Berita Wisata

5 rekomendasi pantai cantik di Rupat yang wajib dikunjungi wisatawan

Pantai Ketapang, salah satu pantai terbaik di Pulau Rupat, Bengkalis. Foto: Net

BERITA SABANGMERAUKE – Selain Papua dan Bali, provinsi Riau juga memiliki pesona keindahan alam yang tak kalah menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Pulau Rupat Bengkalis merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis.

Di sana terdapat berbagai resor dan gugusan pulau kecil yang bisa memanjakan wisatawan. Pesona pantainya yang memanjang ke arah Selat Malaka menambah eksotisme kekayaan alamnya.

Saat berkunjung ke Pulau Rupat, pengunjung bisa menempuh perjalanan darat. Jika dari Pekanbaru, wisatawan bisa langsung menuju Pelabuhan Dumai dan menyeberang menggunakan kapal ro-ro.

Semenjak ada jalan tol Pekanbaru-Dumai, akses ke pulau yang berbatasan dengan negara tetangga itu tidak sejauh yang dibayangkan.

Jika sudah sampai di sana, wisatawan bisa langsung mengunjungi berbagai wisata alam bahari yang menyuguhkan pesona alam yang memukau.

Berikut kabar dari Sabangmerauke merangkum beberapa pantai di Pulau Rupat yang bisa dikunjungi saat berwisata:

1. Pulau Beting Aceh

Pulau ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Kalau di Yogyakarta ada Pasir Berbisik di Gumuk Pasir Parangkusumo, maka di Riau ini tempatnya. Pantai pasir putih ini akan mengeluarkan suara berderak saat diinjak atau disentuh tangan, orang menyebutnya Pasir Berbisik.

Pulau Aceh Beting terletak di Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis. Tempat ini merupakan beranda Indonesia yang terletak di hamparan Selat Malaka.

Pulau kecil dengan luas sekitar 2 hektar ini sangat menawan, memiliki hamparan pasir putih yang terbentang di antara laut kebiruan. Di tengah pulau Anda juga bisa melihat deretan pohon pinus laut yang berjajar.

Jika Anda pergi, sebaiknya di sore hari. Karena disana anda bisa melihat atraksi burung migran yang melewati pulau yang jumlahnya ratusan hingga ribuan.

Selain pasirnya yang putih bersih, Anda juga bisa melihat pasir pantai yang terlihat seperti pahatan dan terlihat lebih bagus lagi di bawah air laut yang bersih. Namun untuk menuju ke sini, pengunjung harus menyeberang lagi menggunakan perahu yang disediakan warga sekitar dari dermaga penyeberangan di Rupat.

2. Pantai Ketapang

Berada di Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, pantai ini juga menjadi destinasi favorit wisatawan. Karena aksesnya tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk.

Di Pantai Ketapang, wisatawan bisa melihat langsung pemandangan eksotik yang dimilikinya. Seiring berjalannya waktu tempat wisata ini juga terus memperindah anugerah Tuhan berupa alam yang dihadirkan disini, peran pemerintah daerah sangat besar dalam memajukan sektor pariwisata disini.

Tidak hanya hamparan pantai, di Pantai Ketapang juga terdapat banyak tempat untuk berfoto. Sejak tahun 2018, destinasi wisata ini mulai berbenah dan kini semakin menarik.

3. Pantai Tanjung Medang

Lain halnya dengan pantai Tanjung Medang yang berada di sebelah utara kecamatan Rupat, keunikan pantai ini bisa dilihat langsung dari panjang pantainya yang mencapai sekitar 11 kilometer dan juga lebarnya 30 meter. Pantai ini memang terlihat seperti gurun pasir, namun ada beberapa hal menarik yang ditawarkan destinasi ini.

Jika sudah berkunjung ke Pulau Rupat, pengunjung harus mencoba menjelajahi tempat wisata ini. Biasanya beberapa klub otomotif sering mengunjungi destinasi ini, karena para anggota klub sering menikmati keindahan pantai dengan memarkir kendaraannya secara berjejer di pinggir pantai dan mengambil foto dari udara.

4. Pantai Teluk Rhu

Selain itu di Rupat Utara terdapat pesona alam lain yang tidak kalah, yaitu pantai Teluk Rhu, tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit para traveller.

Ada hamparan pasir yang luas seperti Pantai Tanjung Medang. Kawasan ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan dan waktu luang bersama keluarga.

Jika Anda pergi ke sana, ada banyak pesona yang bisa memanjakan Anda. Salah satunya adalah garis pantai sepanjang kurang lebih 13 kilometer yang terbentang dari barat ke timur yang bisa menjadi pilihan tepat untuk jalan santai atau bersepeda.

5. Pantai Tanjung Kelinci

Yang satu ini tidak kalah menawannya yaitu Pantai Tanjung Lapin, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berlangsungnya momen-momen tertentu. Seperti ritual budaya mandi safar hingga acara pesta pantai lainnya.

Ribuan wisatawan lokal berduyun-duyun ke Pantai Tanjung Lapin setiap tahunnya yang terletak di Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Namun karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, acara safar renang 2020 kemarin dan festival budaya lainnya dihentikan sementara. Di kawasan pantai ini juga diadakan lomba jong, spinning top dan kite boat setiap tahunnya.

Nah, itulah destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika sedang berada di salah satu pulau paling terpencil di Indonesia.

Untuk meningkatkan sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Bengkalis kini sedang gencar mengupayakan program pengembangan wisata bahari dengan berbagai fasilitas penunjang seperti listrik, air minum hingga keberadaan kamar mandi atau WC umum serta penambahan gazebo. Terutama di Pantai Tanjung Lapin dan Teluk Rhu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button