Tempat Wisata

PULAU PADAR Harga Tiket, Aktivitas & Kecantikan Desember 2022

Biaya masuk Pulau Padar : Rp 5.000Jam buka: 24 jamTidak Telepon: Alamat: Komodo, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86763

Pulau Padar ke salah satu tujuan wisata utama setelah Pulau Komodo di NTT. Pesonanya mampu menarik wisatawan untuk datang dan menghabiskan waktu disini. Lautan terbelah menjadi teluk seolah-olah terlihat seperti danau yang indah. Diikat oleh tebing batu kering yang menawan.

Di pulau ini, wisatawan bisa berfoto sekaligus berolahraga. Betapa tidak, untuk mencapai puncaknya, wisatawan harus menaiki beberapa anak tangga. Jarak dari bawah ke atas sekitar satu jam. Selain di puncak, wisatawan juga bisa bermain di pantai yang terletak di bawah bukit.

Harga tiket masuk Pulau Padar Manggarai Barat

Untuk menikmati perbukitan dan segala pemandangannya, tiket masuknya relatif murah. Namun, tiket ini tidak termasuk menyelam, snorkeling, atau perjalanan perahu. Wisatawan biasanya mengikuti paket wisata agar perjalanan menjadi lebih mudah dan murah. Karena boat ke pulau ini cukup mahal jika disewa sendiri.

Biaya masuk
tiket masuk Rp5.000

Baca: Tiket & Atraksi TAMAN NASIONAL KOMODO

jam buka

Tempat wisata ini buka sepanjang hari, wisatawan bisa mengunjunginya kapan saja. Pulau ini juga dianggap aman karena bukan merupakan habitat komodo. Jika Anda menghendaki Kenaikan, waktu yang tepat untuk berkunjung di pagi hari. Sebelum jam 9 pagi supaya tidak terlalu panas di lantai atas.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Wisata seru di pulau Padar

Pemandangan indah dari atas pulau PadarPemandangan indah dari atas pulau Padar. Foto: Gmap/Alex Bondar

Pulau Padar merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Komodo. Namun, wisatawan tidak akan menemukan komodo di pulau ini karena bukan habitatnya. Itu membuat pulau ini semakin menarik selain keindahannya. Selain itu, tiket masuk ke pulau ini juga sangat terjangkau.

Daya tarik utama pulau ini adalah perbukitannya yang menakjubkan. Perbukitan savana kering yang membuatnya terlihat sangat indah. Pada musim hujan, rerumputan yang tumbuh sesekali tampak hijau dengan warna hijau muda. Diselingi dengan semak dan pohon yang tumbuh di antara savana yang luas ini.

Tak hanya perbukitan, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di kawasan pantai. Empat teluk yang dibentuk oleh tebing pecah membuat wisatawan lebih bebas memilih. Wisatawan bisa bermain ombak atau pasir di tepi air. Anda bahkan bisa berenang, snorkeling, atau menyelam di pantai ini.

Baca: WAE REBO Info Wisata Lengkap

Naiki ratusan anak tangga menuju puncak Pulau Padar

Akses tangga menuju puncak pulau PadarAkses tangga menuju puncak Pulau Padar. Foto: Gmap/Bryson Rider

Tidak mudah untuk mendaki ke puncak Pulau Padar, meski hanya 400 meter di atas permukaan laut. Pasalnya, wisatawan harus menaiki sekitar 817 anak tangga untuk mencapai puncak. Anak tangga ini sengaja disiapkan untuk memudahkan wisatawan naik turun. Ditambah dengan sudah ada pembatas di samping tangga sebagai pegangan.

Waktu yang tepat untuk mendaki adalah pagi hari sekitar pukul 07:00 – 09:00 karena cuaca belum terlalu panas. Dibutuhkan stamina dan fisik yang baik untuk bisa sampai ke puncak pulau ini. Selain itu, karena cuaca yang panas, wisatawan harus menggunakan pelindung tubuh agar kulit tidak terbakar. Dan selama kurang lebih 60 menit wisatawan akan tiba di puncak.

Pemandangan dari atas sangat menarik, teluk di bawah membentuk ceruk yang indah. Warnanya terlihat biru dan bergaris putih karena berbatasan dengan pasir pantai. Spot di atas ini populer di kalangan wisatawan untuk berfoto. Karena dari atas, wisatawan juga mendapatkan background foto berupa teluk yang indah.

Nikmati keajaiban sore hari di ujung Pulau Padar

Senja yang indah di pulau PadarSenja yang indah di pulau Padar. Foto: Gmap/Valeria Maleva

Kecuali di pagi hari, wisatawan juga bisa mendaki puncak ini pada sore hari. Tujuannya untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Karena puncaknya tidak terhalang oleh puncak lainnya, wisatawan bisa melihat pemandangan 360 derajat.

Saat senja tiba, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam. Mengikuti matahari perlahan turun ke tempat tidurnya. Kematian jingga, biru dan merah muda di langit sana.

Jika masih panas di puncak, wisatawan bisa mencari pepohonan untuk berteduh. Meski tidak lebat, pohon ini bisa memberikan naungan sementara dari terik matahari. Pohon bidara yang berkelompok satu atau dua pohon biasanya tumbuh di sini. Dan Anda tidak perlu khawatir tersesat saat turun di malam hari karena cukup mengikuti tangga.

Baca: Pesona Wisata Danau KELIMUTU Akhirat

Bermain di pantai

Bermain pantai di Pantai PadarBermain pantai di Pantai Padar. Foto: Gmap/apapun (semua masuk)

Layaknya pantai pada umumnya, wisatawan juga bisa bermain di salah satu dari empat teluk Pulau Padar ini. Teluk ini memiliki garis pantai yang cukup luas untuk sekedar bermain-main. Tidak ada pedagang atau warung di pantai, sehingga terlihat seperti pantai pribadi.

Pasir pantainya memiliki tekstur yang halus dan nyaman di kaki. Uniknya, warna pasirnya tidak hanya satu. Namun warna pasirnya ada tiga yaitu putih, abu-abu dan pink.

Wisatawan dapat berjalan di sekitar pantai karena tidak ada batu yang menghalangi. Atau bermain air di tepi sungai dan tentunya berfoto. Jika beruntung, wisatawan bisa menjumpai sekumpulan rusa yang berjalan-jalan di pinggir pantai.

Baca: Tiket Seru & Aktivitas PANTAI PASIR PANJANG

Keindahan bawah laut terbaik dunia di Pulau Padar

Pulau Padar memiliki air laut yang begitu jernih dengan ombak yang tenang. Bahkan dari atas puncak, air laut terlihat begitu biru dan indah. Sepintas terlihat dalam, tetapi saat Anda mendekat masih ada area air berundak yang dangkal.

Turis bisa melakukannya snorkel atau Menyelam di perairan pulau ini. Ada sekitar 42 tempat Menyelam apa bisa dicoba. Salah satu tempat paling populer bagi wisatawan adalah Batu Samsia. Spot ini juga disebut-sebut sebagai spot diving terbaik kedua di dunia.

Jika tak ingin menyelam, wisatawan juga bisa berenang. Namun untuk kelengkapannya snorkel atau Menyelam, sebaiknya disiapkan sendiri. Atau jika menggunakan jasa tour biasanya sudah termasuk dalam paket tour.

Lokasi Pulau Padar Manggarai Barat

Pulau cantik ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button