Berita Wisata

BI mengembangkan pariwisata dan UMKM di Torosiaje Pohuwato

Gorontalo (ANTARA) – Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) mengembangkan pariwisata dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di objek wisata Torosiaje, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Wakil Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo Ridwan Nurjamal mengatakan kepada Gorontalo, Kamis, bahwa pada tahun 2021 pihaknya akan memberikan bantuan berupa warung UMKM kepada Torosiaje Floating Tourism Group.

Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari program “Bakti Untuk Negeri” yang merupakan wujud kepedulian Bank Indonesia terhadap masyarakat.

“Khususnya saat ini untuk membantu pemerintah mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan membangun dan meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat,” kata Ridwan.

Ia menjelaskan UMKM warung terapung di Desa Torosiaje menggunakan anggaran PSBI.

PSBI adalah program sosial yang dilaksanakan dan direncanakan secara sistematis melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan sosial, yang bertujuan untuk mendukung efektivitas kebijakan, komunikasi masyarakat, kesejahteraan sosial dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“PSBI itu banyak cakupannya, terutama untuk stan UMKM di Torosiaje, termasuk dalam lingkup peningkatan pariwisata dan pemberdayaan UMKM subsistemnya,” ujarnya.

KPw Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menyediakan stan-stan tersebut dengan tujuan untuk menambah atraksi dan amenitas guna menunjang pariwisata serta menyediakan lokasi usaha yang cocok bagi UMKM di Torosiaje.

Ridwan mengatakan Torosiaje dipilih karena Kabupaten Pohuwato merupakan salah satu daerah di Gorontalo yang memiliki banyak pulau alam yang indah dan pantai yang menawan.

“Termasuk desa terapung Torosiaje yang unik dan belum kami temukan di tempat lain,” ujarnya.

Seiring dengan keunikan tersebut muncul sejumlah kuliner yang tidak ditemukan di tempat lain, menjadikan desa Torosiaje yang jika dikelola dengan baik dapat menjadi tujuan wisata favorit baru bagi wisatawan.

KPw BI Provinsi Gorontalo sebagai bagian dari pelaksanaan program PSBI melakukan studi kelayakan dan analisis kebutuhan di beberapa destinasi wisata unggulan di wilayah Gorontalo.

“Program kami mendapat dukungan dari DPR, pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Pohuwato,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button