Berita Wisata

Destinasi wisata Pulau Sagori Bombana menyuguhkan keindahan alam yang memukau

” Destinasi Pulau Sagori sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan lokal, wisatawan nasional maupun mancanegara ”

BOMBANA, TELISIK.ID – Berlibur dengan nuansa wisata bahari merupakan salah satu keinginan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tentunya para wisatawan sangat merindukan tempat wisata tepi laut dengan air yang jernih, kondisinya selalu terjaga dan terlebih jauh dari hiruk pikuk keramaian dan kebisingan kota.

Jika Telisikers berkunjung ke Sulawesi Tenggara, sesama Telisikers bisa berkunjung ke Kabupaten Bombana. Di kawasan ini banyak terdapat pulau-pulau kecil dengan sajian alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Pulau Sagori yang terletak di kawasan Pulau Kabaena.

Secara administratif, Pulau Sagori terletak di Desa Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.


Dilansir dari repository.kemendikbud.go.id, konon menurut warga sekitar, nama Sagori didapat dari nama seorang perempuan yang terdampar di pulau tersebut. Sebelum meninggal, wanita itu mengucapkan kata “Sagori”. Sagori.”

Keindahan pasir putih yang membentang sepanjang kurang lebih 3000 meter dan lebar 200 meter. Foto: tourism.bomanakab.go.id

Melansir dari wisata.bomanakab.go.id, destinasi Pulau Sagori sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan lokal, maupun wisatawan nasional dan mancanegara. Pulau ini merupakan atol dengan bentuk hampir setengah lingkaran, keindahan pasir putihnya terbentang sepanjang sekitar 3.000 meter dan lebar 200 meter di tengahnya.

Baca juga : Korban pembunuhan di Papua dimakamkan malam ini

Wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Sagori pasti jauh dari kata bosan karena banyak sekali hal yang bisa dilihat dan dilakukan. Wisatawan bisa snorkeling di laut jernih dan menyaksikan taman bawah laut dan kehidupan bawah laut berupa ikan dan karang yang indah. Bahkan di pulau ini juga terdapat harta karun yaitu bangkai kapal yang diduga merupakan perahu layar VOC.

“Menurut saya untuk wisata disana sangat indah sekali, anda juga bisa menyaksikan langsung bangkai kapal VOC yang karam disana. Recommended banget untuk dikunjungi. Pantainya sangat indah, pantainya juga sangat terawat dengan tidak ada sampah sembarangan,” kata Wasrianti, warga Desa Emokolo, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana.

Pohon Cemara di Pulau Sagori yang menambah keindahan dan memberikan suasana sejuk bagi pengunjung. Foto: tourism.bomanakab.go.id

Jika dilihat lebih jelas, Pulau Sagori menampilkan empat warna yaitu biru muda, biru tua, hijau dan putih dari perpaduan antara pantai, laut, langit dan pohon pinus. Mata Anda akan benar-benar dimanjakan di pulau ini, penduduk pulau setempat begitu ramah dan sopan.

“Pulau ini banyak tumbuh pohon pinus yang menambah keindahannya. Beberapa orang suku Bajo tinggal di pulau ini yang mata pencahariannya sebagai nelayan, nelayan, dan petani rumput laut,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana, Sri Prihatin, Kamis ( 8/12)/20220).

Baca juga : Pejabat didesak untuk bertindak sebagai pencegah bagi pengusaha yang membeli dan menjual mobil yang diparkir sembarangan

Sri Prihatin menjelaskan, Pulau Sagori tidak hanya memiliki potensi wisata yang luar biasa, tetapi juga potensi sumber daya alam yang akan digali dan dikembangkan oleh pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat khususnya penduduk setempat.

“Selain potensi keindahan alam lautnya, Pulau Sagori juga memiliki potensi sumber daya ikan dan rumput laut yang melimpah,” jelas Sri Prihatin.

Untuk menuju Pulau Sagori, kita bisa melintasi ibu kota Kabupaten Bombana menggunakan angkutan laut sekitar 5 jam menuju Kabaeana dan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat atau kapal nelayan sekitar 15 menit menuju pulau tersebut. (A-Adv)

Penulis : The Ode Andi Rahmat

Penerbit: Kardin

* BACA BERITA TERBARU LEBIH LANJUT BERITA GOOGLE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button