Berita Wisata

Wisatawan Kapal Pesiar Prancis Kunjungi Objek Wisata Kota Probolinggo

Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) – Puluhan wisatawan mancanegara dari kapal pesiar berbendera Prancis La Laperouse mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Rabu.

Kapal pesiar itu merapat di pelabuhan Tanjung Tembaga di kota Probolinggo dan merupakan kunjungan pertama setelah dua tahun pandemi COVID-19, tidak ada kapal pesiar yang membawa turis asing di kota setempat.

“Setelah melewati pemeriksaan imigrasi di pelabuhan, kunjungan pertama city tour ke pura Tri Dharma Sumber Naga di Desa Mangunharjo,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Industri dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo. saat menemani orang asing. wisatawan yang berkunjung ke kota Probolinggo.

Dibantu oleh dua orang penerjemah bahasa Inggris dan Prancis, para wisatawan mendapat penjelasan tentang arsitektur dan sejarah tempat ibadah yang dibangun pada tahun 1865 tersebut, kemudian kunjungan berpindah ke tempat kedua. Wisatawan naik becak ke Galeri Dekranasda di alun-alun kota Probolinggo.

Tim promosi galeri yang juga merupakan pusat oleh-oleh UMKM memamerkan produk unggulannya, antara lain batik tulis, kerajinan tas, pakaian, serta makanan dan minuman khusus.

Beberapa wisatawan yang sebagian besar dari benua Eropa menjadi tertarik dan membeli produk galeri yang merupakan kerajinan dan suvenir khas dari Mango Wine City,

“Ada yang beli baju, ada yang beli kerudung, dan minta foto bareng tadi. Kami siap bekerjasama dengan pemandu wisata lain untuk mengembangkan galeri Dekranasda,” ujarnya.

Setelah meninggalkan alun-alun, wisatawan asing dipersilakan mengunjungi Gereja Merah Jalan Suroyo dengan menggunakan becak. Pimpinan gereja menyambut kedatangan mereka di gedung bersejarah peninggalan kolonial Belanda itu.

Salah satu turis asing asal Prancis, Anne Marie, mengaku senang bisa datang dan melihat langsung gereja merah di Kota Probolinggo.

“Saya belum pernah ke Gereja Merah di Kota Probolinggo, tapi saya pernah melihatnya di internet, tetapi saya belum melihatnya secara langsung. Bagus sekali, Anda bisa melihatnya sendiri, bagus sekali, terima kasih ,” kata orang asing yang bisa berbahasa Indonesia itu.

Tempat selanjutnya bagi wisatawan dari kapal pesiar berbendera Prancis adalah Museum Probolinggo di Jalan Suroyo dan mereka beristirahat sambil menikmati jajanan tradisional. Mereka juga berhak atas pementasan tari Probolinggo Lengger yang bertempat di pelataran museum.

Pj Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Fajar Poernomo optimistis kehadiran penumpang kapal pesiar dapat mendukung pemulihan pariwisata di Kota Probolinggo.

“Dari situ, kami mulai mengembalikan pariwisata di kota Probolinggo, khususnya dengan memperkenalkan potensi kota Probolinggo kepada wisatawan asing,” ujarnya.

Menurut dia, hingga akhir tahun 2022, beberapa kapal pesiar akan berlabuh di Kota Probolinggo, berdasarkan informasi dari travel agent yang dihubungi beberapa waktu lalu.

“Rencananya November dan Desember 2022 akan ada lagi kapal pesiar wisata yang lebih besar dengan lebih banyak turis asing yang datang ke Probolinggo,” katanya.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Wisatawan Kapal Pesiar Prancis Kunjungi Objek Wisata Kota Probolinggo

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Back to top button