Berita Wisata

Kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo menurun pada akhir tahun 2022

Laporan reporter POS-KUPANG.COM Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO – Kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menurun di akhir tahun 2022.

Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan (Parekraf) Kabupaten Manggarai Barat mencatat, penurunan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Labuan Bajo terjadi pada Agustus hingga November 2022.

Berdasarkan data, pada Juli 2022 kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo tercatat mencapai 25.770 orang, kemudian pada bulan berikutnya mengalami penurunan yang signifikan dari 25.770 menjadi 19.210 pada Agustus. Kemudian turun kembali pada September 14.286, Oktober 13.939 dan November 10.792 kunjungan.

Dikonfirmasi, Kepala Biro Parekraf Manggarai Barat Pius Baut mengatakan penurunan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahun.

Baca juga: Spot Foto yang Jadi Primadona di Labuan Bajo, Urutan Pertama Pulau Padar

“Namun, dari Juli hingga Agustus turun signifikan dari 25.000 menjadi 19.000. Salah satu penyebabnya mungkin masalah kenaikan tiket TNK,” kata Pius Baut saat rapat di kantornya, Selasa, 6 Desember 2022.

Sementara faktor lain, menurut Pius Baut, karena puncak musim turis biasanya terjadi pada Agustus dan September, sehingga pada bulan-bulan berikutnya umumnya cenderung turun.

“Setiap tahun seperti ini, tidak mungkin musim liburan wisman meningkat di bulan November. Kami juga terbantu dengan kunjungan wisatawan domestik karena ada beberapa kegiatan kementerian dan kunjungan masyarakat dari daerah lain di Labuan Bajo,” dia berkata. .

Terkait kondisi tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan berbagai kegiatan di Labuan Bajo guna menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke sana. (Ya)

Ikuti berita lainnya dari POS-KUPANG.COM di GOOGLE BERITA

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button