Berita Wisata

5 Tempat Wisata Di Sekitar Candi Prambanan Cocok Untuk Malam Tahun Baru Page all

KOMPAS.com – Di awal Desember, perayaan akhir tahun semakin dekat. Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan perjalanan.

Jika Anda berencana mengunjungi Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Anda akan menemukan banyak tempat wisata.

Berikut rekomendasi tempat wisata di sekitar Kapanewon Prambanan yang bisa dikunjungi saat musim liburan.

1. Tebing Breksi

Pertama, ada Tebing Breksi yang terletak di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl), tempat wisata ini bisa digunakan untuk melihat pemandangan kota Yogyakarta.

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK.  Shutterstock Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Dilansir dari website resmi Tebing Breksi, tempat ini memiliki beberapa spot foto menarik seperti patung naga dan bentang alam wayang, bahkan Anda bisa berfoto dengan burung hantu.

Ada juga jasa sewa jip wisata dengan jadwal beroperasi mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Tarifnya berkisar antara Rp 310.000 hingga Rp 550.000.

Baca juga: Tarif sewa jip Wisata Tebing Breksi akan naik Rp 50.000.

Harga tiket masuk Tebing Breksi adalah Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara. Jam operasional adalah 8:00 pagi hingga 8:00 malam WIB setiap hari.

Dari Candi Prambanan, Anda bisa menempuh jarak 3,5 kilometer (km) dengan kendaraan bermotor. Perjalanan diperkirakan sekitar 8 menit.

2.Bukit Obelix

Berikutnya adalah Obelix Hills yang terletak di Klumprit 1 & 2, Wukirharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Jarak dari tempat ini ke Prambanan adalah 6,1 km dan dapat ditempuh dengan mobil selama 17 menit.

Senja di Obelix Hills.Instagram @obelixhills Senja di Obelix Hills.

Tempat ini buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB dari hari Senin hingga Jumat dengan harga tiket Rp 20.000. Pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, jam buka mulai pukul 07:00 hingga 21:00 WIB dengan harga tiket Rp 25.000.

Baca juga: Candi Prambanan Masuk Yogyakarta atau Jawa Tengah, Simak Penjelasannya

dilaporkan dari Kompas.com (23/10/2022), Obelix Hills merupakan tempat yang cocok dikunjungi untuk menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di berbagai spot keren.

3. Candi Abang

Lalu ada Candi Abang yang terletak di Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, DIY. Kuil ini dimakamkan di puncak bukit.

Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), candi ini memiliki tinggi 6 meter dan diameter 40 meter.

Ternyata di gundukan hijau itu ada kuil yang mirip rumah Teletubbies.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Ternyata di gundukan hijau itu ada candi yang mirip rumah Teletubbies.

Nama Candi Abang berasal dari bata merah yang digunakan untuk membangun candi. Dalam bahasa Jawa disebut merah saudara laki-laki.

Keunikan material bata pada candi ini karena candi-candi di Yogyakarta biasanya menggunakan batu andesit sebagai bahan bangunannya.

Baca Juga: Longsor Menghalangi Jalan Yogyakarta-Gunungkidul, Coba 5 Wisata di Bantul Ini

Begitu sampai di lokasi candi, pengunjung akan melihat gundukan hijau seperti rumah Teletubbies. Hal ini dikarenakan bangunan candi berada di gundukan tanah yang berwarna hijau Kompas.com (04/01/2019).

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 18:00 WIB. Untuk menuju ke sana dari Prambanan, Anda harus menempuh jarak 4,4 kilometer dengan waktu sekitar 11 menit.

4.Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan salah satu wisata yang terletak di Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Lokasinya berada di samping jalan utama Yogyakarta-Gunungkidul.

Di bukit ini pengunjung bisa menikmati pemandangan gemerlap lampu kota Yogyakarta di malam hari.

Bukit Bintang, YogyakartaShutterstock Bukit Bintang Yogyakarta

Pemandangan ini menyerupai bintang, sehingga menginspirasi nama Bukit Bintang Kompas.com (17/03/2017).

Ada juga berbagai pilihan kuliner yang bisa Anda coba jika lapar, seperti roti bakar, pisang bakar, dan jagung bakar.

Baca Juga: 7 Hotel Dekat Candi Prambanan, Mulai Rp 100.000

Jarak dari candi Prambanan ke tempat ini adalah 8 km. Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 18 menit dengan kendaraan bermotor untuk mencapai Bukit Bintang.

5. Pemandangan Langit Il Ha

Terakhir ada HeHa Sky View yang berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk nomor 2, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian, tersedia juga berbagai pilihan kuliner di restoran dan warung makan.

He Ha Pemandangan LangitShutterstock Pemandangan langit HeHa

Menurut laman HeHa Sky View, ada spot foto yang bisa digunakan dengan membayar harga yang telah ditentukan sebagai berikut.

  • Kaca Langit: Rp 30.000 per orang
  • Balon udara: Rp 20.000 per orang
  • Sky Swing: Rp 10.000 per orang
  • Pesawat HeHa: Rp 20.000 per orang
  • Macrame: Rp 10.000 per orang

Lokasi ini buka pukul 10.00 hingga 21.00 WIB Senin hingga Jumat dan pukul 08.00 hingga 21.00 WIB Sabtu hingga Minggu dan hari libur. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000.

Untuk mencapai HeHa Sky View dari Prambanan, Anda bisa naik kendaraan bermotor selama kurang lebih 23 menit menempuh jarak 9,4 kilometer.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button