Tempat Wisata

Bukit Siguntang, Pendakian Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Palembang

Bukit Siguntang adalah objek wisata dan Bukit bersejarah di Kota Palembang. bukit Ini unik untuk menelusuri peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berisi makam dan reruntuhan kerajaan yang berasal dari abad ke-6 hingga ke-13 Masehi.

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 07.00-16.00 WIB, Alamat: JL Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan; map: Cek lokasi

Palembang adalah sebuah kota di Sumatera Selatan. Palembang juga merupakan ibu kota Sumatera Selatan. Kota ini terkenal di masyarakat akan kekayaannya dan tentunya berpotensi menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Kota ini bisa menjadi referensi untuk berwisata saat liburan telah tiba.

Kota ini tidak hanya dikenal dengan makanan khas Empek Empeknya, tetapi juga destinasi wisatanya yang sangat beragam. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam hingga wisata sejarah yang tentunya sangat mendidik bagi wisatawan. Kali ini Anda diajak berwisata mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah di Palembang yaitu Bukit Siguntang.

Tentu bagi penyuka sejarah, tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi. Banyak hal yang akan dilestarikan jika Anda mengunjungi tempat ini. Tempat ini sangat mendidik bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Jadi jangan lupa untuk mampir ke bukit ini bersama keluarga, saudara, sahabat dan orang tersayang.

Atraksi Bukit Siguntang

Atraksi Bukit SignuntangSumber gambar: Google Maps Agustinus Prasetyoadi

1. Bukit Suci dan Suci

Mengunjungi bukit ini merupakan pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Karena kondisi bukit ini dikatakan sangat keramat dan keramat apalagi masih terdapat berbagai jenis makam kerajaan di bukit ini pada abad ke-14 hingga ke-17. Tak heran jika wisata ini dibalut dengan sejarah dan religi sebagai perjalanan pendidikan.

Makam di Bukit Siguntang misalnya, Puteri Kembang Dadar, Raja Sigentar Alam, Puteri Kembang Selako, Panglima Tuan Tunjungan, Panglima Bagus Kuning, Panglima Jago Lawang dan juga Pangeran Raja Batu Api. Raja Sigentar Alam tersebut masih memiliki darah keturunan Iskandar Zulkarnaen.

Selain itu, ada banyak makam di bukit ini, sehingga ketika Anda mengunjungi daerah ini Anda juga akan menemukan berbagai jenis patung dan prasasti. Arca dan prasasti ini merupakan sebagian peninggalan kerajaan Sriwijaya beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 1920-an. Arca dan prasasti ini digunakan oleh masyarakat kuno sebagai tempat pemujaan dewa dan bangsawan.

Namun, jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda hanya akan menemukan makam raja-raja sebelumnya. Lalu dimanakah arca dan prasasti tersebut? Sekarang, Arca dan prasasti ini tentu saja dilestarikan oleh pemerintah dan kini menjadi museum di Museum Nasional Jakarta dan juga di Museum Sejarah Sriwijaya.

Banyak orang mengira bahwa bukit ini adalah nenek moyang orang Melayu di Asia Tenggara. Oleh karena itu, bukit ini dianggap keramat oleh mereka. Karena keberadaannya yang sakral, dalam hal mengadakan ritual, sudah menjadi kebiasaan untuk melakukan ritual di bukit ini.

2. Bukit tertinggi

Keberadaan bukit ini sangat terkenal dengan puncaknya karena ketinggiannya hampir 29-30 meter di atas permukaan laut. Tentunya selain sebagai wisata yang sangat mendidik, wisatawan bisa menikmati keindahan kota Palembang dari atas bukit ini yang puncaknya memang tinggi.

Bukit ini tampak dari kejauhan sebagai bukit yang sangat rimbun dengan pepohonan yang mendominasinya. Selain itu, Anda akan menemukan rawa yang sangat luas di sebelah barat laut dan barat daya bukit ini. Dan konon di rawa ini ditemukan reruntuhan perahu tua.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Bukit Siguntang

Alamat Bukit SignuntangKredit foto: Google Maps Aminudin Rohman

Bagi anda yang sedang trekking mendaki bukit ini, penting untuk mengetahui alamat bukit ini. Keberadaan Bukit Siguntang terletak di kawasan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaan bukit ini sangat mudah untuk diapresiasi wisatawan, karena jaraknya dari pusat kota tidak terlalu jauh. Jaraknya sekitar 6 km dari pusat kota dan bandara.

Karena letaknya yang berada di tengah kota, untuk menuju objek wisata puncak bukit ini sangatlah mudah. Para wisatawan dapat menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Angkutan umum yang biasa digunakan untuk menuju bukit ini adalah angkutan kota berupa bus. Namun bus ini tidak masuk ke desa, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 100 meter terlebih dahulu.

Ada berbagai halte bus di sekitar tur ini. Ini juga termasuk halte Persimpangan SMA 10 B, yang hanya berjarak 537 meter. Ada juga halte Putri Kembang Dadar yang berjarak sekitar 1 km serta halte SMA N 1 yang juga berjarak sekitar 1 km.

Yang perlu Anda ketahui saat pergi ke tempat wisata manapun adalah harga tiket masuknya. Bukit ini sangat direkomendasikan karena harga tiket masuknya sangat bersahabat dengan kisaran hanya Rp 2.000 hingga Rp 3.000 saja. Anak-anak hanya dikenakan biaya Rp 2.000 dan dewasa Rp 3.000. Wisata ini tentunya sangat murah dan bersahabat.

Namun, jangan lupa juga disarankan bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini pada pagi hari. Karena udaranya masih lebih sejuk dari pada siang hari. Tempat ini buka dari pukul 07:00-16:00 WIB selama seminggu penuh dari hari Senin hingga Minggu.

Aktivitas menarik di Bukit Siguntang

Aktivitas di Bukit SiguntangKredit foto: Google Maps Nurul Wahjuningsih

Tentunya selain dari pesonanya sendiri, sebuah tempat wisata juga memiliki aktivitas menarik yang tentunya biasa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke bukit ini. Dan tentunya kegiatan menarik ini menjadi simbol bagi setiap orang yang berkunjung ke tempat ini. Kegiatan ini meliputi:

1. Wisata Edukasi

Tujuan utama wisatawan berkunjung ke Bukit Siguntang adalah untuk menimba ilmu tentang sejarah. Jika anak terkadang mudah bosan dengan apa yang disampaikan guru di sekolah, maka liburan bersama anak di bukit ini tentu bisa mengubah persepsi mereka. Belajar sejarah harus menyenangkan bagi anak-anak.

2. Ziarah ke Makam Raja

Karena adanya gundukan ini, masih terdapat beberapa makam raja yang dulunya merupakan keluarga kerajaan Sriwijaya, sehingga banyak orang menganggapnya keramat. Bukit ini sudah digunakan oleh umat Buddha sebagai tempat peribadatan pada zaman dahulu. Karena itu, tidak jarang banyak orang yang berziarah ke tempat ini.

3. Sebelum pernikahan

Bagi yang akan menikah, biasanya pasangan akan melakukan prewedding terlebih dahulu. Sekarang, Tempat wisata alam ini bisa menjadi contoh referensi prewedding. Jika biasanya prewedding dilakukan di pantai atau tempat wisata lainnya, kali ini akan dilangsungkan di atas bukit yang akan memberikan kesan tersendiri.

Sensasi pemotretan di tempat ini sebelum pernikahan sangat berbeda. Karena tempat ini merupakan tempat bersejarah. Pertama-tama, jangan salah paham, karena tempat ini juga menyuguhkan panorama alam yang sangat bagus. Karena bukit ini memiliki ketinggian tertentu dan juga dianggap sebagai bukit tertinggi.

4. Menyegarkan

Tentu saja saat liburan tiba, yang utama adalah menyegarkan diri. Wisatawan pasti ingin bersantai setelah seminggu bekerja atau ujian. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi situs sejarah bukit ini.

Tentunya jika para wisatawan memutuskan untuk menyegarkan diri di tempat ini, mereka akan disuguhkan berbagai peninggalan zaman dahulu dengan ciri khasnya masing-masing. Inventarisasi peninggalan sebelumnya ini tentu saja dikelola dan dipelihara oleh administrator lokal.

5. Ritual Waisak

Setiap tahun umat manusia pasti akan merayakan hari raya menurut kepercayaannya masing-masing. Begitu juga dengan umat Buddha yang pasti akan merayakan Hari Raya Waisak. Karena bukit ini fenomenal dengan makam-makam dari kerajaan sebelumnya dan juga merupakan tempat pemujaan yang suci bagi umat Buddha, umat Buddha juga mengunjungi bukit ini setiap tahun.

Mengunjungi umat Buddha tentu saja untuk perayaan Waisak dan tempat ini pasti akan dipenuhi oleh mereka.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Siguntang Palembang

Fasilitas Bukit SiguntangKredit Foto: Google Maps Bee Bee

Hal terakhir yang sering diperhatikan wisatawan adalah fasilitas yang disediakan di tempat ini dan sekitarnya. Tenang saja, tidak perlu khawatir tentang apa yang dibutuhkan. Karena tempat wisata ini terletak di dekat pusat kota, maka bisa dikatakan fasilitas yang disediakan cukup memadai.

Bagi yang ingin bermalam, tidak perlu mencari penginapan. Kamu tinggal menentukan penginapan mana yang ingin kamu sewa, karena di sekitar tempat ini banyak recomended penginapan. Dan bagi yang mudah lapar, jangan khawatir. Karena di sini Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai restoran dengan penawaran main course-nya.

Itulah sedikit ulasan tentang Bukit Siguntang, tempat wisata sejarah dan edukasi di Palembang. Bagi yang berwisata ke kota ini, jangan lupa mampir ke bukit unik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button