Berita Wisata

Day Trip dengan Bermalam ke Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Sembungan Wonosobo

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Saat berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lewatkan waktu untuk mengunjungi Desa Sembungan Wonosobo, desa tertinggi di Pulau Jawa.

Desa Sembungan Wonosobo terletak di ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut, Desa Sembungan bukan sekedar kawasan pemukiman.

Ada juga tempat wisata yang bisa dikunjungi. Rencanakan itinerary tour siang dan malam di desa Sembungan.

Berikut itinerary bermalam di desa Sembungan:

1. Sore hari pertama: Air Terjun Sikarim

Desa Sembungan bisa Anda kunjungi setelah berwisata ke Dieng, misalnya Candi Arjuna atau Telaga Warna. Sore harinya, Anda bisa memulai Sembungan. Waktu tempuh dari Dieng hanya sekitar 15 menit.

Begitu sampai di Sembungan, Anda bisa langsung mengunjungi tempat wisata pertama yaitu Curug Sikarim. Air terjun setinggi 90 meter ini menyuguhkan panorama yang indah, apalagi saat diselimuti kabut halus.

Namun rute menuju Curug Sikarim dari Dieng cukup ekstrim, jadi lebih baik menyewa ojek agar lebih aman.

2. Sore hari pertama camping di Telaga Cebong

Setelah puas menikmati keindahan air terjun Sikarim, anda bisa langsung kembali ke desa Sembungan dan menuju tempat wisata selanjutnya. Telaga Cebong menjadi tujuan selanjutnya.

Tak hanya menyaksikan keindahan danau yang dikelilingi perbukitan, Anda juga bisa berkemah di tepiannya.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cebong Sikunir telah menyiapkan lahan di tepi danau untuk tempat berkemah. Pengelola juga menawarkan persewaan tenda.

Ada juga paket api unggun yang memberi Anda kayu bakar dan minyak. Pada malam hari, Anda bisa beristirahat di tenda untuk memulihkan tenaga setelah seharian jalan-jalan.

3. Pagi Hari Kedua : Sunrise di Puncak Sikunir

Danau Cebong berada tepat di kaki Bukit Sikunir yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise di Dieng.

Oleh karena itu, sayang sekali jika tidak semua didaki untuk bisa menyaksikan indahnya matahari terbit. Anda bisa berangkat setelah sholat subuh, karena pendakian puncak Sikunir tidaklah sulit.

Setelah menikmati matahari terbit, Anda dapat sarapan pagi kemudian melanjutkan perjalanan menjelajahi Dieng. (kompas.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button