Tempat Wisata

√ 9 Tempat Wisata di Boyolali yang selalu ramai

Jika Anda berwisata ke Semarang atau Solo dari arah timur, pasti melewati Kabupaten Boyolali. Kabupaten ini masih merupakan wilayah Jawa Tengah dan terletak di utara kota Solo.

Tempat wisata di boyolali

Kabupaten Boyolali dikenal sebagai penghasil susu sapi. Anda bisa mencicipi susu segar yang bisa Anda jual di pinggir jalan.

Tempat wisata di boyolali

Tak hanya susu sapi, Kabupaten Boyolali juga masih terbilang alami karena belum banyak pembangunan yang dilakukan di sana. Karena kawasannya masih alami, jangan heran jika jumlahnya banyak wisata alam boyolali.

Saat anda berkunjung ke Semarang atau Solo, jangan lupa mampir ke Boyolali dan kunjungi tempat wisata di Boyolali yaitu kota susu sapi.

Berikut Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah

1. Tempat wisata di Tlatar Water Park

Wisata Tlatar Boyolali

Satu dari tempat wisata boyolali yang sedang naik daun adalah tempat wisata Tlatar Boyolali. Tempat wisata ini terletak di Desa Kebonbimo di Kabupaten Boyolali. Tempat wisata Taman Air Tlatar dapat dijangkau dari pusat kota terdekat, yaitu hanya berjarak 4 km.

Apa yang dapat Anda lakukan di Taman Air Tlatar?

Berbagai jenis fasilitas yang sangat menarik ditawarkan di tempat wisata air Tlatar. Fasilitas yang ada seperti kolam renang, taman wisata, tempat pemancingan, stand souvenir dan beberapa panggung yang digunakan untuk pertunjukan hiburan.

Tidak hanya menawarkan wisata air, di sini juga dijadikan wisata kuliner di Boyolali yang enak dan mudah. Taman air Tlatar Coock merupakan tempat wisata untuk wisata keluarga, karena anak-anak bisa bermain air, bahkan ada kolam terapi ikan disini. Tak heran jika Tlatar Water Park banyak dikunjungi wisatawan lokal.

2. Tempat wisata baru di Selo Viewpoint

Gardu Pandang Baru Selo Boyolali

Tempat wisata Selo Boyolali menawarkan pemandangan sejuta warna. Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan di Gunung Merapi dan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Anda akan melihat panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menakjubkan dari pos ini. Tidak hanya sebagai objek wisata, tempat wisata New Selo juga dijadikan sebagai salah satu jalur pendakian Gunung Merapi.

Di sini Anda tidak hanya dapat melihat kawasan pegunungan, tetapi juga kawasan hutan, Joglo, dan beberapa restoran dari gardu induk. Untuk menuju tempat tersebut Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil jemputan.

3. Tempat Wisata Omah Bambu Merapi

Omah Bambu Merapi Boyolali

Masih berlokasi di Selo Baru jika ingin melihat sisi lain Boyolali yang tidak ada duanya. Rumah bambu atau wisata Omah Bambu di Boyolali menjadi pilihan yang tepat.

Anda tidak hanya bisa melihat keindahan alam yang super asri, tapi juga mengunjungi rumah bambu sebagai objek wisata. Anda akan merasa menyatu dengan alam.

Tempat Wisata Omah Bambu Merapi masih merupakan tempat wisata baru di Boyolali dan segera menjadi tempat wisata populer berkat keindahan dan keunikannya yang unik. Tempat wisata Omah Bambu Merapi merupakan tempat yang tepat untuk berfoto untuk menghiasi status media sosial Anda.

Anda akan mendapatkan landscape dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tentunya perpaduan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat wisata Omah Bambu Merapi ini.

Tiket masuk ke Omah Bambu Merapi juga murah yaitu hanya satu Rp5.000 hanya per sepeda motor.

4. Tempat Wisata di Bukit Gancik

Bukit-Gancik-Boyolali

Tempat wisata di boyolali adalah tempat wisata bukit gancik. Sebagai pesaing New Selo, Bukit Gancik menawarkan pemandangan yang tak kalah indah. Tempat wisata Bukit Gancik terletak di Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Karena letaknya yang lebih tinggi, pemandangan di sini berbeda dengan di Selo Baru. Gardu pandang di sini berada di ketinggian 2000 mdpl, sehingga cocok untuk hiking dengan view pegunungan dan awan.

Tempat wisata Bukit Gancik ini bisa Anda kunjungi sambil berfoto-foto. Ini akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

5. Tempat Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun-Kedung-Kayang-Boyolali

Tempat wisata alam di Boyolali yang sedang naik daun adalah tempat wisata Air Terjun Kedung Kayang. Tempat wisata Air Terjun Kedung Kayang terletak di antara dua gunung besar di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Jika Anda ingin berkendara ke tempat ini dari Boyolali atau Magelang, berkendaralah sejauh 30 km atau 1 jam. Jika Anda berangkat dari Jogja, jaraknya sekitar 55 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit.

Tempat wisata air terjun ini sempat menjadi rebutan warga di Kecamatan Selo, Boyolali, dan Sawangan, Magelang. Namun pada akhirnya Air Terjun Kedung Karyng disebut Wisata di Boyolali.

Harga tiket masuk air terjun ini hanya Rp 2.500 per orang. Di Tempat Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini terdapat tempat dimana anda bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan air terjun. Di sekitar air terjun juga terdapat penginapan.

6. Tempat Wisata Gardu Induk Suroteleng

Gardu Pandang Suroteleng Boyolali

Kecamatan Selo tidak berhenti menawarkan pemandangan yang menarik. Ada lagi wisata Boyolali di Jawa Tengah yang berlokasi di kecamatan Selo tepatnya di desa Suroteleng yaitu gardu pandang Suroteleng.

Gardu pandang ini dulunya memiliki jalur yang ekstrim, namun karena pemandangannya yang indah, tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berbondong-bondong ke sini.

Tempat ini penuh dengan anak muda yang suka jalan-jalan dan berfoto dengan pemandangan yang bagus dan menarik.

Simak dan baca juga: Wisata malam di Semarang

7. Tempat Wisata Candi Lawang

Candi Lawang Boyolali

Tempat wisata di Kabupaten Boyolali ini sebenarnya cukup lengkap, termasuk candi. Ada juga tempat wisata Candi Lawang di Boyolali.

Candi Lawang merupakan bangunan bersejarah peninggalan umat Hindu. Di dekat tempat wisata Candi Lawang tidak terdapat relief yang membuktikan peninggalan sejarah agama Hindu.

Masih banyak reruntuhan dan batu-batu candi yang berserakan di sekitar candi, terlihat jelas bahwa batu-batuan tersebut merupakan ornamen dari masa lampau.

Tempat wisata Candi Lawang ini terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Rute selanjutnya menuju candi ini adalah dari Jogja menuju Klaten Baru dan langsung menuju Boyolali.

8. Tempat Wisata Candi Sari

Candi Sari Boyolali

Selain tempat wisata Candi Lawang, Boyolali masih memiliki peninggalan sejarah Kerajaan Hindu yaitu Candi Sari. Berbeda dengan Candi Lawang yang tidak memuat informasi tahun berapa candi tersebut dibangun atau ditemukan oleh warga Boyolali.

Candi Sari memiliki sejarah yang ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1967. Tempat wisata Candi Sari berada tidak jauh dari Candi Lawang.

Menurut warga sekitar, candi sari milik masyarakat tersebut masih dikeramatkan hingga saat ini karena memiliki sumber yang dapat dipercaya. Itulah sebabnya masyarakat sekitar pura menjaga pura Sari hingga saat ini.

9. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging

Tempat wisata alam di Boyolali lainnya adalah Pemandian Umbul Pengging. Selain Klaten yang memiliki umbul-umbul atau mata air, Boyolali juga memiliki umbul-umbul yang pasti akan membuat Anda ingin segera menyelam dan merasakan kejernihan airnya.

Anda juga bisa ke Umbul Pengging yang berjarak sekitar 20 menit dari Solo. Tempat wisata Umbul Pengging ini berada di kecamatan Banyudono.

Pada zaman dahulu, tempat berlangsungnya pemandian Umbul Pengging disebut Pemandian Tirto Marto. Karena dulunya merupakan tempat peristirahatan keluarga bangsawan di tepi pantai, jangan heran jika Anda melihat bangunan unik di sekitar umbul yang memiliki arsitektur khas Jawa di masa lalu.

Untuk bangunan yang terletak di sini, Anda masih bisa merasakan suasana Keraton Kasunan Surakarta. Ini membuat perjalanan menjadi lebih menarik.

Baca juga: Tempat Wisata di Kota Solo

Demikian informasi tentang 9 tempat Pariwisata di Boyolali Jawa Tengah sedang naik daun. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata yang harus anda kunjungi.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button