Tempat Wisata

Harga Tiket Derek Hot Springs & Atraksi Desember 2022

Biaya masuk Pemandian Air Panas Derek: Rp 2.000Jam buka: 05.00 – 23.00 WIBTidak Telepon: Alamat: Desa Derek, Derek Timur, Pringapus, Pringapus, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50214

Pemandian Air Panas Derek salah satu sumber air panas kuno di Semarang. Konon sudah ada bahkan sejak dinasti Sanjaya pada abad ke 8. Di tempat ini terdapat berbagai kolam pemandian air panas dengan suhu berkisar antara 32 hingga 36 derajat Celcius.

Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Derek

Pemandian air panas tidak harus mahal. Cukup banyak yang sudah menikmati hangatnya kolam air panas tersebut.

Harga tiket masuk ke Sumber Air Panas Derek
tiket masuk Rp 2.000
kartu mandi Rp5.000
biaya parkir
sepeda motor Rp 2.000
mobil Rp3.000

Baca: Tiket dan Aktivitas Brown Canyon Semarang

jam buka

Area pemandian air panas buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

jam buka
Setiap hari 05.00 – 23.00 WIB

Pemandian Air Panas Derek

Mata Air Panas Derek menawarkan berbagai jenis kolam renang. Terdiri dari kolam perempuan, laki-laki dan umum. Sebuah sungai yang cukup deras mengalir di belakang objek wisata tersebut.

Sejarah Singkat Pemandian Air Panas Derek

Sumber Air Panas Derek adalah sumber air panas berusia ribuan tahun. Kawasan ini diketahui berasal dari abad ke 8-11 I pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya. Diperkirakan proses pembangunannya akan berlangsung bersamaan dengan Candi Ngempon. Sebuah tempat ibadah umat Hindu yang terletak tidak jauh dari Petirtaan Derek.

Awalnya, kawasan ini merupakan tempat permandian para bangsawan. Misalnya raja, ratu, pegawai negeri dan terutama putri. Tujuannya sendiri untuk membersihkan diri secara fisik dan mental sebelum memasuki area pura. Tradisi ini secara historis wajib bagi umat Hindu sebelum ibadah.

Temuan itu sendiri pertama kali ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 2009. Saat itu, warga hendak membuka jalan menuju kolam renang wanita. Secara bertahap, banyak patung, partisi, tangga, dan saluran air ditemukan. Dan pada akhirnya, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah ikut melakukan penggalian.

Wisata ini memiliki 1 kolam dayung dan 1 kolam besar yang sudah sangat tua. Dilihat dari atas, Petirtaan Derek berbentuk persegi panjang dengan jalur ke bawah. Tepat di sebelah kolam terdapat ceruk kosong yang berfungsi sebagai tempat sesaji. Kemudian terdapat sebuah batu tepat di relung yang diduga sebagai tempat bersemedi.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Beragam Kegiatan

kolam perempuan

Kolam renang wanita terletak di sebelah kolam renang pria. Tepat di sebelah kiri. Untuk mencapai kolam, pengunjung harus menuruni anak tangga yang agak curam. Harap berhati-hati karena permukaan lantai agak licin.

Ukuran kolam di spa ini tidak terlalu luas. Sehingga tidak mampu menampung pengunjung dalam jumlah besar. Di dalamnya terdapat tempat penampungan air dan kolam pengayuh kaki. Sedangkan posisi kolam tepat berada di tengah.

Pengelola menganjurkan agar pengunjung tidak berendam terlalu lama. Waktu maksimal yang disarankan hanya 1 jam. Pasalnya, air di kolam tersebut mengandung asap belerang yang cukup kuat. Dan bisa menimbulkan efek samping seperti sakit kepala mendadak.

Baca: Tiket Murah Umbul Songo Aneka Wahana Seru

kolam renang pria

Kolam Renang Pria di Mata Air Panas Derek.Area kolam mendayung khusus pria yang dikelilingi tembok besar. Foto: Googlemap/Arief Said

Kolam renang pria terletak di sebelah kanan kolam renang wanita. Tampilan keduanya hampir sama. Tapi bedanya di sini tidak ada footbath. Untuk menuju lokasi, pengunjung juga harus menaiki beberapa anak tangga.

Kolam renang pria dibagi menjadi 2 kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Kolam atas hanya setinggi pinggang untuk orang dewasa. Sedangkan bagian bawahnya setinggi dada orang dewasa. Terdapat dinding beton di setiap sisi kolam yang bisa digunakan sebagai permukaan miring.

Baca: Tiket & Wahana Sumilir Valley Semarang

Pemandian umum

Pemandian air panas untuk umum.Kolam campuran yang bisa digunakan oleh anak-anak, remaja dan dewasa. Foto: Googlemap/yunaf retnadi

Mata Air Panas Derek juga menawarkan kolam yang terbuka untuk umum. Kolam ini dapat digunakan oleh segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Bentuknya persegi panjang dengan ukuran lebih lebar dari kolam renang pria dan wanita.

Lokasinya persis di bawah ruko kecil. Pengunjung hanya perlu menuruni 6 anak tangga untuk menuju kolam. Di pinggir kolam terdapat tempat berteduh dengan kursi geladak di lantainya. Pengunjung dapat menggunakannya sebagai tempat peristirahatan setelah mandi.

Baca: Tiket dan Aktivitas CANDI GEDONG SONGO

Mengunjungi Pura Ngempon

Pura Ngempon merupakan objek wisata yang tidak jauh dari Pemandian Air Panas DerekSelain mengunjungi Pemandian Air Panas Derek, sempatkan juga untuk mengunjungi Pura Ngempon yang letaknya tidak jauh dari Petirtaan. Foto: Google Maps/Arya si Bajak Laut Sneakerhead

Ada wisata sejarah di dekat Pemandian Air Panas Derek yaitu Pura Ngempon. Masyarakat percaya bahwa kawasan ini dulunya merupakan tempat latihan dan pendidikan para brahmana untuk menjadi master. Kemudian kata Empu menjadi dasar penamaan Pura Ngempon.

Kawasan Candi Ngempon terbagi menjadi 9 bangunan dengan ukuran berbeda. Sayangnya, baru 4 candi yang berhasil dipugar oleh pemerintah. Sekilas, keempat candi ini memiliki bentuk yang hampir sama. Padahal sebenarnya hanya ada satu candi besar.

Sedangkan bangunan yang belum mengalami pengolahan masih berupa reruntuhan batu berupa alas candi. Posisinya berada di belakang empat candi yang direnovasi. Keindahan wisata ini semakin bertambah dengan adanya pepohonan hijau yang mengelilinginya. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang pura dan pemandangan alam yang mempesona.

Baca : Tiket CANDI CETHO & 5 Atraksi

Fasilitas Pemandian Air Panas Derek

Pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk menunjang aktivitas pengunjung. Misalnya, tempat parkir, toilet, ruang ganti dan cuci, serta musala. Lalu ada warung makan di sekitar pemandian untuk mengisi perut setelah berendam.

Lokasi Pemandian Air Panas Derek

Obyek wisata ini terletak di Jl. Ke Desa Derek, Derek Timur, Pringapus, Kec. Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50214. Berjarak kurang lebih 27 kilometer arah selatan kota Semarang. Jika menggunakan kendaraan, perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button