Berita Wisata

Tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi menawarkan panorama yang indah

Merdeka.com – Kebumen adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah utara, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, serta Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat.

Untuk tempat wisata, Kebumen tidak kalah dengan daerah lain. Tempat wisata Kebumen ini memiliki banyak destinasi dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Mulai dari wisata pantai, air terjun, perbukitan hingga goa bisa Anda rasakan di Kebumen.

taboola tengah artikel

Keindahan dan keseruan explore tempat wisata di Kebumen tidak boleh dilewatkan begitu saja saat berada di sana. Jika belum tahu harus mulai dari mana, berikut kami sajikan beberapa tempat wisata Kebumen yang kami cantumkan di laman liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Pantai Surumanis

tempat wisata di Kebumen

hot.liputan6.com

Tempat wisata di Kebumen yang pertama adalah Pantai Surumanis. Obyek wisata Kebumen ini terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, berdampingan dengan Desa Srati, Kecamatan Ayah. Jika Anda menyukai petualangan yang menantang, kunjungan ke Pantai Surumanis tidak boleh dilewatkan.

Medan untuk menuju pantai ini memang cukup ekstrim dan juga penuh tantangan. Jalannya kecil dengan tanah berlumpur yang licin. Hal inilah yang membuat pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Karena itu Anda dapat menikmati pantai ini sebagai pantai pribadi.

Pantai Menganti

Tempat wisata di Kebumen yang kedua adalah Pantai Menganti. Pantai ini terletak di desa Karangduwur di kecamatan Ayah. Berada di kawasan perbukitan tebing karst, pantai ini memiliki pasir putih yang indah. Ombak tersebut umumnya digunakan untuk kegiatan selancar.

Daya tarik wisata ini adalah hamparan pasir putih dan warna laut biru dengan perbukitan hijau dan tebing yang menjulang tinggi. Pantai ini juga memiliki tebing raksasa di bagian barat yang disebut Tebing Bidadari.

Saat musim hujan, Anda bisa melihat keindahan tebing-tebing tersebut sekaligus panorama empat air terjun yang turun dari ketinggian lebih dari 30 meter.

3 dari 4 halaman

Pantai Suwuk

tempat wisata di Kebumen

hot.liputan6.com

Tempat wisata di Kebumen yang ketiga adalah Pantai Suwuk. Pantai ini terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tempat wisata ini cukup mudah dijangkau, sehingga tak heran ramai dikunjungi wisatawan.

Di lokasi ini, Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan di sisi barat dengan tiga bukit yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong. Pantai ini juga memiliki gurun hitam yang luas ditemani tanaman pandan, udang cemara dan rerumputan.

Tidak hanya itu, tempat ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan wahana lainnya seperti Mini Zoo dan Mini Water Boom.

Taman Petualangan Brujul

Tempat wisata Kebumen yang keempat adalah Brujul Adventure Park. Dipenuhi pepohonan dan bebatuan, tempat ini cocok bagi Anda yang berjiwa petualang dan suka berbaur dengan alam. Tempat wisata Kebumen ini juga instagramable, sehingga sangat cocok untuk mengisi jejaring sosial Anda.

Untuk memasuki lokasi wisata yang terletak di Desa Peniron, Pejagoan, Kebumen ini, Anda hanya perlu membayar tiket yang cukup terjangkau. Begitu memasukinya, Anda sudah bisa menikmati keindahan hutan pinus dan suasana alam yang begitu asri.

4 dari 4 halaman

Gua Jatijajar

tempat wisata di Kebumen

hot.liputan6.com

Tempat wisata di Kebumen yang kelima adalah Gua Jatijajar. Terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, gua ini terbentuk dari batu kapur dan ditemukan oleh seorang petani bernama Jayamenawi.

Saat itu Jayamenawi yang sedang mengumpulkan rumput terjatuh ke dalam lubang. Lubang tempat dia jatuh ternyata adalah lubang angin di langit-langit gua. Lubang ini memiliki diameter empat meter dan tinggi kurang lebih sekitar 24 meter dari permukaan tanah.

Benteng Van der Wijck

Tempat wisata di Kebumen yang terakhir adalah Benteng Van Der Wijck. Bangunan yang menjadi benteng pertahanan Hindia Belanda ini dibangun sekitar abad ke 19. Letaknya di kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sekitar 300m dari jalan raya Kebumen-Yogyakarta. Benteng ini merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda temukan di Jalur Pantai Selatan.

Nama Van Der Wijck berasal dari nama panglima yang kala itu memiliki karir yang cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal pembangunannya, benteng ini diberi nama Fort Cochius (Benteng Cochius) diambil dari nama seorang jenderal Belanda, Frans David Cochius (1787-1876), yang ditugaskan di wilayah Bagelen (salah satu wilayah kediaman Kedu).

Dengan mengunjungi benteng ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan pemandangan bangunan-bangunan bersejarah. Karena pengelola juga melengkapinya dengan tempat bermain untuk anak-anak seperti kincir angin, perahu angsa, mobil, dll. Jadi, Anda bisa mengajak keluarga terutama anak-anak untuk berwisata ke benteng ini.

(mdk/ank)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button