639 KK dengan hampir 7.700 jiwa yang terbagi dalam 15 Banjar. Desa ini hanya memiliki potensi bahari. Sedangkan potensi pertanian hampir tidak ada karena kurangnya sumber air irigasi sepanjang tahun.

Pembangunan juga difokuskan pada wilayah pesisir sebagai sumber pendapatan masyarakat desa adat. Salah satunya adalah pengembangan Desa Wisata Pantai Melasti. Keberadaan objek wisata ini tidak lepas dari sejarah masyarakat desa untuk dapat menjalankan tradisi adat, agama dan budaya di pantai.

Mengingat tahun 1990-an, akses menuju pantai sangat sulit karena medan yang terjal. Sejak tahun 1993 hingga 2007, jalan perintis menuju pantai Melasti dimulai dengan membelah tebing kapur di sisi pantai pasir putih menuju Pura Segara (pantai).

Cari tahu lebih banyak fakta…

Simak video “Bermain di Air Jernih Pantai Melasti Bali”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button